27/02/2012
Bisnis Kreatif dengan Marjin yang Tinggi
Bisnis tata rias wajah berkembang ke rias karakter dan panggung
Gelagat perkembangan bisnis tata rias dan make up wajah semakin cantik. Selain keahlian, usaha ini membutuhkan daya kreativitas yang tinggi dari sang perancang. Dengan modal selalu menghasilkan karya-karya baru dan menarik, order bakal tak pernah sepi sepanjang tahun.
MEMILIKI keahlian merias tak bakal pernah sepi peminat. Bisnis utama yang bisa dijalani memang rias kecantikan untuk pengantin, wisudawan, dan kegiatan-seremonial lainnya Kini dengan modal kreatif, banyak ahli rias wajah merambah bisnis rias panggung.
Perkembangan usaha ini tak lupul dari terus mekamya bisnis pemupukan. Mulai dari pertunjukan musik, teater, dan seni lain. Kemampuan untuk berkreasi menjadi peluang baru untuk mengembangkan bisnis.
Tengok saja usaha Neni Marthina asal Babakan Cibeureum, Ciamis, Jawa Barat. Meskipun tinggal di Ciamis, perempuan 36 tahun ini menuturkan, permintaan terhadap jasa tata rias panggung dan make up tetap tinggi. Pasalnya, setiap orangyang mengadakan acara-acara tertentu, seperti pertunjukkan teater, pesta sanggar, sunatan, dan pernikahan, tetap membutuhkan jasa penata rias.
Dalam sebulan, rata-rata Neni mendapat pesanan sebanyak tujuh hingga delapan proyek. Sebagian besar order adalah untuk menghias seniman berikut panggung pagelaran tari, pesta, dan sanggar.
Tak hanya itu, panggung -panggung pada acara pesta sunatan, teater, dan wisuda siswa taman kanak-kanak (TK) pun membutuhkan jasanya. Dalam satu proyek pertunjukan, ia mematok harga Rp 4 juta
Nah, dalam sebulan, Neni bisa meraup omzet mencapai Rp 30 juta dengan laba bersih sekitar 50%. Tetapi, "Kadang-kadang, harga tata rias tergantung kemampuan pelanggan," ujarnya
Neni bilang, perlu ide yang superkreatif agar order terus mengalir deras. Misalnya, saat menghias untuk acara wisuda anak TK, dia akan berupaya menciptakan suasana sesuai dengan imajinasi anak-anak.Ni Made Metriyani, pemilik Metri N@B di Bali, punya pengalaman lain. Ia memilih spesialisasi tata rias acara pernikahan dan kegiatan upacara ritual di Bali.
Metri mulai usaha tata rias sejak 2010 di Denpasar. Sedang tata rias panggung ia tekuni mulai 2011.Dara 23 tahun ini melihat prospek dan permintaan tata rias dari insan hiburan terus meningkat. Karena Itu, i;t berupaya berkembang dan menghasilkan karya baru. "Penata rias juga harus mendalami ilmu tentang busana," jelasnya
Untuk mengembangkan usahanya, Metri bekerjasamadengan event organizer atau para make-up artis. Alhasil. Metri pun kini banyak kebanjiran order acara lash ion show yang cukup marak di Pulau Dewata
Dalam sebulan, ia bisa memperoleh 10 order, dengan banderol tiap order antara Rp 500.000 - Rp 1 juta Adapun rata-rata omzet per bulan sekitar Rp 10 juta dan laba bersih lebih dari 60%. "Tata rias termasuk bisnis kreatif sehingga marjinnya cukup tinggi," tuturnya
Pengalaman Dewi Herawa-n penata rias asal Bandung tain lagi. Ia mengaku lebih memilih spesialisasi merias karakter sesuai dengan peran yang akan dimainkan oleh seorang pelaku dunia hiburan. "Rias karakter lebih sulit, misalnya, bagaimana membuat orang yang sebenarnya masih muda tapi bisa terlihat tua seperti iiink-nenek. Kita harus bisa membayangkan kerut-kerut di pipi kan," katanya
Dewi mematok tarif Rp 750.000 hingga Rp 1,5 juta untuk jasa rias karakter yang biasa digunakan dalam pementasan teater. Karena, pesanaan rias karakter ini masih minim, dalam sebulan pendapatan bersih Dewi hanya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.
Anggra Septa penata rias profesional asal Jakarta, bilang, perlu ide kreatif yang tematik. Ambil contoh, saat merias pesta Halloween. La menampilkan karakter rias ala kuntilanak atau boneka Chucky. Dengan begitu, order pun bisa terus mengalir dari para pelanggan.
Bisnis tata rias wajah berkembang ke rias karakter dan panggung
Gelagat perkembangan bisnis tata rias dan make up wajah semakin cantik. Selain keahlian, usaha ini membutuhkan daya kreativitas yang tinggi dari sang perancang. Dengan modal selalu menghasilkan karya-karya baru dan menarik, order bakal tak pernah sepi sepanjang tahun.
MEMILIKI keahlian merias tak bakal pernah sepi peminat. Bisnis utama yang bisa dijalani memang rias kecantikan untuk pengantin, wisudawan, dan kegiatan-seremonial lainnya Kini dengan modal kreatif, banyak ahli rias wajah merambah bisnis rias panggung.
Perkembangan usaha ini tak lupul dari terus mekamya bisnis pemupukan. Mulai dari pertunjukan musik, teater, dan seni lain. Kemampuan untuk berkreasi menjadi peluang baru untuk mengembangkan bisnis.
Tengok saja usaha Neni Marthina asal Babakan Cibeureum, Ciamis, Jawa Barat. Meskipun tinggal di Ciamis, perempuan 36 tahun ini menuturkan, permintaan terhadap jasa tata rias panggung dan make up tetap tinggi. Pasalnya, setiap orangyang mengadakan acara-acara tertentu, seperti pertunjukkan teater, pesta sanggar, sunatan, dan pernikahan, tetap membutuhkan jasa penata rias.
Dalam sebulan, rata-rata Neni mendapat pesanan sebanyak tujuh hingga delapan proyek. Sebagian besar order adalah untuk menghias seniman berikut panggung pagelaran tari, pesta, dan sanggar.
Tak hanya itu, panggung -panggung pada acara pesta sunatan, teater, dan wisuda siswa taman kanak-kanak (TK) pun membutuhkan jasanya. Dalam satu proyek pertunjukan, ia mematok harga Rp 4 juta
Nah, dalam sebulan, Neni bisa meraup omzet mencapai Rp 30 juta dengan laba bersih sekitar 50%. Tetapi, "Kadang-kadang, harga tata rias tergantung kemampuan pelanggan," ujarnya
Neni bilang, perlu ide yang superkreatif agar order terus mengalir deras. Misalnya, saat menghias untuk acara wisuda anak TK, dia akan berupaya menciptakan suasana sesuai dengan imajinasi anak-anak.Ni Made Metriyani, pemilik Metri N@B di Bali, punya pengalaman lain. Ia memilih spesialisasi tata rias acara pernikahan dan kegiatan upacara ritual di Bali.
Metri mulai usaha tata rias sejak 2010 di Denpasar. Sedang tata rias panggung ia tekuni mulai 2011.Dara 23 tahun ini melihat prospek dan permintaan tata rias dari insan hiburan terus meningkat. Karena Itu, i;t berupaya berkembang dan menghasilkan karya baru. "Penata rias juga harus mendalami ilmu tentang busana," jelasnya
Untuk mengembangkan usahanya, Metri bekerjasamadengan event organizer atau para make-up artis. Alhasil. Metri pun kini banyak kebanjiran order acara lash ion show yang cukup marak di Pulau Dewata
Dalam sebulan, ia bisa memperoleh 10 order, dengan banderol tiap order antara Rp 500.000 - Rp 1 juta Adapun rata-rata omzet per bulan sekitar Rp 10 juta dan laba bersih lebih dari 60%. "Tata rias termasuk bisnis kreatif sehingga marjinnya cukup tinggi," tuturnya
Pengalaman Dewi Herawa-n penata rias asal Bandung tain lagi. Ia mengaku lebih memilih spesialisasi merias karakter sesuai dengan peran yang akan dimainkan oleh seorang pelaku dunia hiburan. "Rias karakter lebih sulit, misalnya, bagaimana membuat orang yang sebenarnya masih muda tapi bisa terlihat tua seperti iiink-nenek. Kita harus bisa membayangkan kerut-kerut di pipi kan," katanya
Dewi mematok tarif Rp 750.000 hingga Rp 1,5 juta untuk jasa rias karakter yang biasa digunakan dalam pementasan teater. Karena, pesanaan rias karakter ini masih minim, dalam sebulan pendapatan bersih Dewi hanya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.
Anggra Septa penata rias profesional asal Jakarta, bilang, perlu ide kreatif yang tematik. Ambil contoh, saat merias pesta Halloween. La menampilkan karakter rias ala kuntilanak atau boneka Chucky. Dengan begitu, order pun bisa terus mengalir dari para pelanggan.
Sumber: Harian Kontan
Noverlus Laoli, Fahriyadl, Eka Saputra