" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menunggangi Popularitas Biar Merek Makin Dikenal

Menunggangi Popularitas Biar Merek Makin Dikenal

13/12/2011
Menunggangi Popularitas Biar Merek Makin Dikenal


Kesuksesan grup Sirlband AKB48 di Jepang, menginspirasi produsen Pocari Sweat menggelar program JKT48 di Indonesia. Mereka ingin membentuk grup sirlband baru, yang bisa menjaring banyak penggemar sekaligus menjadi bintang dalam berbagai iklan visual di media.

BOOMING boy ba nd dan girlband, menggelitik PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat, ikui memanfaatkan kondisi ini. Dengan menggandeng perusahaan agensi Dentsu Media Group Indonesia, mereka menggelar program .IKT48 di Indonesia.

JKT48 merupakan sebuah program asali bakat (U ted) untuk menjaring anak-anak muda, terutama yang mempunyai bakat bermusik. Selajutnya, bagi yang lolos, mereka akan muncul dalam berbagai iklan visual di media TV nasional.

AIO berharap, JKT48 bisa mengikuti grup AKB48 yang telah terkenal di Jepang. "Kami ingin JKT48 memiliki jejaring penggemar," ujarnya.Menurut R. Suhendar, Head Marketing Ami dengan menampilkan .IKT48 sebagai ikon Pocari Sweat, Amerta berharap, "kebiasaan"idola baru itu akan diikuti penggemarnya. Boleh jadi, kebiasaan itu termasuk mengikuti sang idola yang mengkonsumsi Pocari Sweat dalam setiap kegiatannya

Dns, dengan talenta baru ini, sasaran Amerta jelas membidik anak-anak muda penggemar boyband dan giriband sebagai pangsa pasar baru. Dengan begitu,i pun bisa mend krak penjualan.nipaisaat ini, aktris JKT48 telah membintangi dua seri iklan Pocari Sweat. Suhendai bilang dengan bintang JKT48 telah tayang sejak 3 Desember 2011 lalu. Namon, sebelum beredar, aksi aiiis buru ini sudah bisa dilihat lewat Ymiiobe.

Mi-nurut Pengamat Marketing dan Manajemen, James Widyarsani, siling Im-iri Sweat ini termasuk dalam strategi rasi nee. Dalamstrategi ini, produsen mengikutsertakan konsumen dalam ialan yangdibuat dan digalang olehkan siiain pengalamanyang berbeda.

Cara ini terbilang ampuh karena memanfaatkan tren yang sedang berkembang. Selain itu, Pocari juga ingin mengembangkan pangsa pasarnya dengan mulai membidik kalangan muda aktif dan dinamis sebagai ikonnya. "Cara ini akan terus Inn,un nu sepanjang masa, karena kalangan muda memang ingin menonjol dannal sebagai sarana aktualisasi diri," jelas James.

Pemilihan bintang iklan dengan cara ini tentu ampuh menyasar pasar remaja pada rentang usia 13 tahun sampai 15 tahun. Meski begitu, yang I un ling menjadi bahan pertimbangan adalah sejauh mana tren giriband ini. Tentu saja, popularitas dan pamor .IKT4Sakan turun, saat booming giriband atau boyband kian surut dan tak diminati lagi.

Namun, biarpun pamor sang bintang iklan yang berdasarkan tren semakin memudar, (idakakanngaruhi pamor brandal Brand dan produk Pocari Sweat tidak akan ternoda meskipun pamor fii riba nd besutannya hilang," tandas James. 


Sumber : Harian Kontan
Hafid Fuad, Dea Chadiza S


Entri Populer