26/11/2011
Bukan Usaha Tanpa Resiko Tinggi
Neraca. Event organizer ini biasa disebut dengan promotor yang bertanggung jawab penuh terhadap acara, mencari dan hingga pelaksanaannya. EO jenis itu berisiko besar dibanding dengan EO yang bekerja by demand, seperti promotor olahraga, konser musik dan lainnya. Menurut pengakuan seorang pekerja EO, ia merasakan mulai dari perencanaan hingga hari pelaksanaan konser, bisnis EO musik penuh dengan ketidakpastian.
Risiko EO musik yang paling utama adalah kondisi politik dan keamanan. Meskipun acara sudah tersusun rapi, semua peralatan pendukung sudah siap, tiket ludes terjual, artis fee sudah dibayar penuh. Tapi tiba-tiba seminggu sebelum acara ada teroris meledakkan bom.
Biasanya kalau negara asal si artis itu mengeluarkan travel warning berkaitan dengan ledakan bom tadi, ia akan membatalkan konsernya. Karena kalau sudah keluar peringatan tidak ada lagi asuransi yang berani meng-cover perjalanan konsernya. Selain itu juga risiko tiket tidak laku jual. Misalnya seminggu sebelum acara digelar tiket yang terjual kurang dari 20 persen. Untuk membatalkan konser jelas tidak mungkin karena acara ini melibatkan banyak orang. Inilah risiko EO musik, meskipun sudah ketahuan bakal rugi tetap harus jalan. Beda dengan EO yang menyelenggarakan acara seminar. Kalau pengunjungnya dirasa belum mencapai target masih bisa diundur.
Dalam pengelolaan acara oleh EO, dikenal pula istilah, high risk high return. Prinsip investasi yang berlaku semua usaha EO. Meskipun berisiko besar, tapi juga memiliki potensial dalam menghasilkan keuntungan yang luar biasa menggiurkan. Menurut pengakuan Tommy dari Original Production, jika acara konser sukses keuntungannya bisa mencapai 100 persen. Pemasukan terbesar dari bisnis EO musik ini berasal dari sponsor dan penjualan tiket.
Untuk bisa menggaet sponsor pengusaha EO harus memiliki koneksi clan memahami pasar. Sejauh ini perusahaan rokok paling gemar menyeponson acara konser musik. Tapi bukan berarti semua perusahaan rokok mau keluar uang untuk mendukung acara Anda. Setiap artis memiliki segmen pasar sendiri, jadi harus dicari sponsor yang memiliki segmen yang sama. Sponsor hanya mau keluar uang kalau target marketnya tercapai. Yaitu berapa besar ia keluar uang, dan berapa banyak iklannya dilihat orang yang menjadi sasarannya.
Banyaknya media saat ini, juga memudahkan Anda dalam hal promosi, fasilitas internet yang semakin mudah dan cepat dan tentu saja memberikan brosur kepada sekolah-sekolah, tempat bermain atau mall sebagai promosi offline, yang perlu diingat jika adan telah mendapat klien berikan mereka sevice yang optimal karena im adalah bisnis jasa, kepuasan adalah segalanya, (ade)
Sumber : Harian Ekonomi Neraca