10/11/2011
Belajar Presentasi dari Steve Jobsludul Rahasia Presentasi Steve Jobs
Buku Panduan Presentasi Bagi Profesional dan UKM
Belum sima dari ingatan kita, tepatnya 5 Oktober 2011, pendiri perusahaan Apple Inc, Steve (obs mengembuskan nafas terakhir. Dia dianggap sebagai investor terpenting di Amerika Serikat (AS). Steve lihai dalam bergaya dan ber-retorika hingga mampu menghipnotis pendengarnya, bahkan pada MacWorld Expo 2009, para penggemar Apple tidak terima ketika mengetahui Steve tidak bisa memberikan presentasi sehingga tidak salah jika ia disebut sebagai master of presentation.
Melalui biusan presentasinya, Steve menjadikan Apple sebagai produk tepercaya dan laris manis. Bagi kalangan pebisnis [entrepreneur), kehilangan sosok Steve adalah sebuah kerugian luar biasa Figur sederhana dan penuh kewibawaan yang selalu ditunggu-tunggu serta inovasi terbaru the best presenta-Don-nya sudah tidak bisa dijumpai lagi.
Karya Carmine Gallo berjudul Rahasia Presentasi Steve Jobs dapat dijadikan sebagai obat kerinduan Steve Jobs. Buku ini mengupas tuntas teknik presentasi yang menjadi rahasia sukses Steve Jobs secara mendetail. Bagaimana seorang Steve bisa membius ribuan audiens ketika ia tampil di muka publik, dikuak secara tuntas.
Steve bisa dikatakan sebagai komunikator yang memiliki perencanaan efektif, mampu mengembangkan pesanGallo bermaksud untukmembantu kita agar mampumenyampaikan presentasiterbaik karena The Best
Presentation membukapeluang cukup besar bagi kitauntuk meraih kesuksesan.dan headline yang kuat, mengembangkan narasi yang mudah dicerna dan diikuti pendengar, serta memperkenalkan sebuah common tnemy sehingga menimbulkan efek drama (emosional).
Steve memulai presentasinya dengan cerita-cerita sukses. Misalnya ketika peluncuran produk iPad, ia menceritakan kesuksesan Apple. Selanjutnya, ia mengutip pendapat tokoh terkemuka dunia untuk mempertajam cerita kesuksesannya.
Steve menghipnotis audiens dengan menjadikannya sebagai pihak yang benar-benar butuh produk {Apple) yang ditawarkan. Tentu hipnotis ini disertai dengan kalimat-kalimat persuasif yangmeyakinkan audiens. Ia juga menyuguhkan peran antagonis (produk lain) untuk dijadikan sebagai komparasi dengan produknya.
Tak lupa Steve selalu menghadirkan animasi guna mendukung performa presentasi. Animasi yang dipilih pun adalah animasi yang menimbulkan selingan (distraclion) pada audiens, sehingga dampak dari animasi ini mampu menyentuh dimensi emosional audiens. Dan yang terpenting adalah sebuah presentasi harus mengandung unsur have fun. Presentasi diatur seperti infotainment di mana para pendengar selalu ingat mendapatkan pengetahuan dan hiburan.
Buku ini berisi tip dan trik yang bersifat praktis. Semua tip dan trik yang diberikan dalam buku ini mengacu pada tipikal presentasi Steve yang terbukti berhasil. Selain berisi teori, buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto untuk memperjelas maksudnya. Dan agar semakin komplet, buku ini juga menyarankan kita untuk menilik adegan presentasi Steve melalui YouTube.
Melalui buku ini Gallo bermaksud untuk membantu kita agar mampu menyampaikan presentasi terbaik karena The Best Presentation membuka peluang cukup besar bagi kita untuk meraih kesuksesan. Steve lobs memotivasi kita agar selalu meningkatkan keahlian presentasi dengan kata "Bea yardstick of quality. Some people arent used lo nn environment where excellence is expected" Peresensi adalah Mawaruddin.
Penulis Lepas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta
Penulis Carmine Qallo
Penerbit Esensi, Jakarta
Tahun 1,2011 Tebal 240
Halaman Harga Rp92.000,-
Sumber : Koran Jakarta