" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pengunjung Situs E-Commerce Naik 20% Selama Ramadhan dan Lebaran

Pengunjung Situs E-Commerce Naik 20% Selama Ramadhan dan Lebaran

07/09/2011
Pengunjung Situs E-Commerce Naik 20% Selama Ramadhan dan Lebaran


JAKARTA (IFT) Jumlah pengunjung di beberapa situs e-commerce di Indonesia naik rata-rata 20% selama Ramadhan dan Lebaran dibanding pada bulan biasa. Kenaikan jumlah pelanggan berdampak pada kenaikan penjualan di sejumlah situs e-commerce, terutama untuk produk fashion dan gadget.

PT Kreasi Online Indonesia, perusahaan pengelola portal e-commerce Dukalapak.com, mencatatkan kenaikan jumlah pengunjung antara 20%-30% selama Ramadhan dan Lebaran dibanding pada bulan biasa, lumlah pengunjung mencapai 23 ribu orang hingga 27 ribu orang per hari, sementara di bulan biasa hanya 2Q ribu orang per hari.

"Trpffic pengunjung naik tiga kali lipat pada Ramadhan dan Lebaran tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh penetrasi dan penggunaan e-commerce yang semakin meningkat di masyarakat," kata Achmad Zaky, Managing Director

Bukalapak.com.

Kenaikan jumlah pengunjung mendorong kenaikan transaksi penjualan di Bukalapak.com dibandingkan pada hari biasa. Penjualan terbesar dikontrihtisiLui dari jenis produk sepeda, gadget dan fashion. Achmad tidak bersedia menyebutkan nilai transaksi perusahaan.

Bukalapak.com menargetkan jumlah pengunjung situs mencapai 100 ribu orang pada semester II tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan berencana memasang sistem pembayaran yang memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi di Bukalapak.com.luh lalu, Batavia Incubator Inc membeli 20% saham BukaJapak. com. Batavia Incubator Inc merupakan perusahaan patungan Hv bright Partners asal lcpang dan Corfina Group dari asal Indonesia. Perusahaan enggan membeberkan ml.n transaksi penjualan saham tersebut. Dana hasil transaksi akan digunakan perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha dan memperkuat infrastruktur teknologi.

Tokobagus.com, situs e-commerce lain, juga mengalami kenaikan jumlah pengunjung selama Ramadhan dan Lebaran. Arnold Sebastian, Presiden Direktur Perusahaan, mengatakan traffic pengunjung serta pemasang iklan di Tokobagus.com meningkat 20%.

"Kenaiknya jumlah pengunjung ini berimbas pada kenaikan jumlah penjualan, terutama untuk produk fashion," kata Arnold.Arnold tidak bersedia menye-butkan nilai penjualan selama Ramadhan dan Lebaran.

Saal ini jumlah anggota To-kobagus.com tercatat lebih dari 1,2 juta orang, dengan total page views lebih dari empat juta per hari. Sejak April lalu nilai transaksi di Tokobagmcoin mencapai Kp 1,1 triliun perbulan.

Nilai transaksi tersebut di antaranya mencakup beberapa kategori produk, seperti fashion, otomotif, gadget dan properti. Per bulannya, perusahaan juga tercatat mendapatkan update iklan sekitar 20 ribu iklan baru.

PT Melranet, pengelola Plasa, com sekaligus anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengalami kenaikan jumlah pengunjung sebesar 20% selama Ramadhan dan Lebaran. Kenaikan jumlah pengunjung berdampak pada kenaikan penjualan Plasa.com yang naik 100% dibanding bulan normal.

Dian Nurvianly, Senior Brand Equity Perusahaan, mengatakan, produk yang banyak dicari di situsnya selama Ramdhan dan menjelang Lebaran adalah produk busana muslim, gadget, danbuku.

Sebelumnya, e-Bay Inc, perusahaan e-commerce dunia, berpendapat Industri e-commerce di Indonesia berpotensi tumbuh dalam lima tahun mendalang karena tren pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tinggi. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI!) menyebutkan pada 2015 pengguna internet Indonesia diprediksi mencapai 120 juta atau sekitar 50% dari jumlah populasi penduduk. (*)

Sumber :  Indonesia Finance Today
Ekarina


Entri Populer