" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bikin Toko Bagus agar Konsumen Nyaman

Bikin Toko Bagus agar Konsumen Nyaman

15/09/2011
Bikin Toko Bagus agar Konsumen Nyaman

Berkat layanan antar jemput, usaha Asiwa makin membesar. Kini, ia sudah punya tiga toko dan armada khusus untuk antar jemput pelanggan. Selain antar jemput untuk pejabat pemerintah dan wisatawan yang menjadi pelanggan Ja.ya Abadi, Asiwa juga menyediakan antar jemput untuk pedagang batik dari luar Cirebon.

Fransiska Firlana (Cirebon) IDE Asiwa, pemilik toko batik Jaya Abadi di Cirebon, untuk menyediakan layanan antar jemput buat pelanggan temyata tak sia-sia. Berkat layanan itulah ia bisa menggaet pelanggan dari Jakarta dan sekitarnya dan dari berbagai pro\insi.

Segmen pelanggan Asiwa juga beragam, mulai wisatawan, pejabat pemerintahan pusat hingga daerah, termasuk juga pedagang yang kulakan batik di Jaya Abadi. "Istri pejabat juga sering 1ilajya ke tempat saya," terang Asiwa Kebanyakan pelanggan yang menggunakan jasa antar jemput itu adalah pelanggan dari Jabodotabek dan Jawa Barat. Sebab ada perjalanan kereta api tujuh kali sehari dari arah Jakarta menuju lirebon dan sebaliknya

Karena mudahnya transportasi itulah konsumen dari lakarta senang belanja batik ke Cirebon. "Pengunjung dari Jakarta bisa datang belanja hanya cukup dalam sehari saja," tutur Asiwa.Hampir sama dengan toko batik lainnya, toko Asiwa pun ramai pengunjung di saat liburan. Sebaliknya di saat Ramadan pengujung sepi. Dan baru ramai lagi saat libur Lebaran.

Meski jdi saat Ramadan sepi pengunjung, tapi jangan dikira omzet Asiwa ikut melorot Justru di saat sepi inilah order atau pesanan batik malah ramai datang dari luar Cirebon. "Bulan Puasa jumlah pengunjung sepi, tapi pesanan banyak."terangnya

Biasanya pelangan Asiwa yang rutin memesan batik itu berasal dari Bali, Medan, Palembang, Yogyakarta, dan beberapa kota di Jawa Kalau ingin pesan, pelanggan cukup memencet nomor telepon untuk memesan batik yang diinginkan.

Selain memberi layanan antar jemput, sikap Asiwa yang baik terhadap pelanggan juga menghasilkan "keuntungan" yang lain. Seorang pelanggan Asiwa dengan suka rela mempromosikan Jaya Abadi di internet Lihat saja, nama Asiwa beberapa kali tampil di beberapa blog milik pelanggan di internet.

Layanan antar jemput dan sei ingnya Asiwa nongol di internet membuat usahanya makin terkenal. Bahkan mobil minibus miliknya tak cukup lagi menjemput pelanggan yang sudah terlalu, banyak.Agar layanan antar jemput -nya tetap lancar, Asiwa memutuskan membeli minibus Isuzu Elf seharga Rp 290 juta dengan cara kredit. "Angkutan ini bisa membawa 20 tamu sekaligus," terang Asiwa yang mempekerjakan sopir khusus untuk melayani antar jemput itu.

Semakin banyaknya pelanggan tentu membuat fulus Asiwa semakin tebal. Dengan duit yang makin lancar mengalir, Asiwa pun memberanikan dili menambah toko. Tak tanggung-tanggung, tiga toko batik berukuran besar dia bangun sekaligus.

Bagi Asiwa kenyamanan pengunjung adalah nomor satu. Karena itu toko-tokobarunya itu dia desain senyaman mungkin. "Konsumen itu harus nyaman. Kalau sudah nyaman, mereka akan membeli," imbuh Asiwa

Trik Asiwa yang menyediakan layanan antar jemput Jasa antarjemput mestidisesuaikandengan jumlahpelanggan.untuk pelanggan itu mendapat acungan jempol dari Adi Jakarta pengamat manajemen dan I ni\vrsitas Indonesi, i ill). Adi menilai upaya tsiwa itu sebagai terobosan yang berani. "Apalagi ia melakukannya secara mandiri," ungkap Adi.

Tak hanya iui. Adi menilai layanan antar jemput konsumen secara gratis oleh Asiwa itu mesti punya penghitungan cermat. Sebab modal untuk menyediakanarmada antar jemput juga lumayan besar. "Jasa antar jemput mesti sesuai dengan jumlah pelanggan yang datang," terang Adi.

Adi menyatakan, layanan antar jemput itu jelas akan membual penyedia jasa ini populer. Sebab, pelanggan yang datang akan merasakan kenyamanan dalam berbelanja Konsumen juga tidak perlu repot memikirkan transportasi," terang Adi, panjang lebar.

Selain menghitung jumlah calon pelanggan, untuk menerapkan pola serupa mesti iiiriM|x-rtimbangkan lokasi dan kondisi toko. Karena itu. bagi yang ingin mencontoh kiat Asiwa, perlu menghitung dengan cermat biaya penjemputan dari toko ke lokasi penjemputan.Namun Adi mengingatkan, layanan antar jempol jju tidak efektif bila diberlakukan terlalu lama. "Layanan ini ampuh, tapi tidak untuk jangka panjang," kata Adi.

Sumber : Harian Kontan

Entri Populer