" Status YM ""
ukm indonesia sukses: LatihTeam Work lewat UKM Kampus

LatihTeam Work lewat UKM Kampus

07/28/2011
LatihTeam Work lewat UKM Kampus

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) merupakan media pengembangan diri di dunia kampus.Berbagai informasi, edukasi,dan pengalaman dapat ditemukan di setiap organisasi kampus.etiap mahasiswa bisa berkreasi.mengkritisi berbagai kebijakan kampus dan birokrasi.atau sekadar tempat menyalurkan hobi dan kumpul-kumpul dengan kawan-kawan sesama mahasiswa.Organisasi mahasiswa ini jugalah yang dapat melatih kemampuan bekerja sama dalam tim.

Setiap perguruan tinggi memiliki berbagai UKM, mulai badan eksekutif mahasiswa (BEM), organisasi bidang keahlian lainnya,seperti olahraga.seni rupa, tari,musik, hingga teater. Pengamat pendidikan Arief Rachman mengatakan,organisasi kampus sangat baik diikuti mahasiswa Selain untuk pencitraan jati diri kerja sama,pengetahuan organisasi yang lahir dari UKM dapat membantu mahasiswa di dunia kerja."UKM sangat baik bagi mahasiswa. Mahasiswa memang perlu lembaga untuk mengekspresikan bidang nonaka-demislainnyaseperti olahraga, pencinta alam.seni. dan lainnya untuk pecitraan dirinya. Dengan mengikuti organisasi kampus, mahasiswa dapat mengasah kelebihan lainnya." kata guru besar Universitas Negeri Jakarta itu.

UKM juga bisa berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan bakat, hobi dan minat mahasiswa UKM sebaiknya dibentuk tidak hanya berlandaskan azas manfaat bagi pengembang-an ekstrakulikuler tetapi juga harus berlandaskan pada azas edukatif-nya.

Bagi mahasiswa mengikuti salah- satu UKM yang telah terbentuk akan sangat bermanfaat. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh UKM sangat sedikit atau bahkan bisa dikatakan tidak ada kerugiannya bagi mahasiswa.

Bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa UKM menyumbangkan dampak- dampak positif untuk perkembangan pikiran menuju kedewasaan dan menambah pengalaman mahasiswa. Kemampuan bersosialisasi sangat dibutuhkan.

Dengan kemampuan bersosialisasi,maka mahasiswa akan lebih cepat menangkap peluang-peluang yang ada di sekitar yang bisa menghantarkan mahasiswa pada kesuksesaan "Tinggal bagaimana mahasiswa ini bisa memanfaatkan UKM untuk perkembangan tidak hanya pada bakat atau hobinya, tetapi juga bisa menunjang pada nilai positif akademiknya,"tutur Arief.

Koordinator Pusat BEM se-lndonesia,Muham-mad Sayyidi,mengatakan, organisasi kampus adalah wadah atau area untuk mengembangkan diri. Dari organisasi kampus.diakui Sayyid.dapat menambah jaringan dan pengetahuan lainnya,selain ilmu akademis yang diajarkan di kampus.

"UKM merupakan media pengembangan diri bagi saya. Di sini saya diajarkan untuk melihat realita kerja sama organisasi sesungguhnya, bukan sekadar teori. Saya juga dapat mengembangkan soft skills dan kreativitas saya sehingga semakin terpacu dan berkompe-tensi untuk ma|u," tutur mahasiswa semester akhir Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Ini.

Banyak pula UKM yang diikuti Sayyid.di antaranya Padjadjaran Intelectual Research.jurnalistik,dan American Association of Petroleum Geologist Namun kegiatan tersebut tidak mengganggu nilai akademis Sayyid.

Keuntungan lainnya.lanjut Sayyid,karakter dari mahasiswa dalam melihat masalah dan mencarisolusi akan lebih mudah dihadapi jika mahasiswa itu sering bergabung dalam organisasi. "Dari UKM inilah saya bisa meningkatkan prestasi saya membangun jaringan dengan orang lain sehingga mental saya di dunia kerja nantinya sudah terbentuk." paparnya. 

"Untuk bagi waktu kuliah dan organisasi, saya enggak pernah khawatir terganggu sama kuliah.Saya punya jam yang teratur.kapan waktu saya untuk organisasi, kapan untuk mengenakan tugas,dan kapan beristirahat," sebutnya.Namun demikian, tidak bisa dipungkiri pula banyak kasus yang terjadi mahasiswa malah drop out lantaran dia terlalu sibuk dengan kegiatan UKM-nya.


Sumber : Harian Seputar Indonesia



Entri Populer