" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Peluang Bisnis dari Jasa Penjualan Properti

Peluang Bisnis dari Jasa Penjualan Properti


>>>>Peluang Bisnis dari Jasa Penjualan Properti

TINGGINYA kebutuhan akan perumahan membuka berbagai peluang bisnis, mulai dari pekerjaan fisik. Interior, hingga Jasa perantara penjualan rumah. Bisnis Jasa perantara penjualan rumah merupakan bisnis yang unik, lantaran membutuhkan modal kepercayaan antara pemilik properti dan calon pembeli.

Salah satunya dilakoni Lasml (43). warga Perumahan Clater Permai, Clater. Tangerang Selatan. Saat Ini dari niatnya menekuni usaha sebagai perantara memasarkan rumah, uang ratusan Juta rupiah didapatnya. "Memang sekarang Ini banyak broker rumah yang dikelola seperti perusahaan. Tapi bukan berarti seorang Ibu rumah tangga tidak bisa melakukan hal seperti Itu. Asalkan punya niat dan semangat, kita bisa tote Jalan sendiri membangun Jaringan." kata Lasml kepada Warta Kota. Senin (20/6).

Lasml melakoni usaha sebagai perantara Jual-beli rumah sejak tahun 2008. Berkat keuletannya, banyak warga perumahan Clater yang memercayakan kepadanya untuk menjualkan dan mencarikan rumah yang diinginkan. Dari usaha Jasa perantara ttu dia bisa memiliki 5 rumah dengan kisaran harga Rp 300 Juta - Rp 400 Juta.

Sekarang Ini wilayah operasi Lasml tidak hanya sebatas wilayah Clater. tetapi di beberapa perumahan di wilayah Tangerang Selatan. Misalnya Perumahan di Bumi Serpong Damai (BSD) hingga Bintaro.

Menjadi perantara

Untuk menjadi seorang perantara penjualan rumah bukan perkara mudah. Menurut Lasml. pertama-tama seorang perantara harus memiliki informasi tentang rumah yang akan dijual. Informasi itu. kata dia. bisa didapat dari mana saja. Mulai dari lingkungan sekitar rumah, komunikasi orang-tua murid di sekolah, ataupun lingkungan pengajian. Dengan banyak Interaksi akan banyak informasi pula yang masuk.

"Kuncinya bergaul Juga. Misalnya tetangga sl A mau Jual rumah. Kita tawarkan boleh enggak saya pasarkan. Nah kalau dia oke. kita can Informasi siapa yang butuh rumah. Atau rumah yang akan dijual kita tempell pengumuman, berikut nomor telepon yang bisa dihubungi. Istilahnya kita cari musuhnya (pembeli)." kata Ibu satu anak Ini.

Rata-rata, kata Lasml. seorang perantara penjualan rumah mendapatkan 2.5 sampai 3 persen dari hargajual rumah. "Kalau harga rumahnya ratusan Juta, lumayan kan ? ujarnya. Lasml mengatakan, keuntungan itu bisa lebih besar lagi apabila memiliki modal. Dengan modal itu seorang perantara bisa langsung membayar rumah yang akan dijual. "Jadi kita talangi langsung." ujarnya

Selain Itu, perantara Juga perlu aktif mencari rumah yang dijual murah. "Di sini kita bisa mainkan harga. Apalagi setiap tahun harga rumah terus naik." katanya. Menurut Lasml. untuk memanfaatkan peluang Ini ada beberapa hal perlu diperhatikan, di antaranya harus menguasai atau minimal paham seputar transaksi Jual beli rumah. Misalnya pajak penjual dan pembeli, akta Jual bell, dan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Juga dengan notaris.

"Sebaiknya punya kenalan notaris, karena semua Itu berhubungan erat dengan notaris. Kalau kita berhubungan balk bisa tanya sebelum melakukan transaksi." kata Lasml seraya menambahkan, alangkah lebih balk Jika kita Juga melibatkan Jasa notaris tersebut bila ada transaksi. "Jadi kita buat sebagai mitra." ujarnya. (Ign)

Sumber : Warta Kota

Entri Populer