" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menjadi Penghias Taman hingga Menjaga Pantai

Menjadi Penghias Taman hingga Menjaga Pantai


>>>>Menjadi Penghias Taman hingga Menjaga Pantai


Pohon cemara udang tersebar di Pantai Lombhang, Sumenep. Di tangan pembudidaya, cemara udang dikerdilkan agar berubah jadi bonsai. Tak hanya bernilai artistik dan laku dijual, cemara udang juga bermanfaat untuk reklamasi pantai dan penyembuhan.

CEMARA udang yang bernama latin Casnarina equiselijblia linn adalah pohon dengan pepagan atau kulit kayu coklat keabu-abuan. Dahannya merunduk seperti jarum, hyau keabu-abuan. Pohon ini tumbuh di pantai berpasir dengan ketinggian 0 hingga 100 meter di atas permukaan laut Di Hawaii, cemara udang bisa tumbuh pada ketinggian hingga 600 meter. Adapun di Filipina tanaman ini bisa hidup sampai SOO meter di atas permukaan laut.

Di Indonesia, cemara udang tumbuh di pesisir panlai Lombhang, Sumenep, Jawa Timur. "Banyak orang di sini yang percaya cemara udang berasal dari China," kata Ari Mulya, pemilik usaha Arjuna Bonsai.

Sudah empat tahun, Ari berdagang berbagai tanaman di Sumenep, Jawa Timur. Ari mengerdilkan cemara itu menjadi bonsai. Prosesnya makan waktu hingga lima tahun.

Pembudidaya perlu waktu selama itu untuk membentuk bonsai yang akan diikutsertakan di kontes bonsai. Sedangkan, cemara udang yang dijual untuk tanian di rumah dan kantor biasanya hanya perlu waktu pembentukan satu tahun.

Ari menjelaskan cara membuat bonsai cemara udang. Gali tanah pasir sedalam dua meter untuk meletakkan tiga hinggaempat potongan cemara udang. Setelah itu, tutupi dengan tanah pasir dan tunggu satu bulan. "Nanti keluar semi batang, yang merupakan pertandacemara udang hidup," tuturnya.

Bonsai yang baik terlihat dari akarnya dan bentuk pohon. Akar ini harus menonjol dari media tanam. Tinggi bonsai yang ada di pasaran rata-rata 2,5 meter sampai 3 meter. Ari pernah membudidayakan bonsai hingga empat meter.

Ada beberapa bentuk yang membuat bonsai cemara udang selangit harganya. Misal, bentuk terjun. Ini bentuk cabang bonsai ke atas, lainnya ke samping dan menukik ke bawah. Ada pula bentuk jasket, satu bonsai dengan dua cabang yang hampir serupa "Ada juga bentuk kroping, satu pohon dengan banyak cabang," kata Ari.

Ari melego sebuah bonsai Rp 25 juta hingga Rp 70juta. Sedangkan pohon cemara udang tak semahal bonsai. Ari mematok harga mulai Rp 90.000 sampai Rp 6 juta per pohon.

Bonsai juga harus sering diterpa sinai- matahari. Tanaman yang tahan terpaan angin kencang ini harus disiram air dua kali sehari. "Malahan yang bagus ditambah penyiraman sekali lagi, pukul 22.00 sampai pukul 23.00," imbuh Ari.

Setyoaji Wibowo, pemilik kebun tanaman Roempoen Bamboe menambahkan, cemara udang baiknya dipupuk sekali sebulan. "Pupuknya NPK dan pupuk kandang kotoran kambing," tuturnya. Daun cemara udang harus rajin digunting setiap dua pekan agar bentuk bonsai tak berubah.

Banyak pembudidaya memanfaatkan cemara udang untuk menggali nilai an isi ikm .i lantas dijual. Padahal, tanaman ini bermanfaat untuk proteksi pantai, reklamasi tanah, dan pengendali erosi. Kayunya menghasilkan arang berkualitas tinggi, untuk tiang kapal layar, dan bubur kertas. Di Malaysia barat, rebusan ranting cemara udang berguna menyembuhkan bengkak. Bubuk pepagan pun bisa menyembuhkan Jerawat

Sumber :Kontan
Gloria Natalia


Entri Populer