" Status YM ""
ukm indonesia sukses: MAU SUKSES? Ayo, Perpikir Positif

MAU SUKSES? Ayo, Perpikir Positif

MAU SUKSES? Ayo, Perpikir Positif

Oleh Indira Rezkisari WJien you want something,
All the universe conspires inhelping you to achieve it.Paulo Coelho Pernah membaca kalimat bijak yang dibuat penulis buku dan puisi asal Brasil, Paulo Coelho itu? Kata-kata penuh makna di atas ditulisnya dalam buku Tke Alchemist yang bertutur tentang keberhasilan menggapai mimpi selama kita percaya pada mimpi tersebut.

Nyatanya, menggapai mimpi tidak mudah. Tantangannya banyak sekali. Ratih Prima (28 tahun) sering kali terbentur dengan pikiran negatif orang di sekelilingnya. Buntutnya, pegawai bank itu percaya bahwa mimpinya sulit tercapai. "Padahal, saya cuma berkeinginan bisa punya bisnis kecil sambil bekerja," ucapnya.

Bukannya mendukung, teman-teman sekan-tor Ratih justru berpandangan sinis. Menurut mereka, menyeimbangkan pekerjaan kantor dan konsentrasi membuka usaha tidak mungkin dilakukan Ratih. Ratih yang dulunya sudah menghitung segala kemungkinan dalam berbisnis tiba-tiba jadi tidak percaya diri. Pikirannya berubah. Akhirnya, keinginan mencoba memulai bisnis urung dilakukan. Ia takut apa yang dikatakan teman-temannya benar terjadi. "Saya memang tidak mungkin melakukan keduanya bersamaan," pikir dia.

Psikolog Rose Mini Adi Prianto mengatakan, sulit menghentikan pikiran negatif dalam benak seseorang. Manusia, lanjutnya, seringkali memberi hambatan di depan. "Kayak waktu mau ujian, bilang tidak bisa, hasilnya malah sakit perut beneran, dan beneran tidak bisa ujiannya," kata Rose Mini, yang akrab disapa Bunda Romi itu.

Ada alasan mengapa manusia kerap melakukan itu. Kata Romi, manusia mendamba berada dalam kondisi yang dipandang nyaman, baik, dan menyenangkan baginya. Akan tetapi, kondisi yang nyaman tidak selalu bisa hadir. Manusia tak pelak akan bertemu dengan situasi yang tidak menyenangkan.

Solusinya, papar Romi, adalah dengan cara mengendalikan pikiran. Pikiran bisa mengubah perasaan yang tidak nyaman menjadi nyaman. Romi lalu memberikan kutipan dari penulis buku tentang kekuatan pikiran. John Kehoe. "Anda akan menjadi apa pun yang sering Anda pikirkan mengenai diri Anda," kata Romi.

Filosofi pisau

Pikiran positif dipercaya Romi akan melahirkan tindakan positif. Katanya, segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki dua sisi. Contoh sederhananya adalah pisau. Jika digunakan dengan positif, benda tajam ini banyak gunanya.

Namun, jika dimanfaatkan secara negatif, pisau tentunya akan merugikan. Inti dari ucapan Romi, semua bergantung pada tindakan yang dilahirkan dari pikiran. Rumusnya, pikiran positif sama dengan tindakan positif.

Dalam kasus Ratih, ia kesulitan berpikiran positif ketika orang-orang di sekelilingnya menghinggapinya dengan pikiran negatif. Romi menyarankan, Ratih bersikap tegas terhadap dirinya sendiri. Biarkan orang lain berpikir negatif, ucap Romi, Ratih harus tetap menjaga pikirannya positif. "Ini seperti, kita suka melihat orang-orang pengangguran yang bergaul bersama. Kalau dipikir, mengapa orang-orang itu sulit mencari pekerjaan. Ya, itu

Jangan biarkan pikiran negatif orang lain berpengaruh pada kita.karena mereka tidak mau keluar dari lingkup tersebut. Akibatnya, satu sama lain menganggap pengangguran adalah hal biasa," tutur Romi mencontohkan.

Seandainya upaya bisnis yang dirintis Ratih gagal, Romi mengajaknya untuk tidak terburu-buru membenarkan pendapat teman-teman kantornya. Analisis dulu apa yang menjadi penyebab kegagalan. Setelah itu, buat rencana baru yang dipercaya bisa berhasil.

Psikolog yang telah meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia itu menambahkan, berpikir positif adalah sesuatu yang harus diupayakan sendiri. Sebab, seorang individu tidak bisa mengubah lingkungan di sekitarnya yang sudah punya pikiran tertentu. "Jangan berharap banyak dari orang lain," kata dia dalam seminar "Be Positive" yang digelar di kampus Binus Anggrek, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Yang bisa diubah adalah diri sendiri. Jangan pula membiarkan risiko negatif memengaruhi diri. Romi mengatakan, manusia harus berani menjalani hidupnya. Hanya karena tahu risiko atau hal negatif akan menghadang di depan, jangan lantas tidak mau mencoba menjalaninya. "Jalani saja dulu. Coba dulu, demi bisa berhasil mendapatkan hal yang positif," ujar dia.

ed endah hapsah
 Sumber:Republika

DIJUAL USAHA YANG SUDAH BERJALAN DIBIDANG LUKISAN DAN INDUSTRI KREATIF.URGENT

1.http://artkreatif.net/
2.http://lukisanpegunungan.com/
3.http://lukisanminimalis.com/

Yang Berminat Harap Hub.No Tersebut / Web Tersebut
 

Entri Populer