**** INSPIRASI BISNIS****
Masyarakat Tionghoa di Indonesia terkenal jago berbinis. Pada
umumnya, bisnis mereka tergolong berhasil. Lantas, apa yang membuat
bisnis mereka sukses?
Seorang pengusaha Tionghoa, Nyoto
Suhardjoyo, mengatakan, kiat bisnis seorang Tionghoa sangat bertalian
dengan filosofi atau gaya hidup mereka. Dalam berusaha, kata Nyoto,
orang Tionghoa cenderung rajin dan ulet.
"Contohnya, perantau
China yang ada di mana-mana, saat merantau tidak membawa apa-apa, hanya
baju dan celana, tetapi kerap akhirnya berhasil? Karena rajin," katanya
dalam pameran "Gerakan Kewirausahaan Nasional", Jakarta, Kamis
(3/2/2011).
Selain itu, pengusaha Tionghoa, lanjut Nyoto, senantiasa hidup sederhana dan hemat. Mereka memegang peribahasa "Liang Ru Er Chu" yang artinya pengeluaran disesuaikan dengan pemasukan.
Pengusaha
China pun, lanjut Nyoto, selalu berusaha menjaga kepercayaan pelanggan
ataupun rekan bisnisnya. "Kepercayaan, itu modal untuk dijaga. Kalau
seseorang tanpa kepercayaan, kariernya habis. Apalagi dalam
perdagangan," katanya.Terakhir, menurut Nyoto, yang menjadi kunci sukses orang Tionghoa dalam berbisnis adalah menggunakan kebaikan hati atau jujur.
INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/