" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Beri Modal Mahasiswa Untuk Berwirausaha

Beri Modal Mahasiswa Untuk Berwirausaha

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Sjarifuddin Hasan menyatakan siap memberikan modal bagi mahasiswa untuk berwirausaha dengan agunan hanya berupa ijazah.Kalau saya ajak berwirausaha, mahasiswa bisa saja bilang enak kalau hanya ngomong. Karena itu, saya siap memberi modal, tapi bawa ijazah ke Kementerian Koperasi dan UKM," katanya di Surabaya, Sabtu.

Saat berbicara dalam dialog tentang "Technopreneur Gathering 2010" di (TS Surabaya, ia mengatakan modal yang disiapkan sebenarnya hanya bersifat stimulus supaya usaha yang dikembangkan dapat berjalan. "Karena itu, kami hanya menyiapkan RpSOO juta per tahun dan kami akan mengutamakan proposal yang bersifat usaha produksi, bukan perdagangan, sebab kalau produksi itu dapat membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan juga," tuturnya.

Namun, katanya, modal yang sekadar untuk jalan itu dapat dikembangkan dengan modal dalam bentuk lain yang juga dikembangkan pemerintah, yakni KUR (kredit usaha rakyat) yang mencapai Rp86,5 triliun dalam lima tahun (2009-2014). "Kami tahu kalau mahasiswa menjadi pemula dalam wirausaha itu tidak akan mudah berhubungan dengan perbankan, karena itu kami siapkan modal dengan agunan berupa ijazah. Itu juga karena kami juga harus mempertanggungjawabkan uang negara," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku pihaknya sudah berkeliling pada belasan kampus di Indonesia untuk menawarkan program permodalan untuk wirusahawan muda dari kalangan mahasiswa itu, dan kini tercatat 6.000 mahasiswa yang tertarik.

Oleh karena itu, pihaknya berharap mahasiswa ITS Surabaya menambah jumlah wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa, sehingga akan dapat kmengurangi jumlah sarjana pengangguran yang saat ini mencapai 626 ribu orang "Saya sendiri langsung tertarik datang ke ITS, .karena saya baca dalam proposal undangan itu Imemang menyebutkan bila ITS sudah mengajarkan technopreneur-ship selama tujuh tahun, sehingga mahasiswa ITS pasti akanr lebih kreatif," katanya

Entri Populer