" Status YM ""
ukm indonesia sukses

Anak Jakarta Asli yang Berguru Tekstil dan Kempo ke Jepang


Surya Tonowijaya, Pecinta Beladiri dan Pelestari Budaya Tionghoa
Surya, begitu dia biasa disapa.termasuk salah satu penggiatbudaya Tionghoa. Sejak puluhantahun, sampai kini, aktivitasnyatak jauh-jauh dari wushu,kungfu, barongsai dan bisnis.DILAHIRKAN dari keluarga pebisnis, pria kelahiran Jakarta. 10 April 1944 ini, mau tak mau harus menekuni dunia bisnis. Si jago kungfu yang mengaku orang

Jakarta asli ini, memang sudah teralin spirit bisnis dari keluarga besarnya. Tapi, masa kejayaan bisnis saya sudah berlalu, waktu saya muda dulu, lumayan sukses," ungkapnya . Dia menceritakan, sejak muda, dia sudah membuka macam-macam bisnis, mulai percetakan, garmen dan tekstil. "Tapi yang paling survive ya tekstil. Saat itu masih tahun 60-an dan industri tekstil tanah air berjaya," kenang bapak satu anak ini. Maklum saat itu industri garmen dantcktil di Indonesia masih sangat bagus,dan tidak lesu seperti sekarang. Meski masih bertaraf UKM (usaha kecil dan menengah. Red), produk-produk tekstil Indonesia cukup diakui dunia, paling tidak di Asia.

Tak heran, saat itu. banyak kalangan industri tekstil besar di Asia yang mau bekerjasama dengan industri tekstil lndo-nesia, terutama UKM. Karena itu. Departemen Perindustrian RI mencanangkan program mengirimkan para pengusaha UKM ke luar negeri, supaya bisa belajardari perusahaan asing.

Surya, termasuk yang sempat dikirim ke Jepang guna studi banding mengenai industri pertekstilan. "Jadi istilahanya magang di perusahaan besar di Jepang. Jatah saya sebenarnya cuma setahun, tapi bertambah jadi dua tahun Wah, kebetulan." ungkapnya juga sambil mengatakan program itu sangat bagus. Pasalnya, selain dapat uang saku, fasilitas dari negara, mereka juga mendapat ilmu d;in jaringan. Selama di sana, Surya menggu-nakan waktu luangnya untuk mendalami ilmu bela diri Jepang, kempo.

Keseharian Surya memang tik bisa dipisahkan dan bela din Pria yang kini membuka sasana wushu dan kungfu itu. memang sudah mahir kungfu sejak kecil. "Dari keluarga saya, kakek.papa, sudah mengajarkan saya kungfu . bahkan jurus-jurusnya orisinil dan Tiongkok," papar Surya.

Entri Populer