" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Geliat Bisnis Onderdil di Tengah Perumahan

Geliat Bisnis Onderdil di Tengah Perumahan

05/09/2011 
Sentra Onderdil Mobil Harapan Indah, Bekasi
Geliat Bisnis Onderdil di Tengah Perumahan


Pengembangan kota ke pinggiran Jakarta turut menyuburkan lahan bisnis. Salah satunya sentra onderdil mobil di perumahan Harapan Indah, Bekasi Barat. Sejak 1998, banyak pedagang onderdil dari pasar Senen, Jakarta Pusat, eksodus ke sentra onderdil ini.

PENGEMBANGAN kawasan pemukiman ke daerah pinggiran Jakarta mampu menggerakkan pula sektor bisnis lainnya Tengok saja, kompleks pertokoan di Perumahan Harapan Indah, Bekasi Barat, yang sekarang terkenal sebagai sentra onderdil mobil.

Lokasi sentra onderdil itu tepatnya berada di Jalan Taman Harapan Baru, Kelurahan Pejuang, Harapan Indah, Bekasi Barat Dari enam blok rumah toko (ruko) yang ada di lokasi itu, setidaknya ada 40 pedagang yang menjual onderdil.

Pedagang onderdil itu menjual beraneka ragam onderdil, baik onderdil mobil merek Jepang, Eropa, maupun onderdil mobil merek Amerika Serikat (AS). Bahkan, sebagian pedagang juga menjual onderdil mobil antik alias mobil tua

Kehadiran pedagang onderdil di lokasi pertokoan perumahan Harapan Indah itu sudah dimulai sejak 1998 silam. Pedagang onderdil mulai membuka toko setelah pengembang menyelesaikan pembangunan ruko. Tahun

Jihni .in barulah ramai." kata Stephanus Kurniadi, pemilik toko Emporium Motor di sentra onderdil Harapan

Inil.ih itu.

Kebanyakan pedagang di sentra onderdil itu adalah pedagang onderdil di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat "Tahun 2000-an pedagang onderdil pasar Senen eksodus ke Harapan Indah," terang Stephanus yang juga berdagang onderdil di pasar Senen.

Karena banyak pedagang yang eksodus ke Harapan Indah, membuat Stephanus tertarik. Ia lantas ikut membuka cabang bisnis onderdilnya ke Harapan Indah tahun 2001. Selain menjual onderdil, Stephanus juga melayani jasa perbaikan dan perawatan mobil.

Waktu pertama kali buka toko, baru terdapat sepuluh toko onderdil. Namun, karena pasarnya bagus membuat puluhan pedagang lain ikut membuka toko onderdil serupa "Di Bekasi banyak pemilik mobil yang tentu butuh onderdil," ungkap Stpehanus.

Bak gayung bersambut, kehadiran sentra onderdil itu membantu warga Bekasiyang ingin memperbaiki mobilnya Salah satunya adalah Dion Aryanto, yang rutin memperbaiki mobil ke Harapan Indah sejak 2006. "Lokasinya tak jauh dari rumah saya," kata warga Bekasi itu.

Selain lokasi yang dekat, pelanggan sentra onderdil Harapan Indah merasa nyaman dengan harga dan kualitas onderdil yang ditawarkan pedagang. "Pedagang mau menjamin kualitas," terang Dion.

Seperti pusat perbelai\jaan onderdil lain, kawasan onderdil Harapan Indah makin ramai dikunjungi pelanggan menjelang Lebaran dan juga tahun baru. Di saat itu, pemilik mobil mempersiapkan kendaraannya untuk keperluan mudik atau liburan.

Sayangnya, meski pusat onderdil ini mudah dijangkau warga Bekasi Barat, namun membuat bingung warga dari luar Bekasi untuk menuju tempat itu. Saat KONTAN berkunjung ke sentra itu, tidak ada tanda penunjuk jalan yang tentu mempersulit calon konsumen untuk datang.

Padahal, letak sentraonderdil Harapan Imi;Ji itu hanya 3 kilometer (km) dari pintu gerbang Harapan Indah. Tetapi lokasi sentra onderil itu menjadi tersembunyi karena diapit dua kluster perumahan. "Lokasinya menyulitkan pelanggan," kata Laili Hiutra, pemilik Toko Victory di sentra onderdil Harapan Indah.

Laili yang sehari-hari melayani perbaikan dan perawatan pendingin (AC) mobil itu mengeluh kesulitan mencari pelanggan baru, karena sentra onderil itu jarang dilalui kendaraan dari luar Bekasi Barat.

Tak hanya itu, untuk menuju lokasi mesti punya kesabaran tinggi, terutama pada hari kerja, karena jalanan yang penuh sesak oleh kendaraan. "Hari kerja jalan bisa macet parah," kata kata Laili.

Namun, bagi konsumen yang sudah paham situasi itu, mensiasatinya dengan berbelanja saat liburan. "Promosi dari mulut ke mulut jadi senjata pedagang untuk menggaet konsumen," ujar Stephanus yang sudah punya tiga ruko di sentra itu.

Sumber : Harian Kontan
Fahriyadl

Entri Populer