" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Pembuatan Kacang Mete

Bisnis Pembuatan Kacang Mete

05/09/2011
Bisnis Pembuatan Kacang Mete
Saat Lebaran Laba Cemilan Kacang Mete Semakin Gurih


Laba bisnis cemilan kacang mete semakin gurih saat Lebaran tiba. Naiknya permintaan hingga 100% membuat omzet pedagang kacang mete itu bisa naik berlipat. Karena permintaan yang meningkat pesat, produsen kacang mete memutuskan untuk menaikkan harga jual.

INDUSTRI cemilan menuai berkah di hari Lebaran. Salah satu yang merasakan berkah itu adalah industri cemilan kacang mete atau kacang mede. Maklum, kacang mete adalah salah satu cemilan "wajib" di saat Lebaran.

Tak tanggung-tanggung, saat Lebaran permintaan kacang bernama latin Anacardium occidentale itu bisa naik 100% ketimbang hari biasa Hal itu dialami Yusup Subandi, pemilik UD Agri Mete Perkasa asal Wonogiri, Jawa tengah. "Saya harus menambah produksi untuk mengimbangi permintaan," kata Yusup.

Di hari biasa Yusup hanya memproduksi 5 ton kacang mete per pekan. Namun, menjelang Lebaran ia mampu memproduksi kacang mete hingga 10 ton per pekan.Kenaikan permintaan kacang mete tak hanya dari pelanggan ritel. Banyak agen langganan Yusup di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Riau, Samarinda, dan Banjarmasin, ikut menambah pesanan menghadapi Lebaran lalu.

Lebih menyenangkan lagi bagi Yusup, selain penjualan naik dua kali lipat, Yusup masih mendapatkan "bonus" dari melejitnya harga kacang mete. Lihat saja, kalau di hari biasa dia menjual satukilogram kacang mete hanya Rp 60.000, di saat Lebaran, Yusup mampu melepas kacang mete di harga Rp 90.000 per kg.

Dalam kondisi matang, di saat Lebaran, kacang mete dijual Rp 104.000 per kg. "Perbedaan harga sebelum dan saat Lebaran bisa mencapai Rp 30.000 per kg." kata Yusup yang mengambil laba 10%-20% dari hargajual.

Untuk I..ih.in baku kacang mete, Yusup mendapatkan pasokan dari sekitar Wonogiri, Jawa Tengah. Jika pasokan masih kurang, ia membe linya dari luar Jawa "Kalau produksi kacang mete di Wonogiri terbatas, maka kami mengambil pasokan dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat," terang Yusup.

Yusup mengakui, mutu kacang mate van Wonogiri memang lebih unggul dari kacang mete asal Sumbawa Menurut Yusup, kacang mete dari Wonogiri terbukti unggul dalam hal rasa yang gurih dan manis. Hanya saja, kacang mete Wonogiri memiliki kekurangan dari sisiukuran yang lebih kecil dan juga gampang pecah.

Gurihnya bisnis kacang mete saat Lebaran juga dirasakan Debbie Christian, di Sematang, Jawa Tengah. Walau baru setahun berbisnis kacang mete, tapi Christian ikut merasakan kenaikan permintaan kacang mete itu.

Jika pada di hari biasa ia hanya produksi satu kuintal kacang mete per hari, maka menjelang Lebaran ia busa produksi kacang mete hingga 1,5 kuintal per hari. Karena permintaan naik, Debbie lantas menaikan hargajual kacang mete dari Rp 110.000 per kg menjadi Rp 120.000 per kg. "Selain untuk Semarang, sebagian saya juga kirim ke Jakarta," terangnya

muk membuat kacang mete terbilang sederhana Pertama, kacang mete yang sudah dibersihkan diberi bumbu dari bawang dan garam. Selanjutnya, kacang mete digoreng dalam minyak yang sudah mendidih selama lima menit sampai tujuh menit hingga warnanya kekuning-kuningan. 

Sumber: Harian Kontan
Handoyo


Entri Populer