" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Laba Bisnis Pembuatan Mousepad Masih Tetap Ciamik

Laba Bisnis Pembuatan Mousepad Masih Tetap Ciamik

25/08/2011
Laba Bisnis Pembuatan Mousepad Masih Tetap Ciamik

Kian populernya komputer tablet yang tak perlu mouse tidak menganggu pasar mousepad atau alas mouse komputer. Mousepad masih banyak dipesan korporasi yang mengandalkan personal computer untuk bekerja. Selain itu, mousepad juga banyak dipesan untuk suvenir.

MENINGKATNYAjumlah pengguna komputer tablet yang tak perlu mouse temyata tidak menyurutkan penjualan aksesoris komputer, seperti mousepad alias alas tempat mouse.Walaupun mousepad bukan kebutuhan primer komputer pribadi atau perconal computer (PC) dan laptop tetapi fungsi mouse-pad cukup penting untuk membantu kinerja ynouse I menggerakan kursor kompu-I ter.

Salah satu segmen pasar yang membutuhkan mouse-pad tersebut adalah perkantoran. Mereka butuh mouse-pad lantaran masih banyak perangkat kerja berupa PC dan juga laptop. Karena itu, "Pasar kami masih tetap ada," luar Veronica Wong, Direktur V Solutions, salah satu perusahaan produsenmousepad di Tanggerang.

Nah, untuk tetap mempertahankan pasar, Veronica pun tak keberatan melayani pesanan mousepad dengan desain sesuai pesanan. 1 Veronica sendiri selain melayani perusahaan lokal juga melayani pelanggan dari perusahaan asing.

V Solutions sudah memproduksi mousepad sejak 2003 silam. Perusahaan ini membuat mousepad dari hatian kertas dan juga bahankaret.Selain digunakan untuk kebutuhan perkantoran, banyak perusahaan memesan mousepad untuk dijadikan suvenir atau cinderamata. "Dan kami melayani pesanan mousepad untuk suvenir itu minimal 5.000 buah," kata Veronica Oh, ya, Veronica sendiri ogah melayani pembelian iifiisepad secara ritel.

Mengenai penjualan dan kapasitas produksi, Veronica enggan merincinya Ia hanya bilang, dalam setahun ia bisa menjual 300.000 mousepad dengan beragam bentuk, desain, dan ukuran.Menurut Veronica, di awal tahun bi-sanya terjadi kenaikan pesanan mousepad. Sebab, saat itu banyak perkantoran yang melakukan pengadaan termasuk mouse-pad untuk karyawan.

Soal hargajual mousepad juga bervariasi, mulai dari Rp 4.000 hingga ada yang seharga Rp 60.000 per buah,tergantung bahan yang diinginkan klien.Selain Veronica, produsen inniisi pad lainnya adalah Dinimon Suvenir milik Andun Ri si 11 wahyuni di Jakarta. Andini sudah memproduksi mousepad sr jak 2008 lalu. "Meski pesanan tidak ban tapi klien biasanya sering belanja lagi." kata wanita berusia 28 tahun itu.

Seperti halnya Veronica Andini juga mengakui kenaikan penjualan komputer tahlil terbukti tidak menurunkan penjualan mousepad. Tahun ini penjualan mousepad milik Andini di dunia maya maupun di gerai miliknya di Jakarta Timur malah naik. "Jumlah pesanan saya tahun ini malah naik hingga mencapai 50% ketimbang tahun lalu, kata Andini

Dengan hargajual Rp 20.000-Rp 60.000 per buah. Andini mampu menjual 200 buah mousepad dalam sebulan atau sebanyak 2.400 mousepad setahun. 

Sumber: Harian Kontan
Fahriyadi


Entri Populer