" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Meraih Kesuksesan ala Bajak Laut

Meraih Kesuksesan ala Bajak Laut


>>>Meraih Kesuksesan ala Bajak Laut


Kesuksesan merupakan impian semua orang. Kesuksesan adalah ketika seseorang itu merasa nyaman dan bahagia dalam menjalani kehidupan. Karier, materi-finansial, popularitas, dan lain sebagainya adalah bagian dari kesuksesan, meski semuanya itu tidak bisa dipatok secara mutlak sebagai tolok ukur kesuksesan.

James Marcus Badi dalam buku Tinggalkan Sekolah Sebelum Terlambat; Belajar Cerdas Mandiri dan Meraih Sukses dengan Metode Bajak Laut menawarkan cara yang unik un-.tuk meraih kesuksesan, yakni dengan metode bajak laut.

Bajak laut adalah sebuah komunitas yang terampil dan mandiri. Mereka tidak berada di bawah pengaruh pemerintah mana pun. Mereka adalah orang-orang bebas, yang memperoleh kekayaan mereka dari tanah-tanah yang tidak bertuan.

Sebagaimana bajak laut yang bisa meraih kesuksesan dengan cara yang ekstrem mengumpulkan kekayaan, kita pun bisa menggunakan metode bajak laut tersebut. Bajak laut adalah komunitas yang bebas dan tidak terpengaruh kepada pemerintah mana pun. Hal itu menginspirasi kepada kita bahwa untuk meraih kesuksesan, kita harus menjadi orang yang bebas akan tetapi bertanggung jawab untuk terusmengejar impian kita.

Kurikulum di sekolahan hanya mengajarkan cara berpikir yang terke-kang dan terkesan mendoktrin. Dengan menjadi seorang "bajak laut" yang tidak terpengaruh dari pemerintah (sekolah) mana pun, kita bisa belajar dan mengenyam pendidikan sepuas kita sejauh yang kita inginkan. Namun demikian, kebebasan kita itu juga harus kita sertakan rasa tanggungjawab.

Sebagaimana nasihat lames Marcus Bach yang menyatakan bahwa pendidikan memang penting, tapi sekolah tidak penting. Pernyataan Bach tersebut mengilhami kita bahwa untuk mengenyam pendidikan sebagai jalan kesuksesan itu, tidak harus melalui sekolah.

Ditambah lagi, realitas mahalnya biaya pendidikan formal (sekolah) yang semakin tidak terjangkau olehkalangan rakyat menengah ke bawah. Bahkan, pendidikan formal juga tidak bisa menjamin seseorang itu sukses. Telah tercatat bahwa di Indonesia dalam setiap tahun telah menetaskan beribu-ribu sarjana pengangguran. Bukankan hal itu menjadi bukti bahwa pendidikan formal tidak lagi bisa menjadi jaminan kesuksesan?

Pendidikan tidak harus di bangku sekolah. Semua tempat bisa dijadikan tempat untuk mengenyam pendidikan dan semua waktu juga bisa dijadikan waktu untuk mengenyam pendidikan. Bahkan, siapa pun bisa dijadikan guru untuk mendidik kita. Hal itu senada dengan petuah Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan nasional, "jadikan setiap tempat sekolah dan setiap orang guru"

Metode bajak laut yang ditawarkan oleh Bach tersebut tidak serta-merta tanpa pembuktian. Bach adalah se- orang pelajar yang pernah drop-out dari SMA. Ia lalu belajar otodidak dan bisa merintis karier hingga bisa menjadi manajer di Apple Computer. Bach adalah bukti konkret atas metode bajak laut tersebut.

Melalui buku ini, para pembaca diajak untuk menyelami metode bajak laut yang digunakan sebagai akses menuju kesuksesan tanpa melalui bangku sekolah. Dengan model penu-Usannya yang blak-blakan, nakal, dan liar, namun inspiratif, buku tersebut tampaknya secara serius memotivasi para pembaca untuk meraih kesuksesan dengan belajar cerdas dan mandiri. Hal yang penting adalah bahwa penulis mengajak para pembacanya untuk menjadi bajak laut. Peresensi adalah Supriyadi,staf pembimbing pada Yayasan fili

Sumber: Koran Jakarta
Maksum, Yogyakarta.


Entri Populer