" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausaha Picu Mahasiswa "Drop Out"

Wirausaha Picu Mahasiswa "Drop Out"


 >>>Wirausaha Picu Mahasiswa "Drop Out"

Kewirausahaan yang dikembangkan di Perguruan Tinggi, ternyata memicu mahasiswa untuk drop out. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) banyak mahasiswa yang berhasil menjadi wirausaha malah putus kuliah.

Rektor ITS Priyo Suprobo mengaku prihatin dengan mahasiswa yang drop out karena berwirausaha. Di satu sisi, dia mengungkapkan minat berwirausaha sangat kuat di kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang sukses dengan berwirausaha. Bahkan ketika masih semester enam, mahasiswa sudah memiliki perusahaan sendiri.

"Karena punya penghasilan yang tinggi, mahasiswa banyak yang akhirnya drop out," kata Priyo di sela-sela Ikatan Alumni Institut (KA ITS), di Jakarta, Rabu (23/6). Gejala drop out itu terbanyak pada mahasiswa jurusan Desain Produk. Sekitar 2 persen dari 800 mahasiswa Desain Produksi drop out. "Ada mahasiswa yang tinggal menyusun tugas akhir, tapi akhirnya drop out. Hal ini sangat mencemaskan karena kami tidak ingin mahasiswa meninggalkantugasnya menuntut ilmu, tapi sekaligus kami juga bangga karena mereka sukses berwirausaha," jelas Priyo.

Priyo mengatakan, ketika mahasiswa menjadi seorang wirausaha menjadi sangat kreatif. Ada mahasiswa yang mampu mendapatkan penghasilan US$ 10.000/bulan dengan memanfaatkan teknologi informatika (TI)untuk menjual produk. Dia menegaskan, pihaknya tidak menginginkan mahasiswa berhenti kuliah karena bisnis. Bahkan, universitas sudah meminta kerja sama dengan orang tua agar para mahasiswa melanjutkan kuliah meski sukses.

Kewirausahaan menjadi salah satu mata kuliah wajib di ITS. Tujuannya untuk mengembangkan jiwa kewirusahaan dikalangan mahasiswa karena teknologi tidak bisa lagi berdiri sendiri, tapi harus dipadukan dengan ekonomi. Mahasiswa yang mengembangkan kewirausahaan diberi modal oleh pihak universitas. Namun, mahasiswa harus membuat proposal dan proposal yang lolos seleksi diberi modal. Pendanaan di antaranya berasal dari alumni ITS dan pemerintah.

Entri Populer