" Status YM ""
ukm indonesia sukses

Berbisnis Jasa Antar Jemput

30/10/2011
Berbisnis Jasa Antar Jemput

NERACA. Harapan keselamatan dan kenyamanan selama sibuah hati menjalani aktifitasnya bersekolah, tentu dambaan setiap orang tua, termasuk ketika menempuh rutinitas pergi dan pulang sekolah. Tak sedikit orang tua dibanyak kota besar memanfaatkan layanan antar jemput sekolah sebagai solusi praktis.

Fasilitas antar jemput bagi anak sekolah maupun karyawan memang menjadi pilihan alternatif bagi sebagian masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mengantar atau menjemput putra-putrinya sekolah, begitu pun dengan bagi karyawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau malas berangkat sendiri. Menggunakan fasilitas anggutan umum bisa jadi sebuah solusi, namun untuk mendapatkan kenyamaan dan keamanan belum tentu Anda raih.

Inilah realitas yang dapatdipetik sebagai peluang bisnis jasa kita. Selain menguntungkan, pengelolaan bisnis antar jemput terbilang mudah. Hanya dibutuhkan perawatan mobil dengan jam kerja cukup dua kali sehari, yakni ketika saat berangkat dan pulang kerja atau sekolah.

Berbisnis jasa layanan antar jemput memang terbuka lebar, termasuk bagi Anda yang sudah memiliki perkerjaan tetap. Bila Anda memiliki kendaraan (mobil), dan tinggal didaerah tertentu. Anda dapat memulainya dengan mengantar beberapa teman atau orang yang cukup Anda kenal untuk sekaligus diantar seiring Anda menuju rute pulang. Tanpa Anda rasakan, rutinitas Anda dalam bekerja, nyatanya justru menghasilkan keuntungan. tambahan dengan antar jemput sepanjang rute perjalanan Anda dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Tentu saja bila Andamengelola usaha antar jemput sendiri, fisik dan rutinitas pekerjaan Anda memang sudah terukur, karena Anda mengemudikan sendiri tanpa menyewa supir, maka ketepatan waktu pergi maupun pulang kerja menjadi faktor penting dalam menjalankan usaha sampingan antar jemput ini.

Langkah awal menggeluti bisnis ini, tentu Anda harus memiliki kendaraan. Untuk sebagai pebisnis, kendala kendaraan dapat diminimalisir dengan cara membeli kendaraan second (bekas) yang laik jalan. Hal lain adalah berkomunikasi dengan baik, kebersihan mobil dan perawatannya, serta wewangian dan musik khas anak. Jika pihak sekolah masih memerlukan armada lagi, kita harus menambah mobil kita dan menawarkan kembali kepada sekolah. Mendapat mobil ini bisa dengan cara kredit atau tunai, tergantung kondisi keuangan kita

Sedangkan untuk mempromosikannya. Anda dapat menggunakan brosur yang disebarkan pada kawan sekerja atau para orangtua murid pada waktu tertentu. Misalnya untuk promosi karyawan, kita dapat menawarkan ke kantor-kantor ataupun perusahaan yang memilki banyak pekerja seperti pabrik, termasuk ketika makan siang, sedangkan bila bidikan pelanggan Anda adalah kalangan Anak sekolah, momen penerimaan rapor dan penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah, bisa jadi waktu yang tepat.

Dalam menjalankan bisnis jasa, juga dibutuhkan adanya strategi pemasaran. Namun sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, perlu diperhatikan bahwa strategi pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran bisnis yang menyediakan produk atau barang.

Bisnis jasa lebih cenderung memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.beberapa cara pemasaran jasa yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen menjadi pemasaran paling tepat bagi bisnis jasa. Kenyamanan, solusi tepat, pelayanan prima, dan keramahan karyawan menjadi kunci sukses bisnis jasa.menawarkan bisnis jasa antar jemput ini, harus kita jelaskan keuntungan yang dapat diberikan. Misalnya jika menggunakan jasa ini dengan sedikit tambahan uang transportasi dari biasanya, mereka tidak perlu terburu-buru mengantar jemput anak sekolah, dan bagi karyawan tidak perlu menunggu angkutan umum dan tersedia tempat duduk yang nyaman.

Kita juga dapat menjalin kerjasama dengan pihak sekolah ataupun perusahaan dengan mengajukan proposal. Agar makin banyaknya pelanggan yang menggunakan jasa kita, jangan hiraukan kebersihan, kenyamanan, dan fasilitas berupa musik bahkan menjalin komunikasi yang baik kepada penggunajasa kita. Bila perlu berikan harga discount baqi pelanggan lama

Target konsumen jasa antar jemput anak sekolah bisa dimulai dan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya anak-anak tetangga, lalu bisa juga teman-teman sekolah anak Anda. Pastilah para orang tua anak-anak ini antusias dengan penawaran jasa antar jemput Anda. Apalagi mereka sudah mengenal Anda dengan baik, jadi tidak ragu lagi menitipkan anaknya pada Anda.

Dengan memberikan jaminan keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu antar jemput bisnis ini memiliki prospek yang baik terutama untuk keluarga yang anak-anaknya bersekolah jauh dari tempat tinggalnya dan bagi para keluarga yang suami istri bekerja dan tidak memiliki kendaraan keluarga untuk antar jemput putra-putrinya sekolah, (ade)

Sumber: Harian Neraca

Menyandingkan hobi bisnis

30/10/2011
Menyandingkan hobi bisnis

 
Mengutip pepatah lama, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, maka hobi akan jauh lebih bernilai jika tidak hanya jadi sarana refreshing, tetapi juga bisa membawa dampak positif untuk bisnis. Nilai lebih itu juga yang disukai oleh Finance Division Manager PT Asuransi Tri Pakarta Moh. Hamdan dari hobi barunya* yaitu bermain golf.

Setiap bulan, insan perasuransi berkumpul untuk mengikuti turnamen golf bersama. Para pemangku kepentingan atau stakeholder bisnis pelayanan jasa proteksi dan perlindungan di Indonesia dapat mengikuti setidaknya 11 turnamen dalam setahun yang diselenggarakan oleh Persatuan Golf Asuransi Indonesia.

"Saya bisa tahu banyak informasi perkembangan bisnis asuransi terkini ketika di lapangan golf. Bahkan juga kerja sama berbagi bisnis," ujarnya.Awalnya Hamdan mengaku aktif main golf untuk keperluan pekerjaan. Namun seiring waktu, dia pun jatuh cinta pada olahraga ini. Namun, kesukaan Hamdan pada kegiatan golf tetap saja tidak dapat menghapus ke-cintaannya pada bermain musik. Setiapakhir pekan, ayah dua anak ini selalu menyempatkan diri memainkan salah satu koleksi gitarnya.

Baginya, hobi ibarat oase yang memberikan kesegaran di tengah rutinitas pekerjaan. Menurut Hamdan, jika meng-ungkung diri dengan pekerjaan tanpa sempat melakukan hobi, akan membuat hidup menjadi membosankan. "Makanya, hobi itu penting."

Sumber: Bisnis Indonesia


Peluang Bisnis Kuliner Kafe Perpustakaan

28/10/11
Peluang Bisnis Kuliner Kafe Perpustakaan


Kafe tak lagi sekadar tempat nongkrong. Kafe bisa juga menjadi tempat menimba ilmu pengetahuan. Kafe-kafe ini muncul di Cimahi dan Surabaya. Selain menyediakan aneka kudapan nan lezat, di kafe ini juga punya koleksi buku pelajaran dan buku pengetahuan populer.

Jika Anda merasa bosan belajar sendiri di rumah, tak ada salahnya belajar sambil nongkrong di kafe. Lo, kok? Ya, di Cimahi dan di Surabaya, ada kafe yang tak sekadar memanjakan perut, tapi juga mengasah otak.

Kafe itu akrab disebut dengan kafe perpustakaan. Selain menyediakan aneka kudapan lezat seperti laiknya sebuah kafe, di sini juga tersedia aneka buku pelajaran sekolah atau buku-buku sekadar untuk menambah pengetahuan.

Lihat saja aktivitas Kafe Kupu-Kupu di Cimahi, Jawa Barat. Kafe yang mengusung konsep perpustakaan ini didirikan oleh Yayuk Sri Wahyuni pada 2009 silam.

Yayuk punya dua alasan membuka usaha kafe perpustakaan itu. Pertama, dia ingin menyajikan hidangan yang lezat. Kedua, Yayuk juga ingin menjamu tamu kafenya dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. "Dua rasa lapar yang kami layani di kafe, lapar perut dan lapar pengetahuan," klaim Yayuk.

Latar belakang pengunjung Kafe Kupu-kupu itu beragam, mulai dari anak sekolahan sampai keluarga. Nah, bagi keluarga yang datang bersama anak-anak, Yayuk juga sudah menyediakan sarana bermain. "Mereka bisa bermain saat orang tua mereka makan atau membaca," jelas Yayuk.

Sama seperti kafe lainnya, kafe milik Yayuk itu juga menyajikan aneka makanan yang mengundang selera. Di sini ada sajian nasi timbel, nasi goreng, cap cay hingga makanan ala barat seperti steik dan pasta.

Soal harga makanan juga relatif terjangkau, mulai dari harga Rp 3.000 hingga yang termahal hanya Rp 38.000 per porsi, tergantung pesanannya. Untuk minuman tersedia aneka soft drink, dan juga teh, kopi, jus, milk shake, dan sebagainya.

Karena mengusung konsep perpustakaan, Yayuk tentu menyediakan aneka buku bacaan, mulai buku pengetahuan anak, buku sosial, buku politik, dan juga buku tentang filsafat. "Konsumen yang datang, gratis membaca buku yang kami sediakan tapi tidak boleh dibawa pulang," terang yayuk.

Selain menyediakan buku, Kafe Kupu-kupu itu juga menyediakan fasilitas wi-fi alias internet gratis yang bisa dimanfaatkan pengunjung kafe sepuasnya. Berkat usaha ini, Yayuk mampu mendulang omzet minimal sebesar Rp 50 juta saban bulan.

Selain di Cimahi, di Surabaya juga ada kafe perpustakaan bernama Magnet Zone Bookstore and Kafe. Kafe itu sudah melayani pelanggan sejak 2007 silam. Selain memiliki sajian ala kafe, Magnet Zone Bookstore and Kafe menyediakan aneka ragam buku dan menyediakan tempat seminar serta mini theater.

Untuk mendatangkan pengunjung, pihak pengelola juga rajin mengadakan pameran, bedah buku, dan bedah film. Selain itu kafe sering dijadikan lokasi talk show, diskusi interaktif, hingga perlombaan menulis, menggambar, dan juga parade musik.

"Banyak kegiatan membuat pengunjung tidak bosan untuk datang," terang Nurholis, Kepala Keuangan Magnet Zone Bookstore and Kafe. Selain menyediakan buku bacaan gratis, Nurholis juga menjual buku-buku terbitan terbaru dengan harga diskon. "Tempat kami tak hanya menarik bagi pecinta buku saja, tapi bagi mereka yang ingin berkarya dan menambah pengetahuan," imbuh Nurholis.
Sayangnya, dia enggan menyebut besar omzet yang didapat dari Magnet Zone saban bulannya.

Sumber : Harian Kontan
(Dea Chadiza Syafina, Ragil Nugroho/Kontan)


Entri Populer