" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Panduan Cara Merawat Baglog Jamur

Panduan Cara Merawat Baglog Jamur

Bila baglog yang ada di ruang inkubasi sdh memutih 100 % atau sudah diselimuti miselium sampai ke dasar baglog, maka baglog siap untuk di pindahkan ke rumah atau ruangan pertumbuhan jamur atau disebut kumbung jamur.

Tahapan kerja sebelum kumbung di isi baglog adalah :

Bersihkan seluruh ruangan dari segala kotoran baik berbentuk sampah maupun sarang binatang (misalkan sarang laba-laba).Siram seluruh ruangan dengan air baik dinding, lantai maupun rak rak penyimpanan baglog.Bila memungkinkan steril area ruangan mempergunakan cairan formalin atau sejenisnya. Dengan cara disemprot atau dispray. Tujuannya agar ruangan benar benar steril (bersih dari segala penyakit yang akan timbul pada pertumbuhan jamur).

Diamkan 1 x 24 jam atau 2 x 24 jam sampai bau formalin atau bau obat hilang.Proses pemindahan baglog dari ruang Inkubasi ke ruang pertumbuhan jamur (kumbung) Tata penempatan baglog sedemikian rupa di rak rak yang sudah disediakan dengan tujuan agar rapih, mudah memeriksa baglog dan mudah pada waktu panen jamur.

Pada fase ini, mulailah pekerjaan pembesetan atau pembukaan bagian atas baglog dengan cara dilepas karet yang mengikat dan sobek plastiknya, sehingga akan terlihat permukaan baglog.Tiap hari lakukkan spary permukaan baglog, sehari 2 x (pagi dan sore), lihat kondisi cuaca bila suhunya panas bisa 3 x sehari. Lantai ruangan dan dinding siram pakai air agar suhu ruang menjadi dingin dan lembab.

Dalam hitungan paling lama 2 minggu pinhead akan bermunculan dipermukaan baglog.
Pinhead mulai tampak dipermukaan baglog`Bila batang dan daun jamur sudah membesar, pada waktu spray usahakan jangan sampai kena air karena akan menambah kadar air pada jamur yang mengakibatkan warna menjadi kekuning-kuningan dan kwalitas jamur akan menurun (cepat busuk). Bila kondisi sdh seperti ini, rawat dan jaga suhu ruang agar tetap dingin dan lembab dengan cara lantai ruang selalu disiram dengan air agar tetap basah termasuk dinding-dindingnya.

Ciri ciri jamur yang siap panen adalah ujung daun jamur sudah tidak melengkung kebawah tetapi sudah mendekati ke datar. Segera petik jamur tsb dan habiskan seluruh jamur yang ada di permukaan baglog, jangan sampai ada yang tersisa termasuk akar-akar jamur (benar-benar bersih). Jamur akan tumbuh lagi dari baglog sekitar 20 hari setelah dipetik. Jumlah pertumbuhan jamur dalam 1 baglog bisa sampai 4 kali dan hasil jamur akan mencapai 0,60 kg dalam satu kali periode.

Sumber: http://kecamatankaranggede.blogdetik.com/


Entri Populer