" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kenali Kunci Bisnis Bengkel

Kenali Kunci Bisnis Bengkel

15/10/2011
Kenali Kunci Bisnis Bengkel


USAHA bengkel sepeda motor merupakan jenis usaha yang masih bisa bertahan Luna. Konsultan Wirausaha dan Praktisi Bisnis, Khoerussalim melihat, prospek usaha ini masih akan cerah hingga 20 tahun mendatang. Maklum, angka penjualan sepeda motor naik fantastis dah tahun ke tahun. Jutaan sepeda motor ini tentu saja membutuhkan perawatan dan perbaikan di bengkel.

Meski begitu, Khoerussalim tetap menggarisbawahi, sukses tidaknya pengusaha bengkel bergantung pada kemampuan si pemilik bengkel berinovasi dan memperbaiki layanannya. Usaha ini justru gampang ambruk bila manajemen perusahaan serta pengelolaan sumber daya manusianya lemah.

Kunci bisnis bengkel terletak pada kualitas jasa dan pelayanan. Jika konsumen tidak merasa nyaman lagi atas jasa yang diterimanya dari bengkel, bisa jadi mereka akan berpaling ke bengkel yang lain. "Jika layananhaik, konsumen pun banyak berdatangan," kata Khoerussalini.

Kualitas dan kemampuan mekanik juga hal yang amat penting dalam bisnis ini. Selain itu, keberhasilan bisnis ini harus ditunjang dengan kemampuan pengusaha baik mitra maupun terwaralaba untuk terjun mengembangkan usaha bengkel ini. Mereka harus berperan aktif untuk mengetahui karakter konsumen.

Pengusaha pun harus bermental kuat. Meski hanya peniheli imm-hisr ataupun kemitraan, inereka harus limit terlibat secara mendalam dan memiliki kontrol usaha yang baik. Itu menjadi kunci keberhasilan bisnis bengkel. Bisnis ini terhitung bisnis yang mudah dalam pengelolaan dan membutuhkan modal yang tidak begitu besar. Hasilnya akan lebih baik lagi, jika pengusaha terjun secara tekun dan serius dalam bisnis ini," tutur Khoerussalim.

Sumber : Harian Kontan

Entri Populer