" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Lebaran Menopang Penjualan Peritel Selama Setahun

Lebaran Menopang Penjualan Peritel Selama Setahun

05/09/2011
Lebaran Menopang Penjualan Peritel Selama Setahun


JAKARTA. Tradisi mengenakan pakaian baru saat Lebaran berhasil mendongkrak penjualan ritel department store (depstore). Yongky Suryo Susilo, Direktur Layanan Peritel The Nielsen Company Indonesia, mengungkapkan, penjualan fesyen selama Ra-madan-Idul Fitri tahun ini meningkat sebesar 300% dari bulan-bulan sebelumnya.

Peningkatan ini menjadi penopang utama untuk penjualan ritel modern yang ditargetkan tumbuh 12%-13% tahun ini. Target pertumbuhan penjualan ritel moderntahun ini lebih tinggi ketimbang peningkatan penjualan ritel modem tahun lalu yang sebesar 11% hingga 12%.

Menurut Yongky, penjualan fesyen di ritel modem sebetulnya sudah meningkat sejak dua bulan sebelum Lebaran. "Selain karena tradisi Lebaran, peningkatan penjualan ini karena peritel gencar melakukan promo," kata Yongky kepada KONTAN, Minggu (4/9).

Peningkatan ini pun, lanjut Yongky, tak lepas dari daya beli masyarakat yang meningkat dan nilai tukar rupiah yang membaik. Salah satu depstore yang menikmati peningkatan penjualan pada musim Lebaran tahun ini adalah PT Mitra Adi-

Targetpertumbuhanpenjualan ritelmodern tahun inilebih tinggi.perkasa Tbk (MAPI). Hingga kini, MAPI mengelola beberapa depstore yakni Deben-hams, Seibu, Sogo, Java, dan Lotus. Depstore di bawah kendali MAPI ini menawarkan produk untuk segmen kelas menengah atas.

Fetty Kwartati, Hubungan Investor MAPI, mengatakan, sepanjang Ramadan-Idul Fitritahun ini, penjualan depstore MAPI meningkat rata-rata 20%. "Peningkatan ini disebabkan daya beli masyarakat yang meningkat," kata Fetn

Direktur Ramayana, Setyadl Surya juga mengamini lonjakan penjualan selama Lebaran. Ia memperkirakan, penjualan Ramayana di bulan Ramadan-Idul Fitri akan naik 50% dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya "Dengan membidik segmen konsumen menengah ke bawah, Ramayana bisa menikmati pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ritel modem yanglain," kataSetyadi.
Selain itu, pertumbuhan penjualan Ramayana ditopang oleh beroperasinya empat gerai baru. Keempat gerai baru mi tersebar Padalarang, Garut, (iresik. dan Kediri

Sumber: Harian Kontan
Monito Novena, Sofyan Nur H


Entri Populer