" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sukses dari Usaha Suvenir Pernikahan

Sukses dari Usaha Suvenir Pernikahan

09/08/2011
Sukses dari Usaha Suvenir Pernikahan

Nia Febriana memang bercita-cita menjadi pengusaha dibandingkan menjadi pegawai perusahaan. Dengan membangun usaha sendiri, dia yakin potensi yang dimilikinya bisa maksimal. Dengan menekuni usaha di bidang pembuatan suvenir dan seserahan pernikahan, ia bisa meraup omzet hingga Rp 140 juta per bulan.

YSIA Nia Febriana memang masih tergolong muda Ia lahir pada 22 Februari 1983 di Kudus, Jawa Tengah. Namun, di usia yang masih muda. Nia sukses menekuni bisnis pembuatan suvenir pernikahan dan tas ramah lingkungan di bawah naungan CV Griya Souvenia di Jakarta.

Nia sudah merintis usahanya itu sejak 2005 lalu. Kini pangsa pasar Nia sudah lumayan luas. Bisnis suvenir Griya Souvenia sudah merambah berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, dan Bandung. Bahkan Griya Souvenia juga telah memiliki satu cabang di Palembang, Sumatera Selatan. Dengan menjual produk suvenir dan jasa rangkai dan hias pernak-pernik pernikahan. Nia mampu memperoleh omzet lebih dari Rp 140 juta per bulan.

Usaha milik Nia memang fokus pada pembuatan suvenir pernikahan, seperti untuk seserahan dan niahar. Menurut Nia, bisnis yang terkait pernikahan memiliki prospek bagus. "Apalagi saya memang lahir dari orang tua yang memiliki latar belakang rias pengantin," katanya.

Agar bisa bersaing dengan produk sejenis. Nia berusaha niiiuiptakan produk yang unik dan ekskulusif. "Kami membidik konsumen yang sangat peduli terhadap momen spesialnya" ujarnya Dengan memberikan suvenir yang cantik dan unik. Nia berharap, para tetamu iH-mikahan menjadi terkesan.

Agar variatif, setiap bulannya Souvenia menampilkan berbagai macam produk wedding souvenir baru. Bahan baku yang dipakai mulai dari kain hingga kayu. Dari bahan kain, Nia membuat tas, tempat pensil, toilet case, tempat tisu, dan lain-lain.

Sedangkan dari bahan kayu. Nia membuat berbagai macam miniatur, seperti miniatur becak, vespa, mobil VW, dan mobil kuno. Juga bentuk lain, seperti tempat pensil, tempat foto, serta kartu nama Agar pelanggan puas, Souvenia juga memberikan layanan gratis packing plastik, pita, dan kartu ucapan terimakasih. "Bagi saya, kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar," tegasnya Pengusaha yang baik harus mampu membaca kecenderungan pasar.

Tak hanya menyediakan suvenir pernikahan. Nia juga melayani jasa rias seserahan dan mahar. Memadukan ketrampilan merangkai dan jiwa seni, membual Nia mampu menyulap mahar uang menjadi terlihat cantik dan mewah dengan tamba han hiasan bunga dan box mika

Selain itu. Nia juga menyediakan jasa merangkai dan menghias seserahan pakaian dengan biaya dan produkseserahan yang ditawarkan. Nia mengaku mendapat kan klien minimal I" orang dalam sebulan. Tiap klien memesan minimal 5-16 kotak seserahan selain produk yang lain.

I ntuk mengembangkan usaha mulai 2008 lalu, Nia juga membuat tas ramah lingkungan berharga Rp 2.000 hingga Rp 50.000 per Seperti juga bisnis pernikahan, saat ini kecenderungan akan produk ramah lingkungan juga semakin meningkat. Modal utama seorang pengusaha adalah kemampuan membaca kecenderungan pasar," katanya

Nia memang sedari awal bercita-cita untuk menjadi IHngusaha. Lulusan Sekolah Tinum Teknik (STT) Telkom ini mengaku menjadikan profesi pengusaha sebagai pilihan pribadi. Meh karena itu. "4-jak lulus kuliah tahun -Hi", ia langsung merintis usaha pembuatan suvenir

Nui sendiri ogah menjadi karyawan dan lebih memilih membangun usaha sendirika lapangan kerja
Selain itu. dengan menjadi pengusaha Nia mengaku tisa memaksimalkan potensi kreati\ iias ymg belum tentu bisa maksimal suai bekerja di sebuah perusahaan. ieia berkreasi dan mencip takan produk-produk baru, ujarnya

Keinginan Nia membuka lapangan kerja pun terwu Saat ini dia telah mempe] jakan 13 pegawai I i Jakartailan i di Kudus.

Jawa Tengah. Selain itu, dia juga mempekerjakan 13 pegawai lepas ih Kudus untuk membual suvenir.Tanggungjawab sebagai seorang pemimpin usaha turut memacu Nia untuk melakukan yang terkuk lebih besar lagi, menurut akan memberikan manfaat besar bagi orang lan orang--mu11; any menjadiikanmengalami peningkaian .ihlaraan.


Sumber : Harian Kontan
Ragil Nugroho


Entri Populer