" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Perlu Pengembangan Rasa dan Wilayah

Perlu Pengembangan Rasa dan Wilayah

20/08/2011
Perlu Pengembangan Rasa dan Wilayah

UNTUK bisa bertahan di bisnis makanan, selain perlu inovasi terus menerus, pengusaha juga harus insa paham dan mampu menyesuaikan menu dengan lidah konsumen. Erwin Halim, pengamat waralaba dari Proverb (insulting, mengatakan, pizza yang dijual di Tanah Air telah beradaptasi dengan selera lokal. "Tak heran jika banyak konsumen yang tertarik mencicipi nixi pizza ini," katanya.

Agar pelanggan tak bosan, pengembangan rita rasa wajib hukumnya. Ia menyarankan untuk mengkombinasikan pizza dengan panganan lain seperti burger dan kentang. "Itu lebih masuk akal," ujarnya.Selain rasa, image pizza sebagai makanan kelas resto, juga membuat masyarakat tergi ur dan tak mau ketinggalan terjun di usaha ini. Hanya saia, menurutnya, peningkatan jumlah mitra bukan menjadi indikator usaha tersebut sukses. Tolok ukur keberhasilansebuah usaha waralaba atau kemitraan ada lali jika penjualannya sesuai yang diharapkan. "Mempertahankan omzet jauh lebih penting dibanding memacu jumlah mitra sebanyak-banyaknya," katanya.

Mengusung konsep pizza murah, kata Erwin memiliki sisi positif dan negatif Dengan konsep itu, maka citra sebagai pizza kelas bawah akan melekat sehingga akan menghambat usaha tersebut naik kelas ke level yang lebih tinggi. Untuk bisa berhasil naik kelas dan meningkatkan segmen pasar, diperlukan pencitraan ulang yang jelas waktu yang lama

Selain itu, dia menyarankan agar pebisnis pizza mau mengeksplorasi kota-kota besai yang bisa menjadi pasar potensiaJ pizza. Se-bab, di beberapa kota, menu pizza masih menjadi sajian restoran besar. Di sini, pengusaha bisa masuk ke segmen yang lebih r udah. 

Sumber : Harian Kontan


Entri Populer