" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Klinik dan Penitipan Hewan Peliharaan

Klinik dan Penitipan Hewan Peliharaan

19/08/2011
 Klinik dan Penitipan Hewan Peliharaan

Laba Usaha Penitipan Hewan Piaraan Menjulang Menjelang Lebaran
Tersedianya jasa penitipan hewan tentu memudahkan pemudik yang ingin pulang kampung tanpa merasa khawatir dengan hewan piaraannya. Itulah sebabnya, omzet jasa penitipan dan klinik hewan melonjak saat menjelang Lebaran. Bahkan, banyak tempat penitipan telah di-booking jauh-jauh hari. Di tempat penitipan ini, kebersihan dan kesehatan bakal terjamin.

LEBARAN sebentar lagi tiba Bagi sebagian besar warga muslim, lebaran berarti juga waktu untuk mudik ke kampung halaman. Namun kebahagiaan saat lebaran akan terusik jika binatang peliharaan terlantar di saat nnn.Ji kosong.

Tak perlu khawatir. Saat nu. banyak pebisnis yang menawarkan jasa penitipan hewan piaraan. Tak hanya in. nvrwakan tempat ataupun kandang hewan, usaha penitipan ini juga akan merawat dan memberi makan hewan tersebut.

Salah satu tempat yang menawarkan penitipanhewan berada di Cyantung, Jakarta Timur. Usaha penitipan hewan itu bernama Anyelir I. Selain jasa penitipan. Anyelir juga menyediakan jasa klinik dan salon hewan.

Klinik dan salon hewan milik dokter hewan Ida Sunar Indarti berdiri sejak 1990 lalu. Dengan daya tampung 70 hewan, tempat ini selalu penuh menjelang mudik lebaran.

Bahkan di bulan Ramadan, dari 70 kandang yang tersedia, setengahnya sudah di-booking pelanggan untuk penitipan mulai H-l lebaran. Saat ini pun telah ada saiu ekor anjing dan kucing yang telah mendiami penitipan ini. Ida mengaku, selama 21 tahun menjalankan usaha ini. lebaran adalah saat panen jasa penitipan.

Sedangkan di hari-hari biasa. Ida mengaku, hanya salon yang laris kedatangan hewan. Sedangkan jasa
Tak hanya makan dan tempattinggal,keseharian juga diperhatikan.penitipan hanya terisi 20% sampai 30% dari seluruh kapasitas kandang.

I muk jasa penitipan ini. Ida mengutip biaya Rp 50.000 sampai Rp 70.000 per hari untuk kucing, burung dan kura-kura. Sedangkan untuk kelinci tarifnya Rp 100.000 per hari, dan anjing dan kera Rp 100.000 sampai Rp 125.000 per hari.

Namun demikian. Ida ogah mengungkapkan omzet usahanya ini. Dia hanya memberi gambaran, kalau semua kandang penuh terisi, duit puluhan juta pasti masuk ke pundi-pundinya Sebab, rata-rata penitipan hewan ituminimal selama tiga hari.

Omzet bisa Iebih tinggi kalau pelanggan membawa kandang sendiri untuk hewan yang akan dititipkan. Ida mengaku tempat usahanya itu sebenarnya mampu menampung 20 kandang atau total sebanyak 90 kandang.

Menurut Ida, biaya penitipan itu lumayan mahal karena setiap binatang yang dititipkan akan mendapat perawatan 24 jam penuh oleh 12 karyawan yang berpengalaman dengan pengawasan dua dokter hewan.

Tak hanya memenuhi kebutuhan makan dan kandang, keseharian hewan piaraan itu juga diperhatikan. Kita tetap mempertahankan pola keseharian binatang tersebut, termasuk pola makannya, agar mereka tetap merasa nyaman," kata Ida

Oleh karena itu, sebelum binatang dititipkan pemiliknya, terlebih dahulu ada konsultasi mengenai kebiasaan hewan peliharaan. Hal ini akan sangat bermanfaat karena menghindari stress pada hewan.
Yang lebih penting lagi, kebersihan kandang dan kesehatan hewan serta akti\i-tas binatang juga diperhatikan. Begitu juga dengan penyisiran bulu hewan, juga aktivitas jalan pagi dan sore hari untuk anjing.

Tak hanya itu. Ida juga menyediakan fasilitas antar-jemput serta pemeriksaan hewan secara privat. Dengan antar jemput ini, maka pemilik tidak perlu repot-repot datang ke klinik.Dokter hewan akan datangsatu kali dua minggu untuk memberikan pelayanan salon hewan juga mensuplai bahari makanan dan vitamin.

Selain Anyelir I, Klinik Hewan Laras Satwa Boulevard di Tanggerang, Banten, juga kebanjiran order saat menjelang lebaran. "Lebaran memang momen untuk orang-orang menitipkan hewan karena mudik," kata Widi Nurhidayanti, manager Klinik Hewan Laras Satwa

Berdiri sejak 2005, dari 100 kapasitas kandang yang tersedia saat ini 75% telah dipesan. Jumlah itu melonjak dibanding hari-hari biasa yang hanya sekitar 30 kandang per bulan.

Widi mengatakan, sebagian besar hewan piaraan yang dititipkan adalah kucing dananjing. Walau sebenarnya, klinik itu menerima penitipan semuajenis hewan piaraan. Menurut Widi, kliniknya tersebut telah menjadi langganan warga Bumi Serpong Damai!.sli,

Dengan lonjakan permintaan jasa penitipan, jika biasanya omzet per bulan hanya mencapai Rp 3 juta, menjelang lebaran ini omzet bisa ineleniing hingga Rp 15 juta selama sebulan.

I umk memenuhi permintaan jasa penitipan. Widi juga menyediakan paket-paket khusus bagi para konsumen. Paket pertama adalah paket ekonomi dengan tarif Kp 45.000 per malam.i muk paket ini hewan mendapat \it;uumdan perawatan kebersihan namunmakanan disediakan pemilik.

Paket kedua adalah paket premium dengan hiaya Rp 50.000 per hari. Dengan pake) ini pelanggan sudah lni menitipkan hewan mereka di kandang yan dik-lakan dj tempat berpendingin atau v Selain itu hewan titipan juga akan dirawat dan dimandikan, diberi vitamin, dan tentu saja makanan.

Sedangkan paket ke tiga adalah paket supef dengan tarif Rp 65.000 per malam. ( Milik pake! mi. hewan piaraan akan mendapat makanan berimaUtaB dan vitamin. Selain dimandikan. hewan peliharaan juga mendapat layanan salon hewan berupa |,inifingan kuku, bedak antikutu, dan tambahan vitamin. 


Sumber : Harian Kontan
Dea Chadiza, Bambang Rakhmantoa


Entri Populer