" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bermimpi Punya Bisnis Kargo Udara

Bermimpi Punya Bisnis Kargo Udara

20/08/2011
Bermimpi Punya Bisnis Kargo Udara

Meski sibuk jualan bra, Jefri Van Novis tidak pernah mengabaikan kuliah. Bahkan, sesibuk apapun, Jefri masih menyempatkan ikut kursus Bahasa Inggris. Berkat ketekunannya itu pula. Jefri hanya butuh waktu 3,5 tahun untuk menyelesaikan kuliah dan menyandang gelar sarjana ekonomi.

PELAN tapi pasti, usaha . jualan bra dan pakaian dalam Jefri berjalan mulus, li tengah-tengah tugas kuliahnya li Fakultastu.mi I niversiias Andalas H nand) Tak ada kata malu di benak Jefri imtuk menjalankan usaha itu. Bahkan diajuga tak sungkan mengusung bra dari pasar ke kampus dan menjualnya ke teman-teman kuliah perempuan.

Bahkan, lantaran selalu bergelut denaun bra, Jefri bahkan dijuluki si toke BH, artinya juragan bra, oleh teman kampusnya

Tak hanya itu julukan Jefri. Para pelanggannya di Pasar Raya Padang malah menjuluki dia "depkolektor", maksudnya tii collector atau tukang ianili utang atau "sil;iikat pencabut nyawa".

Kedua julukan itu disematkan kepada Jefri karena ialalu mengunjungi pedagang setiap pekan untuk mengutip liasil penjualan. "Pelanggan saya adalah pedagang yang ada di pasar," jelas Jefri.Dalam mendistribusikan bra kepada pedagang itu, Jefri mengutip laba Rp 3.000 per lusin, dengan harga sainan antara Rp 15.000 hingga Rp 18.000. "Keuntungan dari penjualan bra ini cukup inggi," kata Jefri.

Dalam sepekan Jefri mampu menjual 100 sampai 200 lusin bra kepada para pedagang pakaian dalam di Pasar Raya Padang tersebut. Atau dalam sepekan Jefri mampu mendapatkan omzet hingga sebesar Rp 18 jutasampai Rp 36 jula."Keuntungan usaha ini mampu memenuhi kebutuhan kuAah dan hidup saya sehari-hari," terang Jefri.

Meskipun sibuk berbisnis, idii tetap menomorsatukan kuliahnya. Balikan, dia masih sempat ikut kursus bahasa Inggris. Ibaratnya, Jefri sudah tidak punya waktu buat "menyenangkan dirinya sendiri.Balikan, di waktu senggang pun, dia masih saja berurusan dengan usaha pakaian dalamnya itu. Seringkali Jefri menolak ajakan teman sekanipus untuk berkegiatan, meski itu sekadar bermain bola "Waktu muda saya memang banyak saya korbankan," kenang Jefri.

Perjuangan Jefri memang tak sia-sia Berkat ketekunannya, dia berhasil menyelesai-"Pelanggan sayaadalah pedagangyang ada dipasar," jelas Jefri.kan kuliah hanya dalam waktu 3,5 tahun saya "Ini berkat bra," ujar Jefri, serius. Jefri mengaku, dia menuliskan tugas akhir atau skripsi-nya mengenai seluk beluk berjualan bra. "Judulnya, faktor yang mempengaruhi pemuatan produk Bonita Underwear di Sumatera Barat," ujarnya

Setelah lulus, Jefri sempat bingung kalau mengingat pesan sang ibu yang menginginkan Jefri jadi pegawaikantoran. "Ibu ingin anaknya bekerja di bank," terang Jefri.

(.ntuk melaksanakan amanah sang ibu, Jefri pun sempat mengajukan lamaran kerja ke bank. Namun, setiap lamaran kerja yang terkirim tak kunjung terbalas. "Akhirnya saya putuskan berdagang," terang Jefri.

Nah, setelah lulus kuliah itu, Jefri pun badik ke Pasar Aur Kuning di Bukittinggi untuk membantu kakaknya yang juga penjual pakaian -dalam., Namun demikian, Jefri tak pernah melupakan cita-citanya untuk menjadi pengusaha. Karena itu, setelah dirasa cukup "magang" berdagang bersama sang kakak, Jefri pun memutuskan untuk mandiri dengan berjualan tiket pesawat.

Sebenarnya berjualan tiket itu terbilang baru bagi Jefri. Namun bagi Jefri usaha ini layak dijajal. Apalagi dia melihat banyak pedagang di Aur Kuning sering pergi ke Jakarta atau Batam untukkulakan dagangan dengan naik pesawat terbang.

Begitu mendapat tempat berjualan tiket di sudut sebuah toko di Pasar Aur Kuring, Jefri langsung menyebarkan brosur ke pedagang yang ada di situ. Usaha ini temyata berjalan mulus, bahkan berkembang dengan pesat Setelah resmi menjadi agen penjualan tiket berbagai perusahaan penerbangan, kini Jefri sudah mengantongi izin penjualan tiket penerbangan internasional. Tak hanya itu, Jefri juga memberikan layanan ibadah umrah dan ONH plus.

Setelah jualan tiket berjalan lancar, kini Jefri mulai melirik usaha baru, yaitu bisnis kargo udara dan darat. Jefri bermimpi suatu saat PT Bonita Tour and Travel memiliki anak usaha yang bergerak di sektor logistik. Dia pun sudah menancapkan angan-angan, usaha logistik itu akan dia beri nama Bonita Air. 


Sumber : Harian Kontan
Handoyo



Entri Populer