" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Omzet rental mobil naik 100 persen.

Omzet rental mobil naik 100 persen.



>>>>>Omzet rental mobil naik 100 persen.

JAKARTA - Beberapa obyek wisata di Jakarta dipenuhi pelancong domestik pada libur panjang hari besar keagamaan dan cuti bersama pekan ini. Timan air SnowBay di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, misalnya, kemarin dipadati 3.000 pengunjung. Jumlah pengunjung ini melonjak sekitar 100 persen dari hari libur biasa. "Pengunjung mulai padat sejak Kamis lalu," kata Kepala Marketing SnowBay, Maria, kemarin.

Leni Winami, dari Pondok Gede, Bekasi, misalnya, memilih SnowBay karena harga tiket masuknya murah dibandingkan dengan wahana sejenis lainnya. Leni datang bersama suami dan dua anaknya kemarin.

Pengunjung SnowBay tak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Evi, 22 tahun, terbang dari Medan, Sumatera Utara, untuk menikmati wahana ini. "Mumpung liburan, saya ke sini," kata Evy, yang mengaku puas karena obyek wisata sejenis di Medan tidak sebagus SnowBay.

Liburan juga mendongkrak omzet rental mobil Cililitan Utama Jaya di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, hingga 100 persen. "Sebanyak 45 unit mobil disewa sampai Minggu," kata si pemilik rental mobil, Andi Efendi Nur, kemarin. Dengan harga sewa per

LIBURAN DONGKRAK PELANCONG DOMESTIKhari mulai Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu, Andi mengantongi omzet sekitar Rp 60 juta mulai Ahad lalu. Sedangkan pada hari biasa ia cuma mengantongi Rp 30 juta.

Perjalanan ke luar kota juga meningkat. Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo mengatakan lonjakan jumlah penumpang terjadi sejak Kamis malam lalu. Jumlah penumpang mencapai 10-11 ribu orang. "Lonjakan jumlah penumpang akibat arus balik pada 5 Juni mendatang," ujarnya kemarin.

Hingga pukul 11.00 kemarin, jumlah penumpang di Stasiun Gambir untuk tujuan luar Jabodetabek tercatat 6.251 orang. Sedangkan untuk keberangkatan besok sudah tercatat 3.084 orang.

Beberapa penumpang kereta api di Stasiun Gambir mengatakan sengaja memanfaatkan cuti bersama dan Libur panjang ini untuk pulang kampung. Eko Sugiyanto, 38 tahun, pegawai di Kementerian Perdagangan, akan pulang kampung ke Bandung begitu pemerintah mengumumkan kemarin adalah cuti bersama. "Karena libumya panjang."

Apalagi kesibukan kerja membuatnya jarang pulang kampung. Begitupun Desmalina, 28 tahun. Guru bimbingan belajar ini memanfaatkan cuti bersama untukmenjenguk orang tuanya di Solo, Jawa Ifengah. "Libumya lama, sayang kalau enggak dimanfaatkan."

Iring-iringan kendaraan yang menuju kawasan Puncak di sekitar Pintu Ibl Gadog, Jawa Barat, pun padat kemarin siang. Kendaraan rapat berjajar tiga baris dalam kecepatan 30 kilometer per jam. Selain mobil pribadi, bus pariwisata serta sepeda motor berjalan beriringan. Petugas Pos 2 Pintu Ibl Gadog memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 15 ribu unit.

Kamera pengawas (CCTV) di Pos 2 Gadog di kawasan Mega-mendung merekam arus kendaraan menuju Puncak dan sebaliknya tersendat. Diperkirakan kemacetan terjadi karena keluar-masuknya kendaraan yang menuju kawasan Simagalih, Bogor.

Kondisi yang sama terjadi di kawasan Pasar Cisarua dan pintu masuk Taman Safari Indonesia. Dari kedua arah, kendaraan tampak merayap. Sedangkan di kawasan Riung Gunung, arus lalu lintas dari kedua arah relatif lancar."Kalau memang diperlukan, kami akan buka-tutup jalur di titik kemacetan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Zaenal Abidin kemarin.

Sumber : Koran Tempo


Entri Populer