" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Budidaya Minapadi di Banten Potensial Dikembangkan

Budidaya Minapadi di Banten Potensial Dikembangkan


>>>>>Budidaya Minapadi di Banten Potensial Dikembangkan


Perikanan budidaya merupakan salah satu Ain itas ekonomi di sektor pertanian yang sangat potensial untuk dikembangkan. Perikanan budidaya di Provinsi Banten punya potensi sangat besar. Provinsi Banten sebagai satu di antara tujuh provinsi penghasil terbesar ikan budidaya dengan teknik minapadi di Indonesia pada tahun 2009.

Budidaya minapadi adalah budidaya terpadu yang meningkatkan produktivitas lahan sawah yang menghasilkan padi dan juga ikan. Banyak keuntungan yang didapat menggunakan teknik budidaya minapadi ini. Di antaranya, lahan sawah menjadisubur dengan adanya kotoran ikan yang mengandung berbagai unsur hara.

Sebagian besar daerah Indonesia sudah mengembangkan budidaya minapadi. Di Provinsi Banten. Sebagian besar ikan yang dibudida-yakan dengan metode budidaya ini adalah ikan mas.

Bahkan di kawasan lain di Banten yang juga dikembangkan adalah ikan nila, ikan nilcm. ikan tawes, ikan mujair, ikan lele dan udang galah. Perikanan budidaya ini dikembangkan, di Serang. Lebak, Pandeglang dan Tangerang.

Kepala DKP Provinsi Banten Suyitno mengatakan, beberapa jenis ikan budidaya yang paling banyak dipilih petani Banten adalah ikan mas. Katanya, salah satu daerah penghasil ikan mas terbesar di Banten adalah Pandeglang dan Lebak. Sedangkan daerah yang mengembangkan perikanan budidaya minapadi adalah Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui. Gerakan Sejuta Hektar Minapadi dicanangkan Presiden SBY di Jawa Timur. 14 Januari 2011lalu. Setiap daerah diharapkan melakukan inventarisasi lahan persawahan berpe-ngairan teknis serta lahan sawah pasang surut untuk pengembangan mina padi.

Sementara itu. Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, budidaya minapadi juga merupakan solusi terbaik dalam menghadapi perubahan iklim yang ekstrim seperti saat ini. Teknik budidaya minapadi terdiri dari dua pola yang bisa dilakukan sekaligus dalam satu musim tanam, yaitu pola penyelang dan Pola tumpang sari.(NS)

Sumber: Harian Nonstop


Entri Populer