" Status YM ""
ukm indonesia sukses: PELUANG BISNIS PENGOBATAN

PELUANG BISNIS PENGOBATAN

GAYA HIDUP ERGONOMIS DAN HOLISTIC MENINGKAT

Tren gaya hidup sehat ergonomis, atau holistic (menyeluruh lahir dan batin), pencegahan dan pengobatan penyakit non medis semakin digemari. Kendatipun peluang bisnisnya masih relatif kecil, sekitar ratusan juta rupiah, tetapi akan terus meningkat. Tren tersebut terjadi mengingat, masyarakat modern Jakarta juga semakin rentan mengalami depresi dan stres.

"Akibat depresi, stres, beban hidup, biasanya langsung merembet ke jenis penyakit lain, seperti jantung, darah tinggi, maag. Roda ekonomi di Jakarta, semakin cepat. Intensitas aktivitas meningkat, sehingga banyak masyarakat modern yang semakin mencari penyembuhan penyakit non medis. Dokter tetap dibutuhkan, tetapi masyarakat perlu pengobatan alternatif sehingga menjadi komplementer," Vera Umbara, praktisi Holistic Health Care mengatakan kepada Business News, Sabtu (1/5).

Fenomena gaya hidup sehat ergonomis, holistic akhirnya mulai beralih ke suatu /wcfcjsetfea7(penyelenggaraan)di hotel-hotel berbintang seperti talk show, testimony (pembuktian), networking, dan lain-lain Di luar negeri, seperti Amerika, metode yang sama, Quantum Toucha\a Richard Gordon sudah lebih dulu populer. Begitu pula di Thailand, Taiwan, metode Sin Yi Qi, danKiro praktik di Australia juga sudah dikenal masyarakat. Sementara di Indonesia, awalnya bermula dari kegiatan di komunitas meditasi, yoga, wind, dan lain sebagainya.

Mereka tidak mengenakan biaya, tetapi hanya sebatas mengisi kegiatan yang bermanfaat. Kalau meditasi, biasanya di Vihara, Yoga di klub-klub, dan wind di Masjid. Tetapi sekarang, banyak praktisi dan instruktur yang mengadakan di hotel-hotel berbintang Mereka tidak lagi hanya sekedar membantu penyembuhan, atau melakukan kegiatan ntu.ii keagamaan, tetapi membuat package deal. Para peserta dikenakan biaya, karena penyelenggaraannya di hotel berbintang, plus konsumsi, materi seminar, dan lain sebagainya. Paling tidak untuk satu acara, kurang lebih lima jam, butuh biaya sekitar Rp20 s/d 30 juta untuk kurang lebih 50 peserta,".

Potensi bisnis penyelenggaraan penyembuhan ergonomis dan holistic, semakin lama juga melibatkan banyak pihak. Beberapa praktisi Human Resources (SDM/Sumber Daya Manusia) sekarang juga sudah mulai tertank menggunakan metode holistic healt care. Misalkan di salah satu hotel berbintang di bilangan S. Parman, suatu acara Talk Show Spektakuler melibatkan dua kutub latar belakang para pembicaranya Ada rohamawan (Bhikshu, Ustadz), praktisi SDM, manager, dan pembaca kartu taroL Biasanya tema yang dipilih, disesuaikan dengan segmen pengunjung yang dibidik.

"Tetapi pada umumnya, peserta adalah kelas menengah ke atas. Kelompok ini yang dianggap rentan dengan modernitas kehidupan kota Jakarta. Bukan hanya beban fisik, tetapi juga psikis yang sehari-hari mereka harus emban. Berdasarkan umur, rata-rata peserta juga antara 40 s/d 50 tahun. Karena pada saat umur tersebut, setiap orang mengemban tanggung jawab keluarga, terutama biaya untuk anak-anak sekolah, kesehatan, rekreasi. Selain itu, filosofi life begins at fourty, menunjukkan karir pekerjaan, urusan rumah tangga, kualitas hidup mulai bisa dirasakan pada umur di atas 40 tahun,".

Holistic health care mencakup berbagai varian (jenis kegiatan yang berbeda), seperti meditasi, terapi tertawa lepas, metode Qi(penyaluran energi/tenaga dalam) atau energi vital tubuh, akupuntur, pijat, massage, aroma therapy, dll. Ada beberapa metode yang terkesan mudah dilakukan, tetapi para praktiknya tidak semudah yang dibayangkan Misalkan metode tertawa lepas - yang sebetulnya banyak orang melakukannya hampir sebap hari. "Berdasarkan peneliban, tertawa lepas bagi mereka yang usianya antara 40 s/d 50 bukan perkara mudah. Terutama mereka yangselama ini bekerja di sektor keuangan, pialang saham, mudah sekali mengalami depresi. Kita lihat, banyak institusi keuangan di Indonesia, termasuk sektor perpajakan, sangat rentan mengalami gejolak. Faktor loss dalam trading (transaksi perdagangan berjangka, forex I foreign exchange), sehingga mengalami kerugian besar, miliaran Rupiah. Atau kejahatan keuangan, seperti para nasabah yang kehilangan uangnya di (ex) Bank Century adalah contoh nyata,".

Mengaktifkan "Tombol" Pembuangan Energi Kotor

Muditta Jaya Kondanna, di tempat yang berbeda, pemilik klub gaya hidup ergonomis mengatakan kepada Business News, Sabtu (1/5), bahwa semua metode/terapi terhadap pasien, berkaitan erat dengan sistem vital di dalam tubuh Masyarakat masih menggunakan jasa dokter untuk suatu pengobatan, termasuk jantung, stroke, kista, tumor, kanker, hipertensl, dan lain sebagainya. Tetapi ketika pasien pernah merasa tidak puas dengan hasil kedokteran, ternyata banyak yang beralih ke pengobatan altematif termasuk metode ergonomis dan holistic. "Di Klub yang saya bangun, terapi pengobatan adalah dengan membuat energi kotor atau energi negatif. Kami mencoba mengaktifkan tombol pembuangan (energi kotor) dari dalam tubuh pasien. Terkadang menggunakan metode Qi, di mana energi vital tubuh dibersihkan,". Bisnis pengobatan altematif ergonomis dibangun sejak tahun 2003 yang lalu. Awalnya, yaitu ketika Ibunya menderita kelainan pada tungkai kaki.

Karena merasa sangat prihatin, ia pun beberapa kali diskusi dengan para ahli, terutama yang dari China dan beberapa yang dari Indonesia. Ternyata, hasilnya tidak mengecewakan. Sejak itu, timbul rasa percaya diri dan memberanikan diri membuka klinik. "Sampai sekarang, saya terpaksa harus menolak pasien. Karena yang bersangkutan tidak mau diterapi oleh anak buah saya. Sementara saya sudah kehabisan waktu untuk melayani pasien lain. Sementara sipasicn juga tidak mau menunggu giliran,".

Biaya yang dibebankan kepada pasien juga bervariasi. Tetapi untuk suatu pengobatan penyakit berat seperti stroke, pasien dikenakan biaya Rp300 s/d 500 ribu. Kepastian sembuh untuk penyakit berat sulit untuk diukur dengan frekuensi pengobatan. Terkadang pasien sering bertanya, sampai berapa kali datang terapi untuk bisa sembuh. Hal ini sangat sulit ditentukan mengingat, terapi yang digunakan adalah kombinasi penyesuaian antara fisik dan psikis.

"Pola pikir, ucapan dan perbuatan menentukan kondisi fisik seseorang. Penyakit seberat apapun, seperti jantung, stroke, tidak mustahil bisa disembuhkan dengan pelatihan dan terapi holistik dan ergonomis. Karena dari pikiran, biasanya merembet ke ketahanan fisik pasien". ( SL )

Entri Populer