" Status YM ""
UKM Indonesia Sukses: Sukses Beternak Domba dan Katering Sambil Kuliah

Sukses Beternak Domba dan Katering Sambil Kuliah

16/03/2012
Sukses Beternak Domba dan Katering Sambil Kuliah

Di usianya yang masih sangat muda, Andi Nata sukses mengembangkan usaha peternakan domba dan jasa katering. Beberapa hotel di Jakarta menjadi pelanggan tetapnya. Omzetnya dalam sebulan mencapai Rp 200 juta. Untuk memenuhi pesanan katering ia juga bermitra dengan peternak lain.

USIA muda bukan halangan untuk membuka usaha Meski masih duduk di bangku kuliah jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia (UI) angkatan 2007, Andi Nata sukses merintis bisnis makanan olahan domba atau kambing.
Sejak tahun 2010, ia mendirikan usaha katering dengan menu utama sate dan gulai domba. Selain itu, ia juga melayani katering akikah. Saat ini, sudah ada beberapa hotel di Jakarta menjadi pelanggan tetapnya

"Diantaranya hotel Four Seasons pernah memakai jasa saya, juga ada beberapa hotel lain," kata Andi. Setiap jenis olahan kambing, ia tawarkan dalam beberapa pilihan paket. Harga setiap paket berbeda, tergantung ukuran domba Andi mematok paket termurah Rp 800.000 dan paket termahal hingga Rp 1,6 juta.

Kini, ia mampu meraup omzet hingga Rp 200 juta dengan laba sekitar 25%. Omzet sebesar itu didapat dari memotong 200 dombasetiap bulannya Pesanan kebanyakan datang dari Jabodetabek dan Jawa Barat. Selain dari peternakan miliknya sendiri di daerah Cirebon, pasokan domba itu juga didapat dari para peternak lain di daerah Jawa Barat, seperti Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Bogor, dan Cianjur. Setidaknya sudah ada 25 peternak yang kini menjadi mitra usahanya

"Peternakan saya belum bisa memenuhi semua permintaan karena kapasitasnya baru 100 ekor," ujarnya Selain karena keterbatasan kapasitas, ia juga lebih senang melibatkan peternak lain. Karena dengan begitu, "Saya juga bisa memberdayakan mereka," ujarnya

Kini, Andi mempekerjakan sebanyak 15 karyawan di perusahaan kateringnya Usaha katering ini bermarkas di daerah Depok, Jawa Barat. Sementara untuk membantu mengurus peternakannya di Cirebon, ia mempekerjakan lima karyawan.

Berkat ketekunannya dalam berwirausaha, Andipun diganjar sejumlah prestasi. Diantaranya pemenang pertama Wirausaha Muda Mandiri 2011 kelompok mahasiswa kategori industri. Penghargaan ini diberikan oleh Bank 1 Mandiri. Selain itu, Anda juga keluar sebagai pemenang Honda Youth Startup Icon 2011.

Awalnya, Andi masih sangat awam dengan bisnis peternakan dan katering ini. Perkenalannya dengan bisnis ini dimulai dari tahun 2008 ketika mulai merintis usaha peternakan di Cirebon.Saat merintis peternakan ini. ia hanya memiliki lima ekor domba Dalam waktu setengah tahun peternakannya berkembang pesat hingga mencapai 100 ekor domba Sebelum fokus ke bisnis katering, ia hanya membuka layanan jasa akikah dan menjual hewan kurban.

"Saya belajar peternakan domba secara otodidak dari mengamati orang lain," ujarnya

Sumber: Harian Kontan
Profil Andi Nata (1) Eka Saputra

 

Entri Populer