" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sentra Jamur Merang Menjamur di Karawang

Sentra Jamur Merang Menjamur di Karawang

07/30/2011
Sentra Jamur Merang Menjamur di Karawang

 
Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, adalah salah satu vntra penghasil jamur merang di Indonesia. Berkat kehadiran 16 kelompok petani, Cilamaya adalah salah satu pemasok kebutuhan jamur merang dalam negeri yang mencapai sekitar 30 ton per hari.

Karawang, mulai sibuk dengan kegiatannya masing masing. Beberapa orang bersepeda motor ta i (esa Krasak, 1 ii;umpak membawa keranjang ikan jamur merang.ka berbondong menuju rumah Sardi, Ketua igan Kelompok Tam .mn Mandiri, Di rumah Sardi Itulah jamur- tadi hangdan dimasukkan ke dalam karung untuk dijual ke Jakarta,ung, dan llogor. Begitulah salah satu iniiinias iriani jamur merang

ak, Kecamatan 1 Jamnya, di pagi hari, i ilamava sendiri adalah salah satu si nir.* penghasil jamur mening li Indonesia. Saat tni, li nilainya ada 16 kelompok mi jamin Tiap kelompok mi miliki (iga sampai lima sehingga total jumlah petani jamur sebanyak 47 orang dengan jumlah kubung atau rumah pembiakan bibit jamur sebanyak 1.000inul Sain petani lusamemiliki tiga sampai lima unii kubun ardi,

Juta Kementerian Pertanian menunjukkan, total kubung yang ada di Kabupalen Karawang mencapai 2.450 unit. Namun dari jumlah itu, yang telah teregislrasi hanya sekitar 1.01)1) uni! Tiap unit mempunyai luas ) meter x 7 meter. Dari jumlah kubung itu, total produksi jamur merang di Karawang mencapai 3.537 ton per tahun. Untuk memproduksi jamur merang sebanyak itu membutuhkan jerami atau merang sebanyak 943.110ton pertahun.

Dengan produksi sebanyak im. Kabupaten Karawang mentang menjadi salah satu pemasok utama jamur merang di Tanah Air. Kementerian Pertanian memperkirakan, totalkebutuhan jamur mening mencapai 30 ton per hari alan 0,05 kg pei kapita per tahun.

Menurut Sardi, budidaya jamur merana jelas mampu menyejahterakan petani jamur di (imalaya. Selain itu. banyaknya kubung tentu juga membutuhkan banyak tenaga Selain nu. para Umi ih tani juga punya penghasilan tambahan sebagai buruh angkut jerami. Sardi sendiri telah 18 tahun membudidayakan jamur merang. Dia memiliki dua kubung dan tiap kubung mampu memproduksi sekitar tiga kuintal jamur merang per bulan.

Harga jual jamur merang sebenarnya lumayan juga. Lihat saja, Sardi bisa menjual jamur di pengepul dengan harga antara Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per kg untuk kualitas terbaik.

Dengan harga segitu dan dengan hasil sebanyak 600 kg, setidaknya saban panen Sardi bisa mendapatkan uangminimal sebanyak Rp 9juta, kalau iiia hanya menjual jamur kualilas terendah seharga Rp 15.000 per kg.ibsii sebanyak itu kalan dikurangi biaya produksi yang meliputi pembelian jerami sebesar Rp 700.000 salian 10 hari sekali, pembeli an liiini sebesa] Rp 1,6juta, dan i /.alan kubungsebesar Rp 200.000, Sardi masih mendapatkan untung Ji Rp 6,6juta per bulan.

Nali, tentu hasil ito bisa lebih besar kalau inn kubung lebih banyak, Seperti rekan Sardi yang I"! i, Ichsan Petani ini mempunyai tiga kubung yani; mampu nn nghasUkan sembilan kuintal jamur merang per bulan.Ilasil sebanyak itu. tentu membuat Ichsan disa tersenyum karena setidaknya dia bisa mengantungi hasil penjualan selii sai Rp Hi.J juta per bulan.


Sumber : Harian Kontan


Entri Populer