" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Agribisnis Cemara Udang

Agribisnis Cemara Udang


>>>>>>Agribisnis Cemara Udang

Si Kerdil dari Pesisir Madura Stabil Memikat Konsumen

Cemara udang banyak ditemui di wilayah pesisir Madura. Selain bermanfaat mencegah abrasi pantai, cemara ini bisa disulap menjadi tanaman hias dengan harga sangat fantastis. Salah seorang pembudidaya, Fatah Firdaus bisa menjual satu pohon seni Iai Rp 75 juta.

CEMARA udang yang memiliki nama latin Casuarina equisetifolia Linn banyak ditemui di kawasan pesisir Pantai Lombhang, Sumenep, Madura, Jawa Timur.Selain bermanfaat mencegah abrasi pantai, cemara udang juga diburu untuk dijadikan tanaman hias. Sebelum menjadi tanaman hias, cemara udang biasanya dibonsai sehingga berbentuk artistik.

Salah satu pembudidaya cemara udang adalah Edy Kurniawan. Sudah 4 tahun Edy menggeluti usaha budidaya cemara udang I ns.11 Dengan nama usaha Mandiri Laksana, ia menjual bonsai cemara udang berusia rata-rata 2 tahun setinggi satu meter.

Hargajual cemara udang bonsai antara Rp 300.000 sampai jutaan rupiah per tanaman. "Semakin indah bentuk bonsainya, maka harganya semakin tinggi," ucap Edy. Tiap bulan, lelaki berusia 23 tahun ini bisa menjual sekitar 100 cemara bonsai ke Surabaya dan Jember.

Selain cemara bonsai, Edy juga menjual cemara udang non bonsai. Harga cemara jenis ini berkisar Rp 260.000 per tanaman.

Fatah Firdaus di Sumenep juga menjual cemara udang bonsai. Ia mengatakan, bentuknya yang kerdil dan artistik membuat cemara udang bonsai memiliki harga yang tinggi.

Walaupun begitu, menurutnya, tidak ada kriteria tertentu untuk menilai bentuk bonsai cemara udang bagus atau tidak. "Semuanya tergantung nilai artistik konsumen," katanya.

Ada konsumen yang suka bonsai cemara udang bercabang dua, namun ada juga yang suka berbentuk oval. Yang pasti, menurut Fatah, bonsai cemara udang yang baik biasanya berasal dari bakalan yang bagu.4. Soal selera inilah yang membuat hargajual cemara udang bonsai memiliki rentang yang sangat jauh, dari harga Rp 200.000 hingga Rp 75 juta per tanaman. "Saya pernah jual termahal Rp 75 juta. Itu bonsai setinggi 1 meter. Memang secara artistik dia indah sekali," tuturnya.

Dalam sebulan ia mampu menjual tiga bonsai cemara udang. Walau hanya mampu menjual sedikit, namun omzet Fatah mencapai Rp 15 juta per bulan. "Jumlahnya sedikit, tapi harganya mahal," katanya

Ia menambahkan, dari bulan ke bulan, permintaan cemara udang bonsai selalu stabil. Selain di Jawa Timur, Fatah juga kerap mengirim cemara udang bonsai ke Jakarta, Sumatra dan Bali.

Stabilnya permintaan cemara udang bonsai, menurut Fatah, disebabkan karena komunitas fanatik yang menggemari bonsai selalu ada

Setyoaji Wibowo yang mengusung usaha bernama Roempoen Bamboe di Kebon Jeruk, Jakarta Barat juga berbisnis cemara udang. "Permintaannya cukup bagus dan stabil tapi tidak terlalu kencang," katanya

Saban bulan Setyoaji bisa menjual 15-20 pohon cemara namun bukan berbentuk bonsai. Cemara- cemara itu didatangkan dari Sumenep. Dengan pasar Jakarta, Bekasi, Karawang, Serang, dan Cirebon, harga cemara udang ditentukan dari ukurannya Artinya semakin tinggi pohon, semakin mahal.

Hargajual satu pohon cemara udang Rp 750.000-Rp 25 juta. Cara perawatan yang cukup mudah membuat pasokan cemara udang juga harus terus stabil dan meningkat. "Kuncinya satu tidak boleh kurang air," kata Setyoaji.

Sumber : Kontan
Gloria Natalia


Entri Populer