" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Juragan Larva Ikan Bawal

Juragan Larva Ikan Bawal

ANCE TRIO MARTA Juragan Larva Ikan Bawal

SEJAK sekolah dasar, ia sudah berjualan gorengan. Pernah menjual sayuran, menjadi kondektur, mengajarkan les privat, dan ketika mahasiswa, Ance Tno Warta berdagang roti keliling. Kini ia menjadi jutawan karena ikan bawal ajr tawar Tak banyak anak muda, apalagi mahasiswa, yang meyakini masa depan perikanan. Sarjana perikanan pun banyak yang menyerah dan memilih usaha lain.

Tetapi, Ance Trio Marta yang waktu itu mahasiswa-sekitar tiga tahun lalu-yakin bahwa perikanan itu seksi dan potensial. Keyakinan itu membawanya sukses dan terpilih sebagai juara I Wirausaha Muda Mandiri 2010. Sudah banyak kabar tersiar tentang pengusaha yang terpuruk di bisnis kolam ikan. Namun, Ance tak gentar. Hasilnya, ia juga berkali-kali gagal, tetapi tetap bersemangat.

Ketertarikan Ance di bisnis ikan dimulai dari kecelakaan. "Waktu itu, 18 September 2007, saya mengantar teman membeli tanah," ujar Ance menceritakan perjalanan pertamanya ke Desa Cibuntu Kulon, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Waktu itu, saya lihat ada bak sampah di bekas kolam yang tidak dipelihara. Kolam itu kemudian saya sewa Rp 300.000 per tahun. Luasnya sekitar 500 meter persegi," tuturnya.

"Saya coba menebar ikan lele, tetapi empat kali rugi. Saya pindah ke kolam lain dan berhasil. Temyata, kolam pertama terlalu dingin, enggak cocok untuk lele," kenangnya. Bekas kolam itu kini menjadi kolam pembibitan ikan bawal.

Ketika itu, Ance berhasil di bisnis lele, tetapi kemudian rugi Rp 120 juta. Padahal, itu uang investasi dan teman-teman. Saya bingung, mau lanjut kuliah atau kerja untuk melunasi utang," ujarnyala memilih bertahan dengan beralih pada pembenihan ikan. Sempat putus asa karena tak punya modal, tahun 2008 dia membuat profil usaha di situs web layanan direktori usaha. "Saya sebutkan bahwa saya menjual segala jenis bibit ikan. Dari internet itu, ada yang mengontak saya, order bibit ikan," kata Ance yang mencan bibit ikan ke berbagai daerah.

Dia telusuri asal-usul bibit ikan. Dari situlah saya tahu kebutuhan konsumsi ikan dan pasokan bibit. Saya menjadi tahu seluk-beluk pembibitan, pembesaran, dan pemasarannya," katanya. Saya sempat menjadi calo bibit ikan selama tiga bulan. Dan usaha itu saya mendapat keuntungan. Uangnya saya pakai membeli indukan bawal,1 katanya

Entri Populer