" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Lokbin PKL Kramat Jati Beralih Fungsi

Lokbin PKL Kramat Jati Beralih Fungsi

PENYALAHGUNAAN lahan di ibu kota kerap terjadi. Bila terdapat lahan terbengkalai, cenderung dimanfaatkan oleh oknum. Seperti yang terjadi di lokasi binaan (lokbin) PKL di Kramat Jati, Jakarta Timur. Lokasi itu di-salahfungsikan. Tepatnya digunakan untuk penginapan dan pabrik ikan cue. Akibatnya, warga sekitar resah. Sebab, kondisi lingkungan tidak tertata dan menjadi kumuh. " Bahkan aroma tak sedap mewarnai lokasi tersebut.

Penyalahgunaan fungsi lokbin itu terjadi sudah lama. Sayangnya belum ada upaya penertiban dari Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) DKI. Selama ini lokasi itu terkesan tidak ditangani secara serius. Lokbin di Jalan Nusa I itu dijadikan rumah tinggal dengan sistem kontrak Rp 300.000 sebulan. Sekitar 90 kios PKL di sana, praktistidak berfungsi untuk jualan. Demikian pula lokbin di RT 012/04 Kelurahan Kramat Jati, Jalan Raya Bogor yang menurut warga telah dijadikan usaha ikan asap alias cue. Asap yang dihasilkan dari kegiatan tersebut mengganggu lingkungan warga setempat.

Anggota Komisi B (bidang perekonomian) DPRD DKI Jakarta Andyka mengatakan, perubahan fungsi kedua lokbin ini membuktikan tidak adanya pengawasan dari Dinas Koperasi dan UKM. "Pembiaran ini tentu harus ada sanksi buat kepala dinasnya. Jangan . karena mau pensiun, terus semangat kerjanya melemah," ujar dia.

Karena itu. Komisi B berjanji akan memanggil Dinas Koperasi dan UMK DKI agar mengklarifikasi itu. "Lokbin ini dibangun pemda untuk menampung kegiatan usaha PKL agar usahanya tidak menyita jalanan yang bisa membahayakan diri maupun orang lain," tuturnya.

Sementara Kepala Sudin Koperasi dan UKM Jakarta Timur Sri Indriastuti yang dikonfirmasi via telepon tidak merespons. Info yang diperoleh dari jajaran sejawatnya mengaku, lokasi dimaksud telah ditertibkan. Kenyataannya, warga di sana masih menge-luhk annya.Karena itu, Andyka mendesak walikota setempat menggunakan kewenangannya untuk menertibkan penyalahgunaan fungsi lokbin, sena mengusut pihak-pihak yang memanfaatkan lokasi untuk kepentingan pribadi. Sebab, secara jelas telah terjadi penyalahgunaan lahan. "Ini kok dibiarkan. PKL mau jualan di mana kalau lokbinnya dipakai untuk yang lain," tambahnya

Entri Populer