" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Si Aji-aji Nan Pedas Mantap

Si Aji-aji Nan Pedas Mantap

 Bersama keluarga, saya menikmati hari libur dengan menikmati hidangan seafood khas Makassar yang enak rasanya. Kami mencobanya di rumah makan “Pangkep 33 Ikan Bakar Khas Makassar”. Pangkep 33 ada di dua tempat. Tempat pertama ada di Jalan Batu Ceper No. 63, Jakarta Pusat, dekat dengan Jun Njan. Kemudian yang satunya lagi ada di daerah Muara Karang, Jakarta Utara, tepatnya di depan Sun Merry Bakery. 

Saya datang ke Pangkep 33 yang berada di Batu Ceper. Gampang, kok, mencarinya. Cari saja tempat yang banyak asapnya, hehe. Karena mereka membakar ikannya di depan rumah makan jadi asapnya ke mana-mana. 

Waktu baru pertama datang saja saya langsung tergiur dengan ikan-ikan yang lagi dibakar itu. Ada ikan, cumi, sampai petai dan terung yang sedang dibakar. Pangkep 33 ini laris banget, lho. Dari depan saja sudah tampak mobil berderet-deret.

Begitu masuk ke dalam, hampir setiap meja terisi. Kebanyakan adalah keluarga yang sedang makan bersama. Di dalamnya cukup luas dan nyaman.Menu andalan di Pangkep 33 adalah Ikan Aji-aji Bakar Rica dan Kepiting Lada Hitam. Tanpa pikir panjang, kami langsung pesan kedua menu andalan tersebut. Plus sambal mangga. Di sini sambal mangganya bisa pesan tingkat kepedasannya. Ada yang tidak pedas sama sekali, sedang, pedas, dan super yang aduh pedasnya bukan main.

Perlu waktu menunggu sekitar 20-30 menit. Wajarlah, ikannya harus dibakar terlebih dahulu. Akhirnya nongol juga si Aji-aji Bakar Rica. Melihat sambal ricanya saja sudah bikin ngiler, hehe. Daging ikannya banyak dan memang enak. 

Sambal ricanya juga enak banget. Cabe rawit hijau yang dipotong-potong dicampur dengan potongan rawit merah dan bawang merah. Wah pedas dan segar, pedasnya mantap! Cocok banget untuk disantap dengan ikan aji-aji yang dibakar. 

Sekarang kita coba Kepiting Lada Hitam, ya. Bumbu lada hitamnya memang agak kental tetapi pedasnya juga mantap. Rasa lada hitamnya benar-benar terasa, tidak abal-abal. Campuran daun jeruknya juga menambah aroma tersendiri pada bumbunya. Kepiting memang enak dipadukan dengan lada hitam. 

Nah untuk dessert-nya, bisa coba Es Brenebon atau Es Palu Butung khas dari Makassar. Pokoknya kalau ke sini jangan lupa untuk pesan Ikan Aji-aji Bakar Rica, pedasnya mantap! Selamat mencoba.(Ita)

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

 Sumber : Kompas.com


Entri Populer