" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kini Agus giliran memikirkan ekspansi

Kini Agus giliran memikirkan ekspansi

Sukses mendirikan kawasan agrowisata membuat Agus Jatmiko kian getol mengembangkan bisnisnya. Selain menambah luas areal perkebunannya, ia juga ingin melengkapi kawasan agrowisatanya dengan berbagai fasilitas penginapan. Ia fokus mengembangkan makanan berbahan durian.

Sukses membuka usaha agrowisata durian tidak membuat Agus Jatmiko cepat berpuas diri. Ia bahkan kian getol mengembangkan kawasan agrowisata yang sudah dirintisnya sejak tahun 2006 itu.Saat ini, ia sedang mengusahakan perluasan kebun durian miliknya. Ia mengaku, upaya itu tidak mudah karena lahan di sekitar perkebunan telah dimiliki orang lain. Saat ini, luas kebun milik Agus baru sekitar 7 hektare (ha).

Namun, ia tidak kehabisan akal. Bila tak bersedia dijual, ia ingin mengajak para pemilik lahan itu untuk bekerja sama. Dalam benaknya, bila lahan bertambah akan ditanami buahan lain sebagai pelengkap, seperti srikaya dan salak.

Agus juga berencana melengkapi fasilitas di dalam kawasan agrowisatanya. "Karena saya mengundang turis ke sini, sedikit demi sedikit fasilitas akan kami lengkapi," ujar Agus.Di antara fasilitas yang akan dibangun adalah fasilitas penginapan. Saat ini, baru ada tiga sampai empat kamar yang bisa dijadikan tempat menginap oleh para pengunjung. "Ke depan akan saya tambah lagi," katanya.

Ia berencana, menambah fasilitas penginapan dalam bentuk rumah pohon yang cukup besar dan kokoh. Nantinya, para tamu bisa memilih menginap di rumah pohon secara berkelompok.Konsep agrowisata disertai penginapan seperti itu, menurutnya, masih baru dan belum banyak yang melakukannya. "Penginapan di tengah kebun akan membuat orang merasakan suasana alamnya langsung," ujarnya.

Selain itu, ia juga berencana menambah aula di tengah kebun. Saat ini, baru ada satu aula yang biasa digunakan sebagai tempat menginap rombongan di masa panen durian.Ia juga berencana melengkapi berbagai sarana untuk camping dan outbond, sehingga semakin menarik minat wisatawan mengunjungi lokasi agrowisatanya.

Tak hanya pembenahan kebun, Agus juga berencana mengembangkan makanan olahan berbahan dasar durian. Bisnis ini sudah digelutinya sejak tahun 2010. "Dan saya tertarik untuk membesarkannya," katanya.

Untuk itu, ia terus berupaya menghasilkan menu-menu baru hasil olahan durian. Agus mengaku, saat ini tengah mencoba membuat berbagai kreasi kue tar dengan bahan dasar durian. Jika telah siap, ia pun akan segera memasarkannya.

Dengan berbagai terobosan tersebut, ia berharap kawasan agrowisatanya bisa semakin diterima pasar. Dengan begitu, bisa bertahan lama dana dapat diwariskan bagi anak cucunya nanti. "Meskipun di daerah dekat perkebunan sini sudah banyak perumahan, Insya Allah tetap bisa bertahan dan bisa diwariskan untuk keturunan saya berikutnya," ujar Agus.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Sumber :kontan.co.id

Entri Populer