20/03/2012
Waralaba Indonesia Tembus Malaysia dan Filipina
Waralaba asal Indonesia, PT Baba Rafi Indonesia, berhasil menembus
pasar Filipina dan Malaysia. Hal itu ditandai dengan adanya perjanjian
kerja sama dengan Master Franchise dari dua negara tersebut. Master
Franchise adalah hak yang diberikan kepada penerima waralaba dari
pemberi waralaba untuk membuka dan mengelola bisnis waralabanya dalam
suatu wilayah tertentu.
Penerima waralaba juga bisa menjual hak
waralaba secara lanjutan kepada penerima waralaba lain di wilayahnya
tersebut. "Murni mereka (Master Franchise) buka dan investasi di
Malaysia dan Filiphina," ujar Presiden Direktur PT Baba Rafi Indonesia,
Hendy Setiono kepada Kompas.com, Minggu (4/3/2012).
Kerja
sama waralaba dengan dua negara tersebut ditandai dengan penandatangan
perjanjian dengan dua Master Franchise, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Hendy menuturkan, kedua MF tersebut akan mengikuti pelatihan selama dua
minggu mulai awal Maret ini. Setelah itu, Baba Rafi akan melakukan
pendampingan selama tiga bulan di dua negara tersebut.
Pendampingan
tersebut, terang dia, berupa persiapan merekrut karyawan, pelatihan
karyawan, dan persiapan sampai pembukaan gerai. Pembukaan gerai dimulai
dengan 6 gerai baik di Malaysia dan Filiphina. Tetapi untuk penjualan
hak waralaba dari MF ke penerima waralaba lain tidak serta merta sama di
kedua negara. Di Malaysia harus menunggu satu tahun untuk membuka gerai
lanjutan."Ya, setelah setahun baru boleh di sub-franchise-kan," sebut Hendy.
Produk
yang akan dipasarkan di dua negara tersebut adalah 15 jenis produk Baba
Rafi, termasuk produk andalannya yakni kebab. Produk ini pun akan
mengikuti standar yang ditetapkan di Indonesia. Jika nantinya mau diubah
sesuai dengan selera lokal maka harus ada persetujuan dari Baba Rafi.
Hendy pun bilang, inisiatif kerja sama ini datang dari masing-masing MF.
Menurut dia, cukup susah memasarkan produk ke luar negeri. Tapi
ternyata itu tidak mustahil untuk dilakukan seiring dengan pencapaian
kerja sama ini. "Susah sekali, terutama mendapatkan kepercayaan sebagai
merek asal Indonesia," pungkas dia.
kompas.com