" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sriwahono, Wirausaha Muda Mandiri Terbaik

Sriwahono, Wirausaha Muda Mandiri Terbaik

22/2/2012
Sriwahono, Wirausaha Muda Mandiri Terbaik


"Bill Gates" dari Kampung Pugung Wahono meraih nilai tertinggi dalam semua kategori penilaian.Nama Sriwahono (34) tiba-tiba saja ngetop. Wajahnya disorot kamera televisi, wartawan berebut mewawancarainya, dan diundang pula untuk jadi pembicara berbagai seminar bisnis. Padahal, sebelumnya hanya kalangan terbatas yang kenal dengan pria sederhana, putra petani dari Pugung Raharjo, Lampung Timur tersebut Siapakah Sriwahono?

Ia berhasil keluar sebagai pemenang pertama pada seleksi Wirausaha Muda Mandiri 2011 Kategori Alumni dan Pascasarjana Bidang Usaha Kreatif dengan mengalahkan 3.751 kandidat lainnya utusan dari 385 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Tanah Air. akhir Januari lalu. Wahono juga meraih juara terfavorit versi Youtube.

Dalam lomba yang digelar Bank Mandiri itu, Wahono meraih nilai tertinggi dalam semua kategori penilaian yang terdiri dari performa perusahaan ditinjau dari sisi inovasi, manajemen, dan dampak sosial/ling-kungan. Kelebihan Sriwahono karena ia mengembangkan usaha pada bidang ilmu yang diperolehnya selama kuliah di perguruan tinggi.

"Kebanyakan alumni dan peserta lainnya melenceng dari ilmu yang ditekuni di perguruan tinggi Umumnya mereka membuka usaha di bidang kuliner, padahal bukan bidang ilmunya," ujar Wahono kepada SH yang menemuinya di kantor nya Jl Urip Sumoharjo. Bandar Lampung, baru-baru ini.

Untuk sampai menjadi wirausaha muda mandiri terbaik. Wahono mengikuti seleksi bertingkat sejak akhir tahun lalu, mulai dari tingkat Provinsi Lampung. Setelah menang, pertarungan berlanjut ke kantor wilayah Bank Mandiri Sumbagsel di Palembang. Di sini ia harus menyisihkan peserta dari Jambi, Bengkulu. Bangka-Belitung dan dari Sumsel. Kemudian, ter-nyata ia menang dan berangkat ke Jakarta untuk seleksi tingkat nasional yang diikuti 69 pesertadari seluruh Nusantara.

Dalam seleksi di Jakart.i. i.i harus melakukan presentasi dan wawancara dengan juri yang terdiri dari akademikus, pengusaha, pemimpin Bank Mandiri, perwakilan pemerintah, wartawan, dan figur publik. Seleksi berlangsung selama delapan hari secara maraton. Setelah keluar sebagai pemenang, bersama pemenang kategori lainnya, ia menerima trofi dan hadiah Rp SO juta yang diserahkan Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini pada acara puncak di Jakarta Convention Centre (JCC), akhir Januari lalu.

Fleksibel

Pembawaannya yang santai dan sederhana tak ada yang mengira lewat tangan dingin dan otak briliannyalah Software Acosys tercipta. Wahono mengaku, dalam menciptakan Acosys ia mengakomodasi seluruh rekomendasi kebutuhan perusahaan. Dari software yang tersedia, ia menemukan satu dengan yang lain terdapat kekurangan di mata masing-masing konsumen, seperti bahasa yang sulit diganti ke bahasa Indonesia dan tidak dapat digunakan ke transaksi tertentu. "Dari sinilah embrio Acosys yang kemudian lahir versi pertama di 2001," ia mengenang.

Acosys terus mengalami perkembangan setiap waktu. Fitur-fitur baru ditambahkan demi mengakomodasi kebutuhan berbagai bentuk dan jenis usaha. Saat ini terdapat 23 fitur yang bisa dipilih pelanggan sesuai kebutuhan bisnisnya. Berbagai fitur tersebut sangat mengandalkan kefleksibelan kebijakan perusahaaan.

Wahono mencontohkan, Acosys memiliki program fleksibel sales price, yaitu memudahkan pelanggan menetapkan harga jual berbeda-beda sesuai syarat yang ditentukan. Pene-tapan harga ini menggunakan rumus yang dengan mudah bisa diganti sesuai kebijakan perusahaan. Selain itu. fleksibel sales discount, yaitu pemberian diskon kepada jenis barang tertentu ke pada konsumen; fleksibel report layout dihadirkan guna memudahkan mendesain laporan perdagangan dan lain-lain. Kelebihan lainnya, pelanggan bisa melakukan penggantian nama pelanggan menjadi tamu, nasabah, customer dan lain-lain sesuai peruntukannya.

Uniknya, pelanggan tidak harus membeli seluruh fitur yang ditawarkan, tetapi bisa memilih fitur-fitur sesuai kebutuhan dengan kisaran harga Rp 300.000 hingga Rp 5.000.000 per fitur. Dengan begitu, antara toko kelontong dengan perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang tentu akan membeli fitur yang berbeda.

Software Acosys juga multi-platform atau bisa dijalankan dalam sistem operasi Microsoft Windows maupun Linux. multidtituhiisi untuk MariaDB dan Mysql. Multi Curency atau bisa digunakan untuk beberapa mata uang seluruh dunia dalam satu database. "Mungkin software kami yang pertama di dunia yang support ke program Linux." ia melanjutkan.

Untuk program yang support progTam Linux. diakui Wahono, sebagian konsumen enggan belajar lagi karena berbeda sistem operasinya dengan Windows. Tetapi, ia mampu meyakinkan konsumen karena dengan menggunakan program Linux, lebih aman terhadap serangan virus dan legal karena programnya asli bukan bajakan. "Setelah kami jelaskan jika menggunakan Linux, program akuntingnya halal, banyak yang tertarik," ujarnya.

Kini software akunting Acosys sudah tersebar di seluruh Indonesia di bawah bendera perusahaan Aztechsoft International yang berkantor pusat di Bandar Lampung. Selain sudah memiliki kantor cabang di Jakarta, juga dipasarkan oleh 23 mitra diler di kota-kota besar di 22 provinsi di Tanah Air. Hingga akhir 2011 terdapat 1.744 perusahaan mitra Aztechsoft Int yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber : Harian Kontan
Syafrizal Datuk Sinaro


 

Entri Populer