" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Berfokus Membenahi Karyawan dan Jaringan Pemasaran

Berfokus Membenahi Karyawan dan Jaringan Pemasaran

21/2/2012
Berfokus Membenahi Karyawan dan Jaringan Pemasaran


Saat jatuh ke tangan Muhammad Hilmy, kondisi perusahaan warisan orangtuanya masih belum dikelola dengan baik. Selama lima tahun pertama, ia fokus melakukan pembenahan manajemen karyawan hingga sistem pemasaran.

SUKSES yang diraih Muhammad Hilmy dalam membesarkan PT Mubarokfood Cipta Delicia tidak datang begitu saja, melainkan melalui sebuah prosespanjang selama hampir 20 tahun. Selama rentang waktu tersebut, banyak terobosan yang dilakukannya dalam membesarkan perusahaan jenang ini. Apalagi saat diserahitanggungjawab meneruskan perusahaan oleh orang tuanya di tahun 1992, kondisi perusahaan masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya, status badan usaha yang masih belumjelas. Sebab, tidak diketahui dengan pasti badan usaha yang dijalankan apakah berbentuk firma (CV) atau perseroan terbatas (PT).

Oleh Hilmy, nama benluk badan usaha tersebut diperjelas menjadi PT Mubarokfood Cipta Delicia. Dalam struktur perusahaan, ia menduduki posisi direktur utama. Ia juga membenahi mulai dari manajemen karyawan hingga sistem pemasaran. "Semuanya saya tata lagi dengan baik," ujar Hilmy.

Perbaikan manajemen karyawan terutama menyangkut struktur organisasi maupun sistem rekrutmen yang masih lemah. Hal itu terlihat dari penempatan seseorang yang bukan berdasarkan keahlian. Selain itu, rekrutmen juga masihterfokus pada saudara dan tetangga.

Nah, beberapa persoalan itu diselesaikannya secara bertahap. Dalam proses rekrutmen karyawan, sebagai misal, ia menerapkan sistem seleksi ketat dengan menerapkan tes tertulis, wawancara, dan sebagainya Calon karyawan juga tidak hanya diisi oleh saudara atau tetangga, tetapi juga terbuka bagi masyarakat umum.

Selain rekrutmen, ia juga mulai menerapkan sistem reward (penghargaan) dan im /lishment (sanksi) secara tegas. Terkait sistem baru ini, sekalipun saudara tapi kalau kinerjanya tidak baik tetap akan dirotasi. "Selama lima tahun pertama saya fokus membenahi karyawan," ujarnya

Karena fokus pada pembenahan karyawan, ia tidak memasang target muluk-muluk kinerja perusahaannya "Selama Hrna tahun pertama, saya tidak memaksa berlari," ujarnya Untuk memajukan usaha keluarganya, ia juga mulai merumuskan visi dan. misi perusahaan. Dalam visinya, ia ingin perusahaan keluarga itu menjadi perusahaan makanan khas Indonesia yang berkelas dunia Untuk itu, ia terus memperbaiki segala kekurangan.

Mulai dari melakukan perbaikan dan peningkatkan kualitas sarana dan prasarana, menjaga kualitas dan mutu produk, hingga mengetatkan standar - operasional. Ia pun terus mengembangkan jaringanpemasaran di berbagai daerah di Tanah Air.

Hasilnya, semua upaya yang dilakukannya itu tidak sia-sia Setiap tahun, omzet perusahaan ini tumbuh rata-rata 17%-20%. Selain di dalam negeri, produknya juga merambah pasar mancanegara, seperti Hong Kong, Malaysia, dan Singapura Dengan pasar yang demikian luas, omzet perusahaan tersebut kini mencapai miliaran rupiali.

Kendati telah sukses, niat Hilmy untuk memajukan perusahaan tidak juga surut. Saat ini, ia tengah menyiapkan pabrik baru yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pabrik lama "Pembebasan tanahnya sudah kami lakukan," ujarnya.

Sumber : Harian Kontan
Havid Vebri

Entri Populer