Halaman

Jadi Tujuan Wisata Belanja Keramik

01/12/2011
Jadi Tujuan Wisata Belanja Keramik




Dulu, sentra penjualan keramik di Pasar Sitimang lebih dikenal sebagai pusat penjualan guci antik dari China. Namun, meski guci tak lagi laris, nama Pasar Sitimang terus berkibar. Kini, Pemerintah Kota Jambi menyulap Pasar Sitimang menjadi salah satu , tujuan wisata belanja.

TERKENAL sty ak lama sebagai tempat berburu keramik mewah namun harga miring, membuat Pasar Sn unang disambangi pembeli dari berbagai kalangan. Bahkan banyak pembeli yang berasal dari luar kota Jambi.

Dulu, kata Zadiga, pengelola toko keramik Isalin, banyak pengunjung yang memburu keramik berupa guci biru bergambar gajah. "Pajangan itu menjadi primadona selama bertahun-tahun, padahal harganya juga lumayan mahal," kata Zadiga.

Namun, meski guci sudah tak laris lagi, pedagang mampu mepertahankan ketenaran Pasar Sitimang. Para pedagang mampu menjaga nama Pasar Sitimang lantaran kreatif dalam memilih barang dagangan.
Lihat saja, pedagang keramik di sini hanya memajang keramik-keramik eksklusif. Bahkan, kerapkali

terlihat, koleksi antara satu toko dengan toko lainnya berbeda Apalagi banyak pembeli sengaja mencari desain dan motif yang jarang dijual.rupaya tokonya tetapi pengunjung, Zadiga pun selalu mengikuti perkembangan desain keramik. Ia rajin datang ke toko-toko keramik di Jakarta untuk melihat perkembangan mode keramik. "Sambil mengirim pesanan di Jakarta, tiap bulan saya mencari tren keramik yang banyak diminati," ujarnya.

Memajang koleksi keramik yang sedang menjadi tren memang wajib dilakukan oleh para pedagang keramik di Pasar Sitimang ini. "Pelanggan kami yang kebanyakan pengecer keramik di daerah lain. Mereka selau ingin motif terbaru yang eksklusif," ujar Dodi, pengelola toko Zakaria.

Menurut Dodi, desain keramik yang saat ini banyakdiminati adalah peralatan makan prasmanan dengan motif berwarna emas berpadu wara putih. Motif ini banyak dicari karena penampilannya terkesan mahal dan mewah," ujarnya.

Meski begitu, di gerainya, Dodi tetap menyediakan koleksi keramik dengan motif-motif klasik dengan sedikit ukiran. "Permintaan keramik klasik ini masih banyak, terutama dari pelanggan lama," ujarnya

Puluhan tahun menjadi pusat penjualan keramik, Pasar Sitimang sudah menjelma menjadi salah satu ikon Kota Jambi. Didy Wurjanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi pun mengatakan, sejak tahun lalu, Pasar Sitimang resmi menjadi tujuan wisata belanja Kota Jambi.

Iilly pun berharap, langkah ini akan lebih menguatkan nama Pasar Sitimang sebagai surgabelanja keramik. Baik, bagi para wisatawan ataupun kolektor keramik dari berbagai kota di Indonesia Bahkan, lanjut Didy, Pasar Sitimang kerap menjadi tujuan belanja para pejabat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. "Pasar Sitimang juga telah dikenalkan melalui program city tour. Jadi wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Jambi pasti mampir ke sini," kata Didy.

Pemda Jambi berani mempromosikan Pasar Sitimang karena keramik yang dijual di sini memiliki keunikan dan desain yang eksklusif. Pedagang keramik di sentra ini memang memiliki kelebihan membaca selera konsumen. Selain itu, keramik di pasar ini diimpor langsung dari China "Ini produk asli dengan kualitas terbaik dari China," ujar Didy.

Sumber : Harian Kontan
Dea Chadiza Syafina (Jambi)