27/09/2011
Wirausaha Harus Brilian tapi Realistis
Kesuksesan membangun bisnis dari nol, hingga berkembang dengan omzet
triliunan, lahir dari keberanian, inovasi, ide brilian namun sikap
realistis. Inilah yang dibuktikan oleh empat pengusaha perempuan, peraih
penghargaan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2011.
Adalah
Anastassia Florine Limasnax (PT E-Motion Entertainment), Anne Avantie
(Perancang busana pemilik label Anne Avantie), Donda Lucia Yuniar (PT
Anugraha Weing Caranadwaya & PT Deva-Datta), Susanti Alie (PT
Bersama Olah Boga), keempat sosok perempuan yang layak menjadi inspirasi
bagi para wirausahawan pemula.
Santi Mia Sipan, anggota tim juri
yang juga adalah pemenang Ernst & Young Entrepreneurial Winning
Women 2010, mengatakan keberhasilan empat pemenang penghargaan ini
berangkat dari ide brilian yang diwujudkan secara realistis.
"Mereka
semua adalah pengusaha perangkak, memulai dari bisnis kecil-kecilan,
hingga akhirnya memiliki usaha dengan omzet di atas Rp 10 triliun per
tahun. Mereka juga sukses dalam berbisnis tanpa pinjaman di bank.
Perempuan cenderung tidak berani meminjam uang kalau tidak bisa bayar.
Yang menang penghargaan ini adalah mereka yang melakukan terobosan,
inovatif, orisinal, berpikir canggih, berani namun tidak nekat dan
cenderung realistis," jelas Santi kepada Kompas Female di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Empat
pengusaha ini dinilai tim juri sebagai pengusaha yang gigih dan
berhasil mengembangkan bisnis secara signifikan dengan sistem yang benar
dan cerdas. Selain juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan, mereka
juga memberikan manfaat ke sebanyak mungkin orang melalui bisnis yang
dibangunnya.
Menurut Santi, empat pengusaha ini mampu
menunjukkan bagaimana ide brilian bisa direalisasikan dengan mudah.
Simak profil singkat empat pengusaha perempuan brilian ini:
Susanti Alie (PT Bersama Olah Boga)
Santi,
begitu panggilan akrabnya, mendirikan perusahaan pada 2006. Ide awalnya
sederhana saja, ingin memproduksi sambal. Inovasi yang dilakukannya
sejak 2007 membuahkan hasil. Santi memproduksi saos sambal dengan
kemasan yang bisa diisi ulang.
Santi memiliki pabrik di
Cileungsi, Jawa Barat dan terus mengembangkan bisnis boga miliknya.
Santi fokus memproduksi sambal untuk segala kalangan, Soka untuk
kalangan menengah atas, Cap Cabe Payung untuk menengah bawah, serta
makanan ringan dari sambal."Santi sukses mengolah dan memasarkan
sambal, menyasar kalangan menengah bawah namun juga bisa menembus pasar
konglomerat," jelas Santi Mia Sipan.
Anastassia Florine Limasnax (PT E-Motion Entertainment)
Perempuan
yang akrab dengan dunia entertainment dan musik ini juga tak kalah
brilian. Sejak 2006, istri musisi Piyu Padi ini mendirikan E-Motion,
perusahaan entertainment yang terintegrasi. Mulai recording label, music publishing, manajemen artis, distribusi musik (CD & VCD), content provider digital. Perusahaan yang dikelola oleh tiga karyawan lima tahun silam ini, kini memiliki 60 staf.
"Meski
baru datang dari Amerika, perempuan ini tak sungkan berkeliling ke
pasar grosir, mencari inspirasi hingga akhirnya menggarap celah bisnis
hiburan dengan merilis ulang lagu lawas, dari situlah ia memulai bisnis
hiburan ini," kata Santi.
Donda Lucia Yuniar (PT Anugraha Weing Caranadwaya & PT Deva-Datta)
"Donda
adalah penemu empat macam bahan tekstil yang belum pernah ada, membuat
jas hujan dari bahan tapioka. Ia memulai bisnis garmen dari usaha
kecil-kecilan. Donda pernah menjual seprei," kata Santi.
Kini,
Donda mengembangkan bisnis dengan omzet Rp 11 triliun per tahun. Ia
menerima hak paten dari Inggris atas inovasinya menciptakan rompi
keamanan pertama anti api. Donda menciptakan rompi keamanan untuk para
pekerja di perusahaan pertambangan.
"Rejeki ada di sekitar kita.
Kita hanya perlu jeli melihat kemungkinan," kata Donda yang mengawali
kewirausahaan dengan menjual seprei untuk karyawan perusahaan
pertambangan di Jakarta.
Donda tak berhenti berinovasi. Bekerjasama dengan ahli kimia, ia juga menciptakan
jas
hujan yang bisa terurai dan aman untuk kulit. "Produk ini baru akan
diluncurkan akhir tahun ini, sedang dipatenkan lebih dahulu," aku
perempuan yang meninggalkan pekerjaan sekretaris dan fokus membangun
bisnis garmen.
Anne Avantie (label Anne Avantie)
Anne
Avantie, perancang kebaya ternama, pemilik label Anne Avantie, tentunya
bukan nama yang asing lagi di telinga. Di tangannya, busana kebaya
Indonesia lebih kaya. Tak meninggalkan sisi tradisional, namun memiliki
sentuhan kekinian. Tak heran jika kebaya rancangannya menjadi impian
banyak perempuan muda, terutama untuk mempercantik penampilan calon
pengantin perempuan.
Anne kini memimpin 12 anak perusahaan dari
berbagai bidang, tak hanya fashion. Seperti fashion cafe, studio foto,
bistro, restoran, haute couture kebaya dan label ready to wear.Pada 2002, Anne juga mendirikan yayasan Wisma Kasih untuk para penderita hydrocephalus, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan.
Sumber : kompas.com,Harian Kompas