" Status YM ""
ukm indonesia sukses: SMS Service Center UKM Mulai 2012

SMS Service Center UKM Mulai 2012


>>>>>SMS Service Center UKM Mulai 2012

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) akan membuat program SMS Service Center. Program yang dirancang bergulir mulai 2012 itu bertujuan meningkatkan kinerja dan daya saing UKM dengan negara ASEAN.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKM dan Koperasi Kementerian KUKM I Wayan Dipta menjelaskan guna memajukan UKM perlu langkah inovatif. "Salah satunya dengan pembentukan SMS Service Center ini," ujar, akhir pekan lalu.

Menurutnya program SMS Service Center penting guna menjalin komunikasi dan membentuk jaringan bisnis UKM antar negara ASEAN. Mekanismenya, nanti program tersebut akan berbentuk seperti ivebsite atau portal. Di dalamnya akan ada daftar nama-nama UKM di seluruh ASEAN. Termasuk juga kegiatan yang dilakukan UKM se-ASEAN.

Saat ini, program SMS Service Center tersebut sedang dipublikasikan oleh Kementerian KUKM masing-masing Negara ASEAN. Setelah itu, antar UKM dipersilakan mempromosikan produknya di portal yang telahdisediakan. "Jadi kalau Singapura membutuhkan kopi dari Indonesia bisa lewat portal ini karena terpercaya. Jadi sangat mudah berpromosi dan dapat meningkatkan kinerja UKM," jelas Wayan.

Wayan mengatakan, kalau jaringan UKM antar ASEAN sudah bagus dan bisa saling mengisi, dapat meningkatkan kinerja UKM, termasuk juga di Indonesia Pasar UKM dalam menjual produknya pun semakin luas, bukan hanya di Indonesia saja tapi juga ASEAN.

Menteri KUKM Syarifuddin Hasan mendukung rencana yang bisa meningkatkan daya saing UKM di Indonesia itu. "Program ini bisa mempererat kerjasama dengan UKM se-ASEAN bahkan dunia," imbuhnya

Namun Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto meragukan program ini bisa meningkatkan jaringan bisnis dan kinerja UKM di Indonesia. Ia lebih menyarankan agar jaringan bisnis UKM dibina lewat pertemuan langsung dengan UKM dari negara lain, tak sekedar lewat portal.

Sumber : Harian Kontan
Riendy Astria


Entri Populer