Halaman

Kuncinya Berpikirdi Luar Kotak


>>>>>Kuncinya Berpikirdi Luar Kotak

Majalah Fast Company yang berbasis di New York, Amerika Serikat pada edisi Juni menobatkan 100 orang paling kreatif dalam bisnis (The Most Creative People in Business 2017)yang berasal dari berbagai bidang usaha.

Salah satu kategori adalah bidang desain dan fes-yen. Ada beberapa nama tokoh desain dan fesyen yang masuk dalam ThelOOMostCrea-tive People In Business 2011, di antaranya Wakil Presiden Nike Inc Trevor Edwards, desainer industri ternama dari Jepang Naoto Fukasawa, Direktur Pemasaran Senior Levis Christian Parkes, CEO Vena Cava Sophie Buhai, dan CEO J Crew Jenna Lyons.

Kata kreatif biasanya dihubungkan pada suatu tindakan yang dapat menghasilkan ide, gagasan, atau konsep baru. Dalam sudut pandang keilmuan, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menggali kreati vita s. Salah satunya ialah dengan cara berpikir yang tidak konvensional seperti yang dilakukan para Most Creative People in Design ini.

Contohnya yang dilalukan

Edwards yang selalu melakukan inovasi terbaru pada konsep pemasaran dan desain dari berbagai produk Nike mulai sepatu, pakaian, hingga aksesori. Dalam pembuatan iklan, pria kelahiran London, Inggris 1962 ini selalu melibatkan atlet kaliber dunia seperti petenis Serena Williams dan pebasket Lebron James. Selain membuat terobosan baru dalam bidang pemasaran, Edwardsjuga kerap menciptakan desain terbaru yang trendi dan sporty. i Karena itu, Nike saat ini | telah menjadi salah satu pro- § duk perangkat olahraga terke- jj mukadidunia.Kepiawaiandan ; keahlian Edwards dalam me- ° ngembangkan Nike diakui Mark Parker, CEO Nike Inc. "Kreativitas dan inovasi yang dilakukan Edwards hingga saat ini telah menempatkan Nike dalam posisi industri nomor satu dunia," ujar Mark.

Kepiawaian Edwards ini membuat dia bertahan di posisinya sebagai vice president global brand management perusahaanterkemuka dunia ini hingga 19 tahun. Adapun inovasi terbaru yang diluncurkan Nike pada musim dingin 2011 ialah

Nike+Sportwatch GPS by Tom Tom, yang dapat membantu mencatat status kecepatan ber-lari.melacaklokasi dan gerakanselama aktivitas olahraga.

Hal serupa juga dilakukan Fukasawa yang berada di urutan 43 dari 100 daftar nama orang kreatif ini. Dia menyalurkan ide uniknya lewat kotak kemasan minuman sari buah, yang mana dibuat menyerupai dengan kulit buah aslinya. Seperti kemasan sari buah pi-sang,stroberi,dankiwiyangko-tak bagian luarnya dibuat dengan warna dan tampilan yang sama persis dengan kulit buah aslinya.

Selain berinovasi pada kotak minuman kemasan, Fukasawa juga sering membuat berbagai inovasi baru dalam bidang peralatan rumah tangga dan furnitur.

Desainer lain yang tak kalah inovatifnya ialah Parkes. Tak hanya dikenal sebagai orang paling kreatif di dunia bisnis, Parkes juga dikenal sebagai seorang pemerhati ling-kungan yang selalu mengampanyekan misi penyelamatan dunia pada setiap iklan, billboard, dan flayer produk Levis yang dia ciptakan.

Adapun bukti nyata kepedulian Levis dan Parkes bisa dilihat dari terciptanya dua produk denim ramah lingkungan yaitu Levis Eco, denim berbahan organik dan Levis Waterless, atau lebih tepatnya dikenal dengan denim hemat air.

Waterless yang diciptakan pada 2010 ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu denim ini tidak memerlukan banyak air dalam proses pembuatannya. "Proses pencucian dan finishing waterless bisa mengurangi penggunaan air sebanyak 28-96% dari nilai rata-rata 42 liter yang digunakan Levis untuk membuat sebuah celana denim," ujar Parkes. cheerli


Sumber: Harian Seputar Indonesia