" Status YM ""
ukm indonesia sukses: AFI fasilitasi 40 UKM waralaba tembus ekspor

AFI fasilitasi 40 UKM waralaba tembus ekspor

 
AFI fasilitasi 40 UKM

JAKARTA Asosiasi Franchise Indonesia menyiapkan 40 UKM waralaba untuk menembus pasar ekspor pada tahun ini agar bisa sejajar dengan industri waralaba di kawasan Asia Tenggara..Ketua Umum AFI Anang Sukandar mengatakan saat ini cukup banyak potensi waralaba yang sudah siap menembus pasar ekspor sehingga AFI siap memfasilitasi sedikitnya 40 UKMuntuk ekspansi ke luar negeri pada tahun ini.

Untuk itu, pihaknya akan memfasilitasi promosi dan pemasaran bagi UKM waralaba yang sudah memenuhi standar ekspor untuk bisa mengikuti temu bisnis dan pameran ke sejumlah negara a.l Singapura, Malaysia, China, dan Thailand.

"Guna mendorong waralaba bisa ke pasar ekspor, AFI akan meningkatkan promosi franchise nasional di tingkat Asean dengan memfasilitasi temu bisnis danpameran bagi UKM yang telah memiliki merek nasional untuk membuka akses dan jaringansi ke luar negeri," katanya, kemarin.Untuk tahap awal pasar waralaba di kawasan Asean sangat potensial menjadi pasar utama bagi waralaba nasional yang akan ekspansi termasuk ke China yang telah dibuka luas hubungan perdagangan.

Tahun ini AFI menerima undangan temu bisnis dari sejumlah dan akan dipilih sebanyak 40 franchise nasional yang akandiberangkatkan, terutama untuk produk franchise yang memiliki ciri khas Indonesia dan tidak memiliki produk serupa di setiap negara tujuan.

"Waralaba Indonesia cukup banyak yang memiliki potensi bisnis dan sudah layak ekspansi ke pasar ekspor, sehingga AFI akan memfasilitasinya agar pengusaha waralaba itu bisa menemukan mitra bisnis yang tepat di luar negeri."

Dia menilai persoalan utama waralaba nasional salah satunyaterletak masih lemahnya promosi ke pasar global sehingga belum banyak merek dagang asal Indonesia yang dikenal dan diakui di pasar ekspor.Untuk ekspansi ke pasar ekspor memang harus bertahap, terutama untuk membangun branding yang kuat dibutuhkan kesiapan dari pelaku usaha dan promosi yang intensif."Pengusaha juga harus bisa melindungi konsep bisnisnya agar tidak dicaplok investor luar negeri terutama di Malaysia."

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer