Halaman

Kemenkop Dan UKM Siap Promosikan Produk UKM Go Internasional

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) tidak patah semangat terus mendorong pelaku UKM dapat menghasilkan produk terbaik, yang bisa menambah daya tawar dan pemasukan. Pemerintah siap mengawal dengan pelatihan serta mempromosikan produk tersebut untuk dapat bersaing di tingkat domestik dan internasional.

HAL tersebut diutarakan Menkop dan UKM Syarief Hasan dalam peresmian Gedung Pusat Souvenir UKM dan Gedung Pamer Produk UKM Jawa Timur di Surabaya, Senin lalu. Menurutnya, ada dua faktor yang menyebabkan produk itu diminati di pasaran, yaitu kualitas dan kemasan. "Kedua hal ini mutlak ada di dalam suatu produk. Kalau tidak, akan mengalami hambatan dalam pemasaran," katanya.

Kata Syarief, sebenarnya produk UKM tidak kalah bagus dengan produk lain, bahkan dengan produk impor sekali pun. Namun karena selama ini penge-masannya kurang menarik, masih sering ditemui kendala dalam pemas ara annya. "Mulai sekarang produk itu, harus dikemas dengan baik , sehingga punya nilai tambah. Kemasannya harus sempurna dan menarik untuk dibeli," imbuhnya.

Nah, untuk kualitas keamanan, lanjutnya, pemerintah siap membantu, bukan hanya dalam bentuk pelatihan, tetapi juga siap memberikan alat pembungkus produk yang canggih. Syarief juga berharap, daerah-daerah bisa mengembangkan konsep one village one product. Konsep tersebut artinya setiap daerah memiliki produk unggulan yang specifik dan memilikinilai tambah

Dia mencontohkan dalam pem-bentukan kaos, kalau dijual dalam bentuk kaos saja, harganya tidak akan terlalu tinggi. Tapi kalau kemudian kaos itu dilukis atau disablon dan kemudian dibungkus dengan kemasan unik, maka harganya bisa berlipat-lipat ganda.

Untuk pemasaran, sambungnya, kalangan KUMKM jangan khawatir. Sebab pemerintah siap memfasilitasi promosi dan pemasaran produk KUMKM. Saat ini, pelaku KUMKM dapat mempromosikan produknya di gedung pameran yang sudah disediakan pemerintah.

"Gedung pamer ini adalah salah satunya. Saya sangat bangga, ini adalah gedung promosi yang megah dan baik untuk promosi produk, KUMKM" katanya. Saat ini, pemerintah sudah membangun empat gedung promosi KUMKM yaitu di Jakarta, Bandung, Makassar dan Surabaya. Pemerintah menargetkan, di akhir 2014 nanti, semua provinsi memiliki satu gedung khusus untuk promosi produk KUMKM . tim