Halaman

Bisnis game online incar 4 juta konsumen

Industri game online di Indonesia diproyeksikan mengincar pasar sekitar 4 juta pemain game dari segmen usia muda.

Eva Muliawati, Managing Director PT Megaxus Infotech-perusahaan hiburan online multimedia terintegrasi di Indonesia, mengatakan potensi total pasar game online akan meningkat dari 4 juta menjadi 6 juta gamer. "Pasar industri game online nasional cukup baik dan potensial," ujarnya seusai peluncuran Game Grand Chase kemarin.

Dia menambahkan penetrasi game online juga dipengaruhi perkembangan infrastruktur broadband dan penetrasi personal computer (PC).Industri game di Tanah Air diramaikan oleh kehadiran sekitar 10 perusahaan yang termasuk pemain besar dan Dari total pasar itu, Megaxus yang mengklaim menguasai pangsa pasar terbesar di industri game online Indonesia itu tahun ini menargetkan dapat menambah pangsamenjadi total 5 juta gamer dari total keanggotaan 3,5 juta user saat ini. Sebanyak 70% dari total gamer berusia di aus 18 tahun merupakan pengguna game aktif.

Grand Chase adalah game online yang dikembangkan pengembang Korea Selatan. Game yang dapat dimainkan gratis ini adalah jenis game 2 dimensi realtime online action fighting game yaitu menampilkan arsitektur map 2D side scrolling dengan sistem navigasi tarung bergaya arcade. Pendapatan dari pengguna diraih ketika pengguna ingin memberikan penampilan berbeda pada karakter animasi dengan membeli aksesori pada item shop.

Industri game online di Indonesia umumnya menggunakan model bisnis menyediakan kartu prabayar dengan nominal Rp5.000-Rpl00.000, kartu elektronik yang dapat dibeli di portal gudang voucher.com, ataupun warung Internet di daerah.Megaxus sendiri telah menyediakan empat jenis game sejak 2007 yang hanya dapat dijalankan dan dimainkan melalui perangkat notebook dan PC dan koneksi internet minimal 8 kilobit per second (kbps).