" Status YM ""
UKM Indonesia Sukses: Juni 2012

Wayang Suket Made in Purbalingga Diburu Kolektor Asing

Produk kerajinan Wayang Suket atau Wayang Rumput asal Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah, banyak diburu dan dibeli oleh para kolektor wayang asing seperti Jerman, Belanda dan Jepang.

Bahkan wayang suket asal Purbalingga ini telah menjelajah hingga ke Amerika Serikat untuk mengikuti pameran National Day of Puppetry di California, Amerika Serikat, akhir April lalu."Saya tidak tahu wayang apa saja yang dipamerkan di sana. Saya hanya mengirimkan tokoh Arjuna dan Kresna," kata Badriyanto (35) perajin wayang suket saat ditemui di rumahnya, Purbalingga, Minggu (4/6/2012).

Menurut dia, seni keterampilan membuat wayang suket ini, telah ditekuni sejak tahun 1995 melalui almarhum kakeknya."Saya belajar dari kakek, Mbah Kasan Wikrama, yang biasa dipanggil dengan sebutan Mbah Gepuk. Awalnya, saya membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk menyelesaikan sebuah wayang. Namun sekarang hanya tiga hari untuk wayang berukuran kecil dan empat sampai lima hari untuk ukuran standar," katanya.

Namun ia mengakui hingga saat ini dirinya masih belum bisa membuat sosok wayang Batara Guru karena memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi."Batara Guru memiliki banyak tangan dan bagian bawahnya terdapat bentuk semacam binatang. Saya sampai sekarang belum bisa membuatnya sehingga selalu menolak jika ada yang pesan tokoh ini," jelasnya.

Tingkat kesulitan dan kerumitan dalam membuat wayang suket ini membuat sedikit orang yang mampu mempunyai keterampilan ini. Di Purbalingga hanya Badriyanto dan Aksanudin yang mampu membuat wayang suket. Hal itu tidak semua tokoh wayang yang dapat dibuat oleh mereka.

"Masih jarang pemuda yang menguasai pembuatan wayang suket, di sini hanya 2 orang yang bisa," kata Aksanudin Guru SMA Rembang.Ia memasukkan kerajinan membuat wayang suket ke dalam kurikulum di SMA Rembang sebagai seni ria lokal. Hal ini karena jarangnya pemuda yang dapat meneruskan seni kerajinan ini.

"Saya pernah membongkar wayang itu. Anyamannya rumit, karena harus menganyam sambil membentuk," jelasnya.Untuk membuat wayang suket ini juga sangat unik, karena menggunakan bahan dari rumput liar yang dinamakan rumput kasuran yang biasa tumbuh hanya bulan suro. "Rumput ini lebih lentur, 50-70 cm. Biasa dipakai makanan ternak juga, untuk membuat wayang yang dipakai itu batangnya," ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini pun dirinya masih belum paham kenapa rumput kasuran ini hanya ada dibulan suro."Ini yang saya tidak tahu dan harus dikaji lagi, kenapa bisa begitu, itu banyaknya kalau dibulan suro. Ini rumput liar, pernah dibudidayakan tapi tidak bisa sesubur saat bulan suro nya," tambahnya

Dia mengungkapkan setelah rumput kasuran dipanen lalu rumput tersebut dikeringkan dengan dijemur. Untuk membentuknya harus direndam 1,5 jam agar lemas dan dibuat hanya dengan menggunakan alat seperti gunting, palu dan tusuk (alat untuk menganyam wayang). Wayang suket ini sendiri mampu bertahan hingga 20 tahun.

"Wayang yang terbuat dari rumput kasuran ini dijual dengan harga Rp 250.000 hingga Rp 450.000 per buah. Sementara jika satu set tokoh Pandawa Lima atau satu set tokoh Punakawan dijual dengan harga Rp 1,7 juta," ungkapnya.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html


Badriyanto

Pengrajin Wayang Suket Wisanggeni. Jalan Raya Kemanggunan RT 2 RW 2 Wlahar, Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.
Bisa Hubungi 081391333053

Sumber : detik.com

Bisnis Madu 'Kampung' yang Mendunia Berkat WS Rendra

Suhada memulai bisnis madu liar pada 1990-an dengan modal relatif minim. Madu Suhada ini bahkan sempat memiliki banyak permintaan dari Korea bahkan Jerman. Bagaimana kisahnya? Dikatakan Suhada, saat dirinya menempuh kuliah di Bandung, ia bekerja untuk membiayai hidupnya dengan menjual madu hutan liar dari hutan Sulawesi (Bangka-Belitung). Saat usinya 24 tahun, Suhada meretas bisnisnya dengan sistem pintu ke pintu, dan masih dalam tahap sederhana.

Kisah menanjaknya bisnis madu bermerek 'Madu Pahit Pelawan' ini adalah saat teman kuliah Suhada yaitu penyair terkenal WS Rendra sakit. Suhada pun memberikan madu hutan produknya kepada Rendra. Apa yang terjadi? Rendra pun sembuh dari penyakitnya.

Ingin berbalas budi, Suhada pun mempromosikan madu hutan liarnya yang diperkenalkan Suhada. "Rendra menjadi marketing gratis saat itu," jelas Suhada kepada detikFinance awal bulan ini.

Madu buatan Rendra pun mulai perlahan terkenal saat Rendra berkunjung ke Eropa. Rendra mempromosikan madu hutan Suhada dan disambut hangat di Jerman. Di Korea Selatan pun sama, Rendra terus mempromosikan madu hutan Suhada.

Alhasil, datanglah pesanan 10 ton madu Suhada dari Jerman dan 5 ton dari Korea Selatan. Harga madu dari Suhada saat itu adalah Rp 75.000-120.000 per kg. "Tetapi karena pasokan madu yang minim karena merajalelanya penebangan hutan di Sulawesi, maka permintaan yang diharapkan oleh Jerman dan Korea tidak dapat dipenuhi," kenang Suhada.

Akhirnya Suhada frustasi di 1998, usaha madunya tutup dan dia bahkan sampai beralih menjadi pedagang bakso dan perajin. Lalu di 2002 dia menikah dengan sang istri yaitu Badriah dan beralih profesi menjadi satpam di Kementerian Perhubungan dengan gaji Rp 300.000. Di sela-sela tugasnya menjadi satpam, Suhada membuka terapi pijat. Kemudian di 2007, Suhada mencoba kembali membuka bisnis madunya.

Berbekal modal pinjaman Rp 5 juta dan Rp 40 juta dari temannya, akhirnya bisnis madu Suhada kembali buka. Pada tahun yang sama, Suhada mengurus label untuk mengikuti berbagai pameran untuk mempromosikan madunya. Usahanya pun berjalan lancar dan disambut baik oleh konsumen karena dia mengggunakan madu asli dari hutan yaitu dari hutan Liar Indonesia.

Akhirnya perkembangan itu mencapai puncak bisnisnya di 2010, bisnisnya melejit dengan tajam. Aset dagang milik Suhada mencapai Rp 2,5 miliar dan di 2011 dia mendapatkan hak intelektual atas merek madunya yaitu "Madu Pahit Pelawan". Selain itu Pak Suhada juga sebagai penyeleksi, penyalur dan konsultan madu hutan liar indonesia.

"Madu hutan liar Suhada-Badriah 100 Persen Original dan Berkhasiat Obat," jelas Suhada.

Baginya hidup adalah berdasarkan pada Al Quran dan hutan adalah sebuah tempat yang memberinya keuntungan. Ada hal yang unik ketika dia membedakan madu asli dengan madu tidak murni. "Madu asli jika ditempelkan ke lidah akan menyerap ke lidah tersebut dan lari ke otak, sedangkan madu yang tidak murni adalah jika diteteskan ke lidah, ia akan menyebar dan masuk ke tenggorokan," jelas Suhada.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Sekarang harga madu Suhada dijual per 250 gram dengan berbagai jenis, yaitu:
  • Madu pelawan: Rp 175 ribu.
  • Rempodong: Rp 100 ribu
  • Kamper: Rp 50 ribu
  • Mengsirak dan leting: Rp 75 ribu
Alamat yang bisa dihubungi :
Hypermall Mega Bekasi
Lantai GF No. 163, Bekasi, Jawa Barat



Membangun Saluran Pipa untuk Mengalirkan Uang

Mana yang Anda pilih membangun saluran pipa atau mengangkuti ember?

Keterangan:
Sebenarnya ilustrasi di atas adalah untuk membedakan antara orang-orang yang terus menjadi employee atau self employee dengan orang yang membangun bisnis dan investasinya sehingga terwujud pipa penghasilannya.

Seperti dikisahkan oleh Robert Kiyosaki:
Zaman dahulu kala ada sebuah desa kecil yang indah. Tempat itu sangat menyenangkan namun memiliki sebuah masalah. Desa itu tak punya air bila tak turun hujan, makanya para tetua desa memutuskan untuk menawarkan kontrak kepada siapa saja yang bisa menyediakan air bagi penduduk desa itu. Akhirnya ada dua orang yang mengajukan diri, dan para tetua desa berharap akan ada persaingan di antara mereka yang pada akhirnya dapat menekan harga.

Orang pertama yang menjalankan kontrak itu bernama Ed. Ia langsung membeli 2 buah ember dan langsung mengisi penampungan air (yang sudah dibuat dari beton oleh penduduk) dengan cara mengangkut air dari danau ke penampungan dengan kedua embernya dari pagi hingga petang. Setiap pagi ia harus bangun lebih awal untuk memastikan persediaan air cukup bagi penduduk desa saat mereka memerlukannya. Ia harus bekerja keras, tapi ia sangat senang karena bisa menghasilkan uang.

Pemegang kontrak kedua bernama Bill, yang beberapa waktu malah menghilang. Dia tidak membeli 2 ember untuk bersaing dengan Ed, malah membuat rencana usaha, mendirikan perusahaan, mencari penanam modal, mengangkat asisten untuk melakukan pekerjaannya dan kembali setelah enam bulan dengan membawa kru bangunan yang siap membangun jaringan pipa baja anti karat bervolume besar yang menyambungkan desa dengan danau. Pada saat pembukaan, Bill mengatakan airnya lebih bersih, bisa memasok 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 75% lebih murah dari Ed. Penduduk desa bersorak berlari ke arah kran pipa Bill.

Supaya bisa bersaing, Ed juga menurunkan harga. Mempekerjakan kedua putranya untuk membantu giliran kerja malam dan pada akhir pekan. Ketika anaknya sekolah di perguruan tinggi, ia berkata pada mereka "Cepatlah kembali karena suatu saat bisnis ini akan menjadi milik kalian." Entah kenapa, setelah lulus anak-anaknya tak pernah kembali. Dan akhirnya Ed mendapat masalah-masalah kepegawaian, karyawan menuntut naik gaji, peningkatan tunjangan, dan ingin hanya mengangkut satu ember sekali jalan.

Berbeda dengan Bill, dia sadar desa-desa yang lain juga membutuhkan air. Makanya ia menulis ulang rancangan bisnisnya dan pergi untuk menjual sistem penyaluran air bersihnya ke desa-desa di seluruh dunia. Ia hanya mendapat keuntungan satu penny untuk setiap ember, tapi ia mengirimkan miliaran ember air setiap harinya dan semua uang itu mengalir ke dalam rekening banknya. Bill telah membangun saluran pipa untuk mengalirkan uang bagi dirinya sendiri.

Belajar dari Robert Kiyosaki adalah untuk mereka yang sudah lelah mengangkuti ember dan siap membangun pipa agar uang bisa mengalir ke dalam kantong mereka….bukan ke luar kantong mereka.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Semoga bermanfaat, saya Tung Desem Waringin mengucapkan salam dahsyat!

Sumber : http://www.tdwclub.com/

Memiliki usaha atau perusahaan yang terus tumbuh dan bisa bersaing dengan kompetitor, merupakan keinginan para wirausahawan.Berikut ini gagasan sederhana dari pakar marketing Tung Desem Waringin, soal bagaimana nilai tambah akan membuat perusahaan Anda terus berkembang dan dapat bertahan di bandingkan perusahaan kompetitor.

Menurut Tung hal ini telah di buktikan dan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia seperti Jhonson n Jhonson. Berikut ulasan singkat Tung Desem:Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah, sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Anda hanya bisa ambil dua, jarang sekali Anda bisa tiga tiganya.

Ini saya ambil dan belajar dari Michael Tracy bagaimana "Double Digit Growth". Ini buku yang sangat bagus dan bagaimana kita tumbuh dua kali lipat.Beliau cerita tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%, dan terus tumbuh.

Dan ada Jhonson n Jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnisnya terus tumbuh dan tumbuh terus. Dan saya pun masih terus harus belajar, disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga keunggulan bisnis.

Ketiga keuntungan bisnis dalam membuat nilai tambah tersebut adalah :

1. Murah, Anda dengan biaya operasional yang paling efektif dan efisien Anda bisa mendapat harga yang murah. Bisa seperti toko buku saya, satu keunggulannya adalah murah, parkir gratis dan segala macam yang lainnya.

2. Unggul dalam mutu produk-produk Anda, dahsyat luar biasa , mutunya lebih baik di banding yang lain.

3. Servis atau pelayanannya, Hanya tiga menurut dia dan servis itu termasuk kecepatan.

Semoga bermanfaat, Saya Tung Desem Waringin mengucapkan salam dahsyat!

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

 Sumber : http://www.tdwclub.com/


Anda Seorang Pemalas? Ini Cara Mengatasinya

Rasa malas bisa dialami oleh semua orang, termasuk kemalasan melakukan kegiatan penting untuk menuju sukses. Ini ada beberapa gagasan bagaimana mengalahkan rasa malas anda, dalam segala hal.
Berikut ini ulasan dari pakar marketing, Tung Desem Waringin soal mengatasai kemasalan:

Mereka sibuk dan mereka tetap sibuk karena itu salah satu cara untuk menghindari sesuatu yang tidak ingin mereka hadapi. Ada orang sibuk nonton TV, sibuk memancing, bermain golf, sibuk belanja ke Mall, namun didalam hati mereka ingin menghindari sesuatu hal yang tidak ingin mereka hadapi. Ini adalah bentuk kemalasan yang paling umum.

Malas dengan jalan tetap sibuk. Ada juga orang yang sibuk bekerja keras sehingga tidak perduli dengan istri dan anaknya. Dan ada juga orang yang terlalu sibuk mengurusi kekayaan mereka dan tidak perduli dengan kesehatan mereka. Dan ada orang yang terlalu sibuk mengurusi kesehatan dan tidak perduli lagi terhadap pekerjaan.

Yang menjadi ukuran malas adalah apa yang dianggap penting jauh di dalam lubuk hati mereka, tetapi mereka hindari.Kata Robert Kiyosaki, 'Obat untuk kemalasan adalah sedikit ketamakan' Seringkali kita mendengar bahwa 'orang tamak adalah orang yang jahat' Namun dalam diri kita semua adalah nafsu/ hasrat untuk memiliki barang-barang baru atau bagus atau hal-hal yang menyenangkan. Jadi agar hasrat itu tetap terkendali, orang tua kita kerap kali menemukan cara-cara untuk menekan hasrat itu dengan cara menciptakan rasa bersalah.

Jadi, setiap kali Anda mendapati diri Anda menghindari sesuatu yang Anda tahu seharusnya Anda lakukan, maka satu-satunya hal yang Anda tanyakan pada diri Anda sendiri adalah 'apa untungnya untuk saya?' Bersikaplah sedikit tamak. Itulah obat yang terbaik untuk kemalasan. Akan tetapi, terlalu tamak, seperti apapun lainnya yang berlebihan, tidaklah baik.

Menurut saya pribadi, bagaimana menghilangkan rasa malas kita harus mempunyai alasan yang sangat kuat. Dan alasan yang sangat kuat adalah menghindari sengsara dan mencari nikmat.

Bila kita sedang malas, bayangkan, dengarkan dan rasakan penderitaan yang amat sangat dengan detail dan emosionil (tulis minimal 10 kerugian) bila kita masih bermalas-malasan atau tidak melakukan hal-hal yang penting, dan bayangkan, dengarkan dan rasakan kenikmatan yang amat sangat secara detail dan emosionil (tulis minimal 10 kenikmatan) bila kita sudah mulai rajin dan melakukan hal-hal yang penting.

Penderitaan dan kenikmatan ini bukan hanya sekarang, tapi 1 tahun kedepan, 5 tahun kedepan, 10 tahun kedepan dan 20 tahun kedepan.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Sumber : Detik.Com


Mantan Pegawai BUMN Ini 'Banting Setir' Jadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha dan sukses, bisa dibilang menjadi dambaan semua orang. Bagi 'orang gajian' termasuk pegawai swasta mupun BUMN berpeluang menjadi pengusaha sukses masih terbuka lebar.
Adalah Dewanto Purnomo mengawali karir sebagai karyawan PT Erlangga Mahameru di bagian sales buku pelajaran sekolah pada tahun 2005 selama 4 bulan.

Kemudian ia diterima sebagai pegawai bank di Bank Danamon selama 5 tahun (1995-2000). Di Danamon waktu itu ia hanya mendapatkan gaji sebesar Rp 2 juta per bulan. Kemudian beralih menjalani pekerjaan di salah satu BUMN yaitu Permodalan Nasional Madani (Persero) selama 11 tahun (2000-2011) dengan gaji Rp 7-10 juta rupiah per bulan.

Kini ia memilih jalan hidup menjadi wirausaha. Bergabung dengan komunitas bisnis Tangan Diatas. Di Komunitas ini, ia menemukan mindset wirausaha yang berkarakter dan berusaha aktif di berbagai kegiatan sosial dan bisnis.

Walaupun, sejatinya kegiatan wirausahanya dimulai tahun 2005 dengan membeli produk franchise mie ayam. Kemudian berkembang hingga ia memiliki 1 gerobak mie ayam dan berkembang kembali dengan membeli 45 master franchise di Bekasi.

Total omset yang ia dapatkan perhari pada saat itu adalah sebesar Rp 3.400.000 per hari. Dengan begitu omset yang ia dapatkan adalah Rp 102.000.000 per bulan. Bisnis ini kemudian bangkrut di tahun 2010, karena proses manajemen yang kurang baik karena ia sibuk dengan pekerjaannya di BUMN.

"Saya sulit untuk mengontrol bisnis saya yang sangat besar, hingga akhirnya tutup alias bangkrut," begitu ungkapnya saat ditemui detikFinance di South Gate Epicentrum, Jakarta akhir pekan lalu.
Dewanto juga pernah menjadi agen susu segar (tahun 2006-2010). Tercatat 100 Pelanggannya yang setia untuk menunggu susu segar yang ia kirimkan. Tetapi lagi-lagi ia harus menjual bisnisnya itu dengan harga Rp 25 juta rupiah.

"Saya beli bisnis itu dengan harga Rp 10 juta dan saya jual Rp 25 juta, saya untung Rp 15 juta," begitu ungkap Dewanto.Dewanto juga memberanikan diri di bisnis boneka. Ini adalah salah satu bisnis yang bisa ia pertahankan hingga kini karena Dewanto sendiri sebuah filosofi "Selama wanita masih bisa melahirkan, bisnis boneka cerah," katanya.

filosofi ini yang membuat mantan pegawai BUMN ini terjun dan fokus dalam bisnis boneka. "Saya mulai bisnis ini tahun 2009 dengan modal Rp 15 juta dan dapat omset perbulan Rp 5-10 juta dan akhirnya saya keluar dari BUMN," begitu ungkapnya.

Tahun 2010 adalah masa perpisahan dirinya dengan BUMN, dan fokus serta memberanikan diri untuk maju ke home Industrinya yaitu "bisnis boneka online'"Saya keluar dari BUMN, omset penjualan saya meningkat di tahun 2010 menjadi Rp 10-30 juta dan terus berkembang, tahun 2011 saya dapat omset Rp 100 juta rupiah dan target saya tahun 2012 adalah lebih meningkat dari Rp 100 juta rupiah," lanjut ucapannya.Dewanto mengungkapkan pasar domestiknya mecakup Aceh sampai Papua. "Dari tahun 2009 sampai 2012, market domestic terus berkembang dan omset bertambah dan saat ini saya sedang membuat boneka EMO (EMOTICON/BLAKBERRY)," ucapnya.

Tercatat dari tahun 2009 hingga 2012 ada 440 pelanggan eceran, 34 Grosir dan 15 Perusahaan. Dari pelanggan, sebanyak 440 pelanggan menyumbang 20% pendapatannya, 34 Grosir menyumbang 65% dan 15 perusahaan menyumbang 15%.

"Pendapatan dan omset saya paling banyak didapat dari pedagang grosiran yang sekali order bisa mencapai Rp 10 juta. Sekarang saya sudah dapat memperkerjakan 10 karyawan, saya sendiri sebagai trader dan produksi," ungkapnya.

Mencatat keberhasilan pada pasar domestik hingga saat ini, Dewanto masih punya keinginan untuk memperkenalkan produknya keluar negeri. "Saya punya impian untuk ekspor tetapi saya tidak tahu bagaimana caranya ekspor," katanya.

Menurutnya pemerintah harus lebih meningkatkan sosialisasi tentang tata cara ekspor dan ketentuan ekspor. Selain itu bahan baku yang sulit didapat dikeluhkan oleh Derwanto. Dewanto Purnomo lahir di Klaten Jawa Tengah pada tahun 1971, saat ini menjabat sebagai CEO PT Bisnis Optimasi Indonesia. Dewantoro merupakan Lulusan Fakultas Ekonomi UNS pada tahun 2004.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html


Dewanto Purnomo
Kantor: Taman kota Bekasi BLOK D1 No.8 Bekasi 17112

Membuat kandang ayam

>>> Membuat kandang ayam

Kini informasi peternakan ayam akan membantu anda, bagai mana memelihara ayam dan membuat kandang ayam yang sederhana, tapi dengan cara ini kita bisa meng-eksplore kepada bentuk skala besar tentunya, akan tetapi kita lebih baik belajar dan berawal dari hal yang kecil dulu.... seperti dalam contoh sebelumnya, kita membuat contoh hanya dengan total ayam sebanyak 75 samapi 100 ekor, praktek ini bisa di terapkan dalam memelihara ayam kampung , atau memelihara ayam broiler, semua teknik dasarnya pasti sama.. hanya mungkin dalam manajemen saja yang berbeda.

cara membuat kandang ayam tidak lah sulit, sebagai contoh, bagai mana saya cara membuat kandang ayam yang se-sederhana mungkin, dengan modal yang sederhana juga tentunya, akan tetapi kandang ini sudah saya terapkan 10 tahun yang silam (ketika saya memelihara ayam kampung ...di indonesia)

  • Ram kawat yang alas nya berwarna hitam
  • dinding papan yang di buat rapat. kotak yg berwarna putih
  • skets yang dapat di lepas yang berwarna merah.

Keterangan
  • Dinding yang terbuat dari papan, di pergunakan untuk malam hari saja.
  • Dan yang di batasi dengan sket yang dapat di lepas, lihat gambar. adalah kandang kotak yang di buat dengan kawat ram.
  • Kandang yang di buat dinding nya dari kawat ram, di pergunakan untuk siang hari.. 
  • Skets pemisah sebaiknya di buat dengan papan atau teriplek saja, dan ketika membuka dan menutup.. harus dapat di buat dengan cara menarik papan skets tersebut ke atas... buat saja ya seperti itu.

Kenapa harus di buat dengan memakai kandang papan dan kawat??
Tujuannya adalah, ketika malam hari DOC membutuhkan suhu yang hangat, dan suhu yang hangat tersebut akan lebih baik jika ayam berada dalam kandang yang bisa tertutup..

Kenapa tidak di buat dari seng??
Karena jika terbuat dari seng, suhu seng yang di hasilkan dari suhu sekitarnya akan mempengaruhi suhu ayam, karena seng akan menghasilkan suhu yang dingin bila di banding kan dengan papan, papan tidak akan merubah suhu pada malam hari, kondisi suhu akan tetap seadanya.

Kenapa siang hari harus di simpan di kawat Ram??
Karena jika siang hari di simpan pada kotak papan tersebut, maka ayam akan mengalami suhu yang panas, itu tidak baik untuk kesehatan anak ayam atau DOC.

Apa keuntungan jika siang di simpan pada kotak ram??
Keuntungan nya adalah, ayam akan lebih menghirup udara pada siang hari, dan mendapatkan sinar matahari yang akan embantu pertumbuhan ayam tersebut, dan jika ayam tidak terkena sinar matahari langsung, maka kita harus membuat kandang , dan meracik makanan yang khas untuk closing house atau akdang tertutup, untuk membuat kandang yang khusus di buat dengan systerm closing house tidak lah gampang dan tidak murah.. jadi harus menyediakan modal yang besar,... untuk itu lebih baik kita menerapkan teknik yang sederhana ini.

Sampai kapan ayam di pelihara pada kotak indukan seperti ini?
Untuk memelihara anak ayam / DOC di dalam kandang ini, tidak harus lama, misalnya kita hanya memelihara ayam sampai umur 2 minggu saja, dan jika ayam semakin beranjak besar, maka tempatkan lah ayam pada kandang yang lebih besar lagi tentunya, pemeliharaan intensip seperti ini, boleh membantu kematian pada tahap awal, bila untuk ayam kampung, kaedah ini sangat berfungsi dengan baik. dan apabila anak ayam di peliara dengan cara alami (di asuh oelh induk ayam) dan dengan makanan seadanya , induk ayam akan mengajak anak2 nya menoreh sampah di tempat kotor, dan tempat kotor ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak ayam.
maka teknik memelihara anak ayam pada kotak indukan ini sangat berfungsi dan saya juga berhasil.

Jam berapa saya harus menjemur anak ayam di dalam kotak indukan tersebut??
Sebaiknya menjemur anak ayam di dalam induka tersebut tidak harus lama, kita mbutuhan 1 jam samapi 1.5 jam, waktu yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 10 pagi, jangan menjemur ayam pada sore hari.

Pada ayam umur berapa hari saya harus mulai mejemur ayam dalam indukan tersebut?
ada boleh mulai menjemur jika anak ayam sudah berumur 3 hari

Bagai mana cara perawatan nya, agar kandang ini bersih dari penyakit?
Untuk perawatan, kandang ini kan tidak besar, jadi pada pagi hari, sebaiknya kandang ini di jemur, untuk mendapatkan sinar matahari, sementara ayam akan di pindahkan ke kandang dengan dinding kawat ram (lihat gambar) dengan membuka sket pemisah, maka ayam akan lari dan pindah ke kotak ram tersebut.
setelah ayam pindah semua, maka kita ada waktu untuk membersihkan kandang ayam yang  tertutup, coba bersihkan dengan cara membuang kotoran dan mungkin makanan yang pada jatuh di alas kotak tersebut..

Jika makanan jatuh pada kotak tersebut, sebaiknya harus segera di buang, karena kalau makanan jatuh dan membusuk, akan menghasilkan jamur, dan makanan yang sudah menjamur, tidak baik untuk di konsumsi oleh anak ayam. maka dengan bersungguh2 ada niat di hati untuk memelihara ayam dengan baik,

Dalam arti baik dari segi teknik, segi disiplin pada diri sendiri, disiplin pada diri sendiri akan lebih baik dari modal apapun, karena jika sudah tidak di siplin pada diri sendiri, ayam akan tidak ter urus, seperti ayam lambat memberi makan, atau ayam kehabisan air minum, atau kandang ayam kotor... dan hal lain-lain.

Pada malam hari, bagai mana ayam telihat dengan suhu yang cukup?
Kita bisa melihat dari suhu yang di butuhkan, jika ayam sudah cukup hangat, maka ayam akan diam dan tidur dengan nyenyak, coba anda perhatikan pada malam hari, sebagai contoh baca sebelum nya di sini kita menggunakan lampu tempel sebagai bahan pemanas, nah jika ayam sudah terbiasa tidur dengan lampu tempel yang hangat, maka jika anda lupa menyala kan lampu tersebut, anak ayam akan berteriak-teriak dan tidak mau tidur, karena anak ayam merasa ada yang kurang... tidak percaya??? coba anda buktikan sendiri.. :)

Bagai mana cara penyimpanan lampu tempel di kandang tersebut?
Untuk penyimpanan pamu tempel, anda harus menyimpan dengan se-hati hati mungkin, buat lampu agar tidak terjatuh karena terdorong ayam, buat dudukan ayng kuat dalam kandang tersebut,


Untuk penyimpanan tidak sembarangan, perhatikan keternangan di bawah ini:
  • Lampu tempel di simpan di dalam kandang indukan di bagian tengah
  • Buat lubang pada bagian atas kotak indukan tersebut, yang fungsinya untuk mengeluarkan ujung kaca lampu keluar.
  • dan lampu tempel sebagai pemanas tersebut, kita simpan di bawah lubang yang di buat tadi , 
  • Jadi asap yang di hasilkan dari lampu tempel tersebut keluar dari kandang ayam
  • Posisi ujung lampu tempel tersebut harus lepas keluar kira-kira 5 cm dari lubang (yg kita buat di bagian atas kotak indukan)
  • Jika lubang kaca tersebut kurang panjang, maka berusaha lah supaya ujung lampu bagian atas yang mengeluarkan asap harus keluar, dengan cara menyambung dengan menggunakan pipa yang ukuran nya lebiih besar dari ujung lampu tersebut, kalau orang sunda ujung lampu tersebut biasa di panggil dengan sebutan song-song , 
  • jika suhu ayam kurang panas, maka tinggla putar saja agak cahaya lampu bertambah, dan kalau cahaya lampu bertambah maka suhu di dalam kandang juga akan bertambah tentunya, perhatikan ayam jangan sampai membuka mulut karena kepanasan ketika anak ayam ini tidur.
  • saya yakin anda sudah faham bagai mana penyimpanan lampu sebagai bahan pemanas kotak indukan ini.

Teknikal Tambahan untuk membuat kandang ayam
Untuk membari makanan pada kotak tersebut, sebaiknya jangan terlalu memberi makanan yang banyak ketika mereka tidur, berikan secukupnya saja, dan lebih baik memberikan makanan pada pad=gi hari ketika mereka berada pada kotak yang di buat dari kawat ram tersebut

Untuk anak ayam yang berumur 0-6 minggu (jika anda memelihara ayam telur dan ayam kampung), setiap 1 meter persegi, sebaiknya di pergunakan untuk paling banyak 20 ekor ayam,

Panduan untuk suhu yang di perlukan selama anak ayam membutuhkan suhu yang ideal dengan menggunakan kotak kutuk sebagai indukan ini:
  • anak ayam  atau DOC yang berumur 1 minggu panas yang di perlukan 32 sampai 35 derajat celcius, atau maksimal 95 derajat F. masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • Anak ayam atau DOC yang berumur 2 minggu , panas yang di perlukan 30 sampai 32 derajat celcius, atau maksimal 90 derajat F masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • anak ayam atau DOC yang berumur 3 minggu, panas yang di perlukan 29 sampai 30 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
  • Anak ayam atau doc yang berumur 4 minggu 26,6 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
Sumber : Muhsin.com


cara memelihara ayam petelur

Pase permulaan

Dalam pase permulaan berawal dari umur 0 hari sampai 6  minggu, dimana bentuk ukuran dan keseragaman sebagai tujuan bagi peternakan ayam. (untuk ayam petelur).

Pase kedua
Pase kedua berawal dari umur 6 minggu sampai 16 minggu ketika hewan ternakan (ayam) perlu di pelihara di bawah program pemakanan yang di kontrol dengan sangat teliti dan hati hati. untuk menghindari peternakan ayam dari berat badan yang berlebihan.

Pase ketiga
Pase ketiga berawal selepas 16 minggu dari umur ayam, dalam pase ini ayam di tuntut untuk mempercepat pertumbuhan untuk persediaan bagi perkembangan seksual dan untuk mencapai keseragaman berat badan yang optimal.

Rincian dari pase permulaan dan keterangan nya
Pase permulaan untuk ayam petelur adalah bermula dimana ayam di erami, atau mengeram, pengeraman minimal dari umur 1 sampai 14 hari.

Selain target berhasilnya proses 24 jam pertama ada juga target 14 hari pertama, yaitu ketika umur ayam menjelang 1 minggu atau 14 hari.
14 hari pertama atau umur ayam 1 minggu merupakan tempoh masa yang paling penting yang harus di fahami oleh seorang peternak.

Dalam ayam menjelang 14 hari dalam peternakan ayam petelur maupun ayam broiler, seorang peternak ayam perlu mengingat mengenai 4 dasar yang harus selalu di perhatikan adalah :


 
Air
  • Suhu
  • Kualitas udaraKepentingan dalam tempoh mengeram tidak boleh diabaikan. 14 hari pertama anak ayam menyediakan dasar bagi penghasilan yang baik, usaha-usaha yang di jalankan ketika bermulanya fase mengeram , jika berhasil akan memberikan kepuasan kepada peternak ketika penghasilan terakhir ternakan (panen).

Persiapan
makanan dan air yang segar
Sangat perlu di sediakan keadaan air dan makanan yang segar sebelum anak-anak ayam datang di kandang.

brooding dan alat pemanas
Perlu sering di periksa keadaan pemanas untuk memastikan alat2 pemanas tersebut berfungsi dengan baik.

Tempat minum
Tempat minum tambahan sangat di sarankan dari usia sehari sampai usia 7 hari
Gunakan tempat minum yang kecil (sesuai) dan jangan menggunakan tempat minum yang terlalu terbuka misalnya seperti baskom atau ember yang yang di potong atau bahan2 lainnya yang bersipat terbuka

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

 Sumber :Muhsin.com

USAHA TERNAK AYAM POTONG


Daging ayam merupakan daging favorit di negara kita. Hampir 100% orang Indonesia suka makan daging ayam, maka dari itu merupakan peluang yang sangat bagus berbisnis ternak ayam potong. Dulu pada waktu flu burung melanda dunia, bisnis ini menjadi hancur. Sebab tidak ada yang berani makan daging ayam, sehingga banyak para peternak yang gulung tikar. Sekarang berhubung issu flu burung sudah tidak ada, kesempatan memulai bisnis ini menjadi bagus. 

Saatnya sekarang ini untuk memulai mumpung masi banyak kandang-kandang bekas yang sudah tidak dipakai oleh pemiliknya untuk dibeli dengan harga murah dibandingkan dengan membuat kandang baru yang tentu lebih mahal. Usaha ini biasanya dilakukan dengan sistem kerja sama dengan peternak pembibitan ayam potong. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menyadiakan bibit, pakan dan obat-obatan, karena semua telah disiapkan oleh peternak pembibitan tadi. Dengan sistem kerja sama ini anda hanya menyiapkan kandang beserta alat-alat untuk pemeliharaan ayam potong dengan sistem bagi hasil 50%.

Dalam usaha pertanian, perkabunan, peternakan pokoknya agribisnis kita memiliki kemudahan, sebab banyak orang-orang yang ahli di bidang ini terutama di desa-desa. Sehingga tidak ada kesulitan dalam mencari pekerja yang ahli, dengan demikian kelancaran bisnis ini bisa dijamin. Namun kendala yang biasanya dialami pada usaha agribisnis adalah pekerja yang nakal dan tidak jujur. Tapi hal ini jarang terjadi sebab orang-orang desa kebanyakan jujur-jujur walaupun ada yang nakal tapi sedikit. Namun harus pandai-pandai memilih pekerja yang jujur, jujur apa tidaknya pekerja dapat diketahui dengan sistem penghitungan jumlah pakan yang dihabiskan berbanding jumlah hewan ternak, dengan perhitungan tadi dapat pula diketahui berat ternak tanpa harus menimbangnya.


Langkah-langkah yang dibutuhkan

Mencari lokasi yang tanahnya kering (bukan daerah persawahan) untuk menempatkan kandang dengan tujuan agar kandang tidak cepat rusak terutama kandang yang tiang-tiangnya terbuat dari bambu akan cepat rusak jika lokasi terletak pada tanah basah (karena kandang dari tiang bambu murah), namun jika tiang-tiang kandang terbuat dari kayu kelapa tidak masalah dibuat di atas tanah basah karena memakai penyangga beton (kandang bertiang kayu kelapa lebih mahal).

Usahakan mencari kandang bekas untuk dibeli, sebab berarti pernah dipakai sehingga sudah diperhitungkan oleh pemilik sebelumnya bahwa lokasi kandang bagus. Perlu diketahui apa penyebab kandang bekas tadi berhenti dipakai untuk penanggulangan, tapi biasanya para peternak ayam potong yang menutup usahanya kebanyakan disebabkan oleh kasus flu burung. Jika ini penyebabnya maka kandang bekas tersebut baik untuk digunakan sebab kasus flu burung sudah reda (sudah tidak ada).
Jika tidak menemukan kandang bekas, buatlah kandang untuk ukuran isi 4000 ekor ayam. Biasanya sudah ada tukang ahli dalam pembuatan kandang yang menawarkan jasa pembuatan kandang lengkap dengan peralatan tempat pakan, penghangat, tempat air minum, dll.

Temui peternak pembibitan ayam potong untuk diajak kerja sama dengan sistem bagi hasil. Dengan sistem ini akan mempermudah dalam pengadaan semua yang dibutuhkan karena peternak pembibitan biasanya menyediakan kebutuhan-kebutuhan ternak yang lengkap dan tidak perlu repot-repot dalam pemasarannya karena biasanya mereka yang beli kembali hasil panen kemudian dihitung jumlah kebutuhan yang telah dihabiskan baru setelah itu keuntungan dibagi. untuk ukuran kandang isi 4000 ekor diisi dengan 3700 ekor agar kandang menjadi lega.

Mencari pekerja yang bertugas mengurus pakan dan minuman ternak dan memelihara sesuai dengan cara yang benar dengan upah yang sesuai, untuk 3700 ekor ayam dibutuhkan 2 orang pekerja (setiap satu orang diupah Rp600.000,-). Kemudian usahakan untuk selalu datang mengontrol setiap hari walaupun hanya sebentar setiap sore pada waktu ternak diberi pakan.

Proses kerja usaha ini

Sehari sebelum bibit ayam didatangkan kandang harus dipersiapkan, letakkan terpal pada seluruh lantai kemudian sebarkan gabah padi di atasnya dan siapkan pula terpal atau sambungan karung-karung untuk menutup rapat dinding kandang. Ini bertujuan agar kandang tetap hangat. Kemudian siapkan 40 karung pakan (setiap pengiriman pakan 40 karung, total pakan yang dihabiskan 260 karung per karung seberat 50kg).

Pada hari bibit ayam didatangkan siapkan triplek sebagai sekat yang dibuat melingkar dengan ketinggian 60cm berdiameter 4 meter, sekat dengan diameter tersebut untuk menampung sekitar 600 ekor bibit ayam. Jadi untuk 3700 ekor ayam diperlukan enam lingkaran skat.Letakkan sebuah kompor penghangat (kompor khusus untuk penghangat ayam) di tengah-tengah setiap lingkaran skat, kemudian letakkan 15 tempat pakan (talam berdimeter 50cm) dan 8 unit tempat air minum di setiap skat.

Beri pakan dan air minum setiap pagi dan sore, setiap sore air dicampur dengan obat anti stress (disediakan oleh bos bibit). Setelah 4 atau 5 hari ternak diberi vaksin Ende dengan cara diteteskan pada mata ternak. Kemudian tempat pakan (talam) diganti dengan tempat pakan khusus ayam yang ditaruh dengan menggantungkannya setinggi 2cm dari lantai kandang dan terpal penutup dinding dibuka bagian atasnya. Sekat diperbesar sesuai dengan kepadatan ternak yang semakin besar.

Pada hari ke12 diberikan vaksin Rumboru yang dicampurkan pada susu skin (susu untuk pertumbuhan bulu ayam), kemudian alas kandang (terpal dan gabah) dibongkar dan alat penghangat berhenti dipakai,  kemudian lingkaran skat dan terpal penutup dinding dibuka. Kandang dibersihkan jika musim panas cukup sekali saja dibersihkan, namun jika musim hujan maka kandang harus dibersihkan setiap seminggu setelah hari ke12. Skat diganti dengan skat ruang kandang dengan bambu yang di buat di setiap jarak 10 meter diberi jarak 2 cm antara bambu-bambu skat, setiap sekat tetap berisi 600 ekor ayam, kemudian tempat pakan ditambah menjadi 26 unit dan digantungkan lebih tinggi dari permukaan lantai kandang menjadi 6 cm.

Pada hari ke18 ternak diberikan vaksin Ende yang dicampurkan pada susu skin, setiap pemberian vaksin dilakukan pada waktu sore. Kemudian seminggu sebelum panen yakni di hari ke 28, obat anti stress berhenti diberikan.Segala sesuatunya mulai dari jumlah pakan, obat anti stress, vaksin, semua dihitung dan dicatat untuk dijadikan data yang akan dicocokkan dengan data peternak bibit (boss yang mensuplai segala kebutuhan tadi) agar penghitungan bagi hasil menjadi benar. 

Begitu pula pada waktu panen semua ternak yang dikeluarkan untuk dijual harus ditimbang dan dicatat untuk dijadikan data. Adapun ayam yang afkir dipisah penimbangan dan pendataannya, sebab harganya lebih murah dari yang normal, jika yang normal berharga Rp14.000,- per kg maka yang afkir berharga Rp10.000,-.

Panen biasanya dilakukan 6 kali selama satu tahun. Setelah panen kandang dibiarkan selama tiga hari menunggu sampai kotoran ternak kering baru setelah itu dibersihkan dan kotoran dikumpulkan dalam karung-karung bekas pakan dapat dijual seharga Rp2000,- kepada petani untuk dijadikan pupuk, dalam sekali panen bisa menghasilkan 150 karung kotoran. Begitu pula dengan karung bekas pakan dapat dijual seharga Rp2000,-. Hasil penjualan kotoran dan karung bekas dapat menutupi ongkos air PDAM dan listrik dan minyak tanah bahan bakar penghangat kandang.

Jumlah biaya yang dihabiskan dan keuntungan yang dihasilkan.

Sewa tanah beserta kandang yang dapat menampung 4000 ekor ayam Rp15.000.000,- per tahun.
Biaya gaji 2 orang pekerja Rp600.000,- per orang per sekali panen Rp1.200.000,- .
Biaya bibit per kardus isi 100 ekor Rp370.000,- total harga 37 kardus berisi 3700 ekor bibit ayam Rp13.690.000,-(dibayar setelah panen).

Biaya pakan per kwintal Rp265.000,- pakan yang dihabiskan sekali panen adalah 130 kwintal seharga Rp265,000,- kali 130 kwintal sama dengan Rp34.450.000,-.(dibayar setelah panen)
Biaya 20 bungkus obat anti stress yang dihabiskan selama sekali panen adalah Rp240.000,-(dibayar setelah panen).

Biaya 24 botol vaksin selama sekali panen Rp360.000,- (dibayar setelah panen).
Dari 3700 ekor bibit biasanya dapat dipanen 3500 ekor per ekor rata-rata memiliki berat 1,5kg, maka hasil penjualan sekali panen Rp14.000,- dikali 5250kg (berat 3500 ekor ayam) sama dengan Rp73.500.000,-.

Keuntungan yang didapat adalah : hasil penjualan Rp73.500.000,- dikurangi jumlah total biaya pakan, bibit, obat anti stress, vaksin Rp48.740.000,- sama dengan Rp24.760.000,-.
Karena sistem kerja bagi hasil dengan penyuplai bibit dan kebutuhan 50%-50%, maka keuntungan yang didapat dibagi dua menjadi Rp12.380.000,- per sekali panen.

Modal yang harus disiapkan pada awalnya adalah untuk pembiayaan kandang. Jika menyewa kandang orang maka cukup Rp15.000.000,-.Jika menyewa tanah 10 tahun dan membikin kandang sendiri untuk isi 4000 ekor maka jumlah modal yang harus disiapkan uang sewa tanah Rp10.000.000,- plus biaya kandang Rp60.000.000,- sama dengan Rp70.000.000,-.

Pemasaran
Untuk pemasaran hasil panen karena memakai sistem kerja sama maka sudah diurus oleh klien pembibitan sehingga kita tidak perlu memikirkan pemasaran.

Penutup
Sungguh mengherankan jika melihat fakta bahwa masi banyak penduduk negeri ini yang hidup di bawah garis kemiskinan. Padahal negara kita memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Mungkin karena sangat jarang yang memanfaatkan kekayaan alam kita, termasuk pemerintah yang tidak memperdulikan rakyatnya yang didesa yang membutuhkan modal untuk mengelola kekayaan alam mereka. Semoga pembaca terbuka fikirannya sehingga tertarik untuk memaksimalkan pemanfaatan kekayaan alam kita.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html
 


Cara Beternak Ayam Kampung Pedaging

Mengubah sistem beternak ayam kampung dari sistem ekstensif ke sistem semi intensif atau intensif memang tidak mudah, apalagi cara beternak sistem tradisional (ekstensif) sudah mendarah daging di masyarakat kita. Akan tetapi, kalau dilihat nilai kemanfaatan dan hasil yang dicapai tentu akan menjadi faktor pendorong tersendiri untuk mencoba beternak dengan sistem intensif. Menurut Pararto Wicaksono, untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam usaha beternak ayam kampung, maka perlu kiranya memperhatikan beberapa hal berikut :


1. Bibit
Bibit mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha peternakan. Bibit ayam kampung (DOC) dapat diperoleh dengan cara : membeli DOC ayam kampung langsung dari pembibit, membeli telur tetas dan menetaskannya sendiri, atau membeli indukan untuk menghasilkan telur tetas kemudian ditetaskan sendiri baik secara alami atau dengan bantuan mesin penetas. Kami tidak akan menguraikan sisi negatif dan positif cara mendapatkan DOC ayam kampung karena akan memerlukan halaman yang panjang nantinya. Secara singkat DOC ayam kampung yang sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut : dapat berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap, tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat.

2. Pakan
Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam menyusun atau memberikan ransum adalah kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Jumlah pakan yang diberikan sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :

* 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
* 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
* 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
* 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
* 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
* 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
* 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
* 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu
Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika.

3. Perkandangan
Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan desinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.

 Ukuran kandang : tidak ada ukuran standar kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam. Bentuk kandang yang dianjurkan adalah bentuk postal dengan lantai yang dilapisi litter yang terdiri dari campuran sekam, serbuk gergaji dan kapur setebal ± 15 cm. Model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.

Pemeliharaan ayam kampung di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-4 minggu) dan fase finisher (umur 5-8 minggu). Pada fase starter biasanya digunakan kandang bok (dengan pemanas) bisa bok khusus atau juga kandang postal yang diberi pagar. Suhu dalam kandang bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher digunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.

 4. Manajemen Pemeliharaan
Manajemen atau tatalaksana pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan suatu usaha peternakan yaitu sekitar 40%. Bibit berkualitas serta pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan suatu usaha apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat. Sistem pemeliharaan pada ayam kampung bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu :

* Ekstensif /tradisional (diumbar), tanpa ada kontrol pakan dan kesehatan

* Semi intensif (disediakan kandang dengan halaman berpagar), ada kontrol pakan dan kesehatan ternak akan tetapi tidak ketat

* Intensif (dikandangkan seperti ayam ras), ada kontrol pakan dan kesehatan dengan ketat
Model pemeliharaan ayam kampung secara intensif lebih disarankan dari yang lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari cara beternak secara intensif, akan tetapi kami tidak dapat menguraikannya di sini.

5. Pengendalian Penyakit
Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengendalian penyakit. Kita semua akan setuju dengan statement “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan tindakan antara lain :

1. Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
2. Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
3. Melakukan vaksinasi secara teratur
4.Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
5. Manajemen pemeliharaan yang baik
6. Kontrol terhadap binatang lain.

Demikian cara beternak ayam kampong pedaging, semoga dapat menambah pengetahuan kita dalam hal beternak dan menjadikan cara beternak kita lebih baik.(hms)

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Sumber : http://peternakan.umm.ac.id 


6 Sebab Gagalnya Waralaba

Banyak orang menyangka berbisnis waralaba merupakan langkah pasti menuju sukses. Tapi pada kenyataannya, banyak alasan yang membuat bisnis waralaba berakhir tidak seperti yang diperkirakan.

Dalam artikel yang dikutip dari investopedia, terdapat beberapa pertimbangan yang bisa anda kaji sebelum terjun langsung ke bisnis waralaba. Kenali 6 penyebab kenapa bisnis waralaba mengalami kegagalan.


1. Modal awal dan royalti waralaba yang cukup tinggi

Modal awal dan franchise fee bisa sangat mempengaruhi laba penyewa bisnis waralaba. Sebagai contoh, jika anda ingin membuka waralaba McDonald's, anda harus punya lokasi sendiri (sewa maupun milik), belum lagi royalti waralaba sekitar Rp 405 juta (US$ 45.000) untuk memegang hak waralaba selama 20 tahun, setelah masanya habis maka bisa diperpanjang.

Jika dihitung-hitung secara total, biaya yang anda harus keluarkan untuk membuka sebuah restoran cepat saji McDonald's berkisar antara Rp 4,5 miliar sampai Rp 14,4 miliar. Yang paling merepotkan adalah, franchise fee yang harus disetorkan per tahun. Setiap tahun, pemegang pemegang waralaba harus menyetorkan 12,5% omzetnya ke pemilik waralaba. Jadi, berapapun omzet anda atau sebaik apapun bisnis, anda akan terus terikat dengan peraturan ini.

Ongkos sewa tahunan ini merupakan syarat paling standar dalam dunia waralaba. Bahkan, Burger King meminta tambahan 4,5% jika ongkos waralabanya mencapai Rp 450 juta, sama seperti Dunkin' Donuts yang meminta tambahan 5,9% untuk franchise fee di kisaran Rp 360-720 juta tergantung lokasi.

Dikurangi gaji karyawan, uang makan dan pajak, bisa terlihat bahwa memegang lisensi waralaba tidak semudah seperti kelihatannya.

2. Biaya bahan baku yang mahal

Untuk anda bisa tetap berbisnis, kebanyakan pemilik waralaba memaksa para pemegang lisensinya untuk membeli bahan baku dari pensuplai yang biasanya masih ada hubungan 'spesial' dengan si pemilik waralaba. Biasanya, harga yang ditetapkan oleh pensuplai ini lebih tinggi ketimbang harga pasar.

Bahkan, beberapa pemilik waralaba makanan cepat saji mematok 5-10% lebih tinggi dari harga pasar untuk produk-produk seperti sayuran, tomat atau bahan baku lainnya. Padahal, sayuran tetap sayuran yang harganya biasanya hampir sama, tapi ini menjadi salah satu cara lain si pemilik waralaba menggenjot laba.

Jangan sekali-sekali anda membatalkan pesanan bahan baku dari si pemilik waralaba, karena bukan tidak mungkin ia kan memutus kontrak anda di tengah jalan sehingga anda tak lagi bisa berbisnis.

3. Minimnya pendanaan

Kebanyakan pemegang lisensi waralaba tidak punya akses ke pendanaan yang baik. Jadi, jika butuh tambahan modal, kebanyakan pemegang lisensi waralaba harus merogoh koceknya sendiri. Bisa dibilang, pemegang lisensi waralaba bergantung pada diri sendiri.

Beberapa pemilik waralaba mengetahui hal ini dengan baik sehingga memberikan opsi cicilan untuk franchise fee, modal awal, bahan baku dan peralatan untuk memulai waralaba. Situasi seperti ini biasanya lebih menarik para calon pemegang lisensi waralaba.

4. Minimnya kontrol lokasi

Beberapa waralaba punya aturan untuk tidak terlalu banyak membuka tokonya di sebuah kota demi menghindari saturasi pasar dan omzet yang anjlok. Akan tetapi banyak juga waralaba yang membuka toko sebanyak mungkin di sebuah kota demi menggenjot penjualan.

Itulah mengapa bukanlah sesuatu yang aneh jika anda melihat lima gerai McDonald dalam radius 8 km karena perusahaannya berusaha untuk meraup setiap uang yang ada di wilayah tersebut. Pemilik waralaba memang dapat untung banyak, tapi yang menderita adalah gerai si pemegang lisensi waralaba, karena tiap muncul satu waralaba di lokasi yang sama, maka omzetnya bisa turun sampai setengah.

5. Kurang kreatif

Sebauh waralaba biasanya mewajibkan keseragaman. Mulai dari dekorasi toko, papan reklame, produk yang ditawarkan sampai seragam pelayannya harus sama. Untuk orang yang menyukai kreatifitas, ini bisa membuat frustasi.

Jadi, jika anda yang terbiasa menjadi bos bagi diri sendiri, keseragaman ini mungkin cukup sulit dilakukan. Mungkin anda tidak cocok untuk berbisnis waralaba.

6. Pemilik waralaba kurang mengenal daerah baru

Anda pasti sering mendengar kalau kunci sukses dalam berbisnis adalah lokasi, lokasi, lokasi. Pasalnya, lokasi memang sangat mentukan sukses atau gagalnya sebuah bisnis.

Intinya, jika anda tidak bisa menemukan lokasi yang tepat untuk membuka waralaba, anda pasti akan kesulitan, karena si pemilik waralaba pun tidak bisa banyak membantu anda dalam menentukan lokasi.

Contohnya waralaba pizza. Anda tidak bisa dengan mudah membuka gerai pizza di sebuah daerah yang cukup ramai penduduk. Tetapi, anda juga harus perhatikan tingkat usia di lokasi tersebut.
Salah besar jika anda membuka gerai pizza di lingkungan ramai tapi isinya orang tua. Lebih baik anda cari lingkungan yang lebih sepi tapi isinya anak muda semua.

Riset seperti ini lah yang biasanya tak dimiliki oleh si pemilik waralaba. Si pemegang lisensi waralaba lah yang bertugas untuk melakukan riset ini sendirian tanpa bantuan kantor pusat.

Kesimpulan:

Menjalankan bisnis waralaba adalah sebuah keputusan serius yang harus dilaksanakan dengan hati-hati. Sebelum anda menyewa waralaba, banyak belajarlah mengenai perusahaan yang jadi target, begitu pula dengan produk dan lokasinya. Karena bahkan dengan produk dan lokasi yang baik, belum tentu anda bisa meraup laba. Jadi, pastikan adan tahu risikonya sebelum membuka waralaba.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

(Sumber : detikcom)


Pengusaha Anggap Outsourcing Tetap Dibutuhkan

Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia atau APINDO menilai tenaga kerja outsourcing masih diperlukan. Apindo berharap pihaknya bisa duduk bersama dengan Mahkamah Konstitusi dan buruh agar keputusan itu tidak merugiakan siapapun.
"Jadi kita berharap dipanggil supaya bisa ditafsirkan secara tepat putusan itu," ujar Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi.

Sofyan menambahkan, pihaknya sedang mempelajari secara rinci putusan tersebut supaya tidak timbul salah pengertian. Dalam mengambil keputusan, ia mengimbau agar Mahkamah Konstitusi, pengusaha dan buruh bisa duduk bersama dalam menyikapi hal ini. Ia juga berpesan agar jangan sampai ada penafsiran secara politik dalam putusan ini.

Secara pribadi, Sofyan mengakui memang ada pengusaha ada outsourcing nakal yang sering menyalahi aturan seperti menahan gaji pekerja. Namun, ia menilai outsourcing masih sangat diperlukan terutama bagi perusahaan yang dalam situasi tertentu membutuhkan tenaga kerja temporer yang cukup banyak.

"Masalah memang ada, tapi tetap diperlukan karena di seluruh dunia ada outsourcing," tegasnya.
Sekali lagi Sofyan menegaskan, keberadaan tenaga kerja outsourcing masih sangat dibutuhkan. Jika tidak ada outsourcing, menurut Sofyan hal itu akan berimbas pada melesatnya jumlah pengangguran.

Untuk itu, Sofyan menyatakan perlu melihat pelaksanaan teknisnya lebih dahulu. Ia menilai mahkamah konstitusi baru melihat sebatas undang-undang saja yang tidak memperbolehkan adanya diskriminasi.

Ia mengaku sebenarnya tidak masalah jika memang harus menyetujui keputusan tersebut. Hanya saja, tegas Sofyan, keputusan itu justru akan banyak merugikan buruh. Ia berharap sesegera mungkin bisa mengajak mahkamah konstitusi, pengusaha, dan buruh untuk duduk bersama-sama agar tidak terjadi salah tafsir dalam putusan tersebut.

"Kalau memang harus ikut putusan kita ikut saja, tapi nanti kan buruh nggak bisa kerja, jadi tidak boleh ada yang dirugikan," imbuh Sofyan.Sebelumnya, MK memutuskan, ketidakpastian pekerja dengan sistem kontrak, termasuk outsourcing, telah melanggar konstitusi. Putusan ini dinilai memberi dampak positif pada pemenuhan hak-hak buruh.

Dalam putusannya, MK mengabulkan sebagian permohonan pengujian Undang-Undang (UU) No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Permohonan pengujian UU Ketenagakerjaan ini diajukan oleh Didik Suprijadi yang mewakili lembaga swadaya masyarakat (LSM) Aliansi Petugas Pembaca Meter Listrik Indonesia (AP2MLI). Oleh MK, aturan untuk pekerja outsourcing (penyedia jasa pekerjaan) dalam UU tersebut,yaitu Pasal 65 ayat (7) dan Pasal 66 ayat (2) huruf b dianggap inkonstitusional jika tidak menjamin hakhak pekerja.

Mahkamah menilai posisi buruh outsourcing dalam hubungannya dengan perusahaan menghadapi ketidakpastian kelanjutan kerja apabila hubungan kerja dilakukan berdasarkan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Perjanjian kerja ini memberi implikasi jika hubungan pemberian kerja antara perusahaan pemberi kerja dengan perusahaan outsourcing habis, habis pula masa kerja buruh.

Mahkamah kemudian menentukan dua model bentuk perlindungan hak-hak pekerja, yaitu mensyaratkan agar perjanjian kerja antara pekerja dan perusahaan yang melaksanakan pekerjaan outsourcing tidak berbentuk PKWT, tetapi berbentuk perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT). Kedua,menerapkan prinsip pengalihan tindakan perlindungan bagi pekerja yang bekerja pada perusahaan yang melaksanakan pekerjaan outsourcing.

Model pertama, hubungan kerja antara pekerja dan perusahaan outsourcing dianggap konstitusional sepanjang dilakukan berdasarkan PKWTT secara tertulis. Sementara model kedua, dalam hal hubungan kerja antara pekerja dan perusahaan outsourcing berdasarkan PKWT, pekerja harus tetap mendapatkan perlindungan hak-haknya dengan menerapkan prinsip pengalihan tindakan perlindungan.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

(Sumber : detikcom)



Eks Pengguna Narkoba Yang Sukses Berbisnis Susu

Fauzan Rachmansyah (27) tidak membayangkan nasib akan berpihak padanya. Terjerat narkoba sejak SMP, Fauzan tak pernah membayangkan dirinya bisa menangguk sukses dari bisnisnya.Ia rupanya berjuang keras keluar dari jeratan narkoba. Setelah hijrah dari Jakarta ke kota gudeg Yogyakarta, kehidupan baru ditatanya, hingga diusianya yang terbilang muda dirinya sudah mempunyai usaha kedai susu segar beromzet miliaran rupiah dalam setahun.

Kedai susu dengan brand "Kalimilk" yang baru dibuka akhir 2010 saat ini sudah menjadi brand terkenal di Yogyakarta hampir tiap malam selalu penuh. Bahkan dua kedai milik Fauzan ini selalu dinanti oleh para tamu yang tidak kebagian meja.

"Omzet dua kedai susu segar saya setahun bisa mencapai Rp 1,1 miliar setahun, padahal baru buka tahun lalu, tepatnya Juni 2011, dan dengan modal Rp 70 juta dengan modal pinjaman," ujar Fauzan.
Kalimilk yang merupakan brand dari PT Farbes Indonesia, mendapatkan suplai susu dari peternakan sapi miliknya sendiri. Rencananya, pada tahun 2012 Kalimilk akan melebarkan sayapnya ke beberapa kota di Indonesia, seperti Solo, Malang, Jakarta dan kota-kota lainnya.

Kesuksesan yang ia dapatkan saat ini bisa dibilang dicapai dengan jalan berliku. Menurut Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini, dirinya yang dulu sempat terjerat lingkaran setan Narkoba, pernah menjadi penjual sepatu, kemeja keliling, penjual spare part kendaraan sampai supir truk.

"Apapun saya lakukan untuk kencari uang makan, apalagi saya lulus SMA harus berjuang di kota baru yakni Yogyakarta, apalagi saat itu ayahanda meninggal dunia pada 2004, tambah beratlah langkah hidup saya," kenang Fauzan.

Hijrah dirinya ke Yogya pada 2003, juga atas perintah ayahnya, dikarena saat sekolah SMP-SMA di Jakarta, dirinya tidak bisa lepas dari penggunaan narkoba."Untuk mengubah saya, pilihannya harus pindah lingkungan, dipilihlah, Yogya. Dikota itu saya benar-benar merasakan susahnya mencari uang," kenangnya lagi.

Berbagai pekerjaan dilakukan, sampai akhirnya ditawari seorang keluarga untuk menjadi marketing, dari sinilah pekerjaannya sedikit banyak bisa ditabung dan bisa beli tanah dan bisa membiayai pernikahannya.

"Tahun 2007 sudah bisa beli tanah, dan dibangun rumah, disitu mulai ada ide berternak sapi perah, dan sampai awal 2010 jumlah sapi sudah mencapai 52 ekor," ujarnya.Setiap tamu dan kerabat yang datang ke peternakannya, selalu mendapatkan suguhan susu hasil peternakannya, bahkan istrinya sering menambahkan rasa buah-buahan seperti jambu, anggur, jeruk dan lainnya.

"Banyak tamu dan kerabat yang bilang susunya enak, kenapa tidak dijual saja? Dari sanalah ide ingin menjual susu yang akan diberinama Kalimilk datang," ungkapnya.Rencananya, Kalimilk baru akan dibuka awal 2011. Namun karena sempat terganggu oleh letusan merapi menerjang kota Yogya. Sebanyak 12 ekor sapinya pun mati dan lainnya menurun produktivitasnya. Tapi peristiwa itu justru membuat Fauzan mempercepat pembukaan 'Kalimilk'.

"Namun tekat yang kuat, kami bangkit lagi. Juli mengandalkan sapi yang ada, saya buka kedai di depan kantor kami, tidak menyangka antusiasnya begitu besar," katanya.Bahkan dengan jumlah ratusan ekor yang dimiliki dan para petani binaannya, belum cukup untuk memenuhi kebutuhan susu segar di kedua kedainya saat ini.

"Ya, siapa yang menyangka hanya jual minuman susu, untungnya bisa sebanyak ini. Dengan keunggulan rasa susu yang lebih crem dibandingkan susu lainnya, dan dengan perahan yang tepat menghasilkan Kalimilk sebagai susu low fat, tahun ini dirinya menargetkan produknya akan ada di beberapa ritel besar di Indonesia" optimisnya.

"Bahkan brand Kalimilk saat ini sudah ada 10.800 follower di Twitter, terbanyak di dunia mengalahkan Nestle yang hanya 9.000 Followers dan Cimori hanya 3.000 followers. Sebuah merk susu lokal, mengalahkan followers brand dunia, tentunya suatu kebanggaan bagi saya," tandas salah satu pemenang Wirausaha Mandiri ini.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

(Sumber : detikcom)

Mengintip Peluang Bisnis Pembayaran Online

Bisnis loket pembayaran online atau sering disebut PPOB alias payment point online bank marak belakangan ini. Kita bisa menemukan loket PPOB bertebaran di berbagai lokasi, terutama di kawasan perumahan.

Loket tersebut banyak didatangi orang karena melayani pembayaran PLN, PDAM, telepon, dan lain-lain. Padahal, kita tahu bahwa listrik dan telepon banyak sekali penggunanya. Alhasil, bisnis PPOB kian menjanjikan. Nah, kalau mau, Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini.

Caranya mudah kok. Anda tinggal mengajukan kerja sama dengan perusahaan PPOB. Kebetulan, saat ini banyak perusahaan PPOB yang membuka kerja sama dengan masyarakat yang berminat terjun ke usaha ini.

Salah satu yang sudah sukses menjalani usaha ini adalah Ahmad Fuad. Sejak 2009, ia menjadi mitra PT Acsyndo yang bekerja sama dengan Bank Bukopin. Ia melayani mulai dari pembayaran listrik, PDAM, telepon, dan cicilan sepeda motor .

Hingga kini ia mampu melayani sebanyak 3.600 transaksi, dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 2,7 miliar per bulan. Pendapatan bersihnya berasal dari fee yang dihitung per transaksi.Besaran fee setiap transaksi rata-rata sebesar Rp 1.000. "Taruh kata, kalau dihitung rata-rata Rp 1.000 per bulan, ya saya mendapat pemasukan bersih sekitar Rp 3,6 juta per bulan," imbuhnya.

Selain PT Acsyndo, masih banyak perusahaan PPOB lain yang menawarkan skema kerja sama semacam ini. Salah satunya adalah PT Bangun Usaha Energi Perkasa (BUEP) yang bekerja sama dengan Bank BRI.

Wengku Hari Agung, Kepala Cabang Wilayah Jawa Barat - DKI Jakarta PT Bangun Usaha, bilang bahwa syarat menjadi mitra perusahaannya cukup mudah. "Calon mitra cukup menyediakan lokasi loket dan komputer," ujarnya.

PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya (BPRKS) juga melayani bisnis PPOB. Ribrata Sallata, Supervisor Marketing BPRKS mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah memiliki 2.000 mitra. "Setiap mitranya rata-rata memiliki lebih dari seribu transaksi," ujarnya.Menurut Ribrata, usaha ini menarik dijadikan sebagai bisnis sampingan. Kalau Anda tertarik menjajal usaha ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya:


• Investasi

Modal awal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini sangat kecil. Wengku Hari Agung bilang, investasi yang harus dikeluarkan mitra cukup dengan menaruh deposit uang sebesar Rp 100.000. Selain itu, mitra juga harus menyediakan lokasi loket dan seperangkat komputer.

Sementara syarat administratif berupa fotokopi identitas dan rekening BRI. "Jika semua syarat sudah dipenuhi, dalam seminggu sudah bisa beroperasi," ujar Agung. Ribrata Sallata mengatakan, pihaknya menawarkan dua sistem kemitraan. Pertama, paket transaksi menggunakan mesin electronic data capture (EDC). Untuk paket ini, mitra wajib menyewa mesin EDC selama tiga tahun senilai Rp 4,5 juta. Melalui mesin ini, pembayaran listrik dapat dilakukan secara online.

Paket kedua melalui pendaftaran internet banking. Menurut Ribrata, mitra harus membayar registrasi senilai Rp 610.000 dan memasukkan deposit saldo untuk keperluan transaksi. "Jika sudah menjadi mitra, otomatis mereka akan punya rekening di BPRKS," ungkapnya.



• Lokasi

Bila investasi sudah terpenuhi, carilah lokasi yang strategis. Faktor lokasi memang sangat menentukan. Menurut Agung, lokasi loket usahakan berada di daerah perumahan atau permukiman kelas menengah ke bawah.

Soalnya, penduduk kelas ini tidak terlalu suka menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) sebagai tempat pembayaran tagihan listrik. "Mereka lebih suka datang langsung ke loket," kata Agung.Adapun orang-orang kelas menengah ke atas umumnya lebih suka membayar tagihan lewat telepon seluler. Dengan begitu, kebanyakan mereka enggan mendatangi loket pembayaran.

Ribrata mengatakan, umumnya mitra BPRKS menjadikan usaha ini sebagai bisnis sampingan. Mereka lebih suka membuka loketnya di depan rumah. Adapun sasaran konsumennya adalah masyarakat setempat. "Rata-rata mitra kami bisa melakukan 1.000 transaksi setiap bulan," kata Ribrata.


• Pemasaran usaha

Menurut Fuad, yang sudah menjalani usaha ini, pemasaran loket PLKN tidak susah. Saat pertama kali memulai usaha ini, ia gencar menyebar brosur ke rumah-rumah penduduk. Kepuasan konsumen juga sangat diperhatikan, sehingga loketnya tersebar dari mulut ke mulut. "Yang paling penting pelanggan harus merasa nyaman dan percaya kepada saya," kata dia.

Ribrata mengatakan, saat seseorang telah resmi menjadi mitra, pihaknya akan memberikan pelatihan (training) agar dapat melakukan pemasaran secara luas. "Kami juga memberikan alat promosi berupa sebuah spanduk dan brosur sebanyak 500 lembar," kata dia.

Di PT Bangun Usaha Energi Perkasa juga ada pelatihan bagi mitra. Menurut Agung, yang paling penting dilakukan mitra adalah aktif memasarkan produknya. "Promosi itu di tangan mitra, mereka harus rajin keliling ke rumah-rumah," tukasnya.

Menjalani usaha ini, menurut Agung, tidak cukup hanya menunggu di loket. Lebih cocok lagi, loket tersebut juga menjual voucher pulsa telepon seluler. Dengan begitu, pelanggan langsung tahu bahwa di tempat itu melayani pembayaran listrik, ataupun pembayaran kredit sepeda motor. Berminat?

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html


(Sumber : kontan online)


Optimisnya Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias sempat booming 3-5 tahun lalu. Banyak pelaku bisnis yang sukses meraih untung dari bisnis tersebut. Kepopuleran bisnis ini juga dipicu dengan popularitas sejumlah varietas tanaman hias tertentu yang bagi sebagian besar orang, khususnya kaum pecinta tanaman hias, dinilai memiliki hoki tersendiri dan keelokan bentuk tanaman yang mencirikhaskan keunikan. Sebut saja anthurium atau tanaman yang biasa dikenal dengan sebutan ‘gelombang cinta’.

Sayangnya, ketika gelombang ketenaran bisnis itu mencapai titik klimaks, potensinyapun semakin meredup. Walau masih potensial untuk dikembangkan dan memiliki pasar tersendiri tetapi peluangnya tidak sebesar masa-masa kejayaannya. Lalu, bagaimana potensi bisnis tanaman hias pada 2012 ini? Apakah masih tetap bersinar seperti sedia kala?


Masih banyak pelaku usaha di bidang ini yang optimis dalam memandang potensi bisnis tanaman hias. Mereka yakin pertumbuhan bisnis ini bisa meningkat dan bukan tak mungkin mendekati masa-masa kesuksesannya. Keoptimisan itu dilandasi dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis properti di tanah air. Bertambahnya jumlah perumahan, apartemen, hotel serta perkantoran dianggap mampu mendongkrak bisnis tanaman hias.

Tak dapat dipungkiri, pembangun sektor properti belakangan ini tak lagi sekedar mendirikan bangunan dan menawarkannya kepada masyarakat dengan hanya mengindahkan kekuatan gedung bangunan tersebut namun juga memberikan kenyamanan dengan nilai-nilai estetika pada tanaman hias.

Selain itu, gaya hidup eco-friendly yang telah menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir turut menjadi pemicu kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan asri nan indah dipandang mata. Karenanya, kehadiran beraneka jenis tanaman hias sangat penting dan tetap layak dibidik sebagai salah satu peluang yang cukup menjanjikan di tahun 2012 ini.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

(Sumber : ciputraentrepreneurship.com)


Beda Pebisnis dan Politisi Versi Dahlan Iskan


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menafsirkan bedanya seorang politisi dengan pebisnis. Menurutnya, seorang politisi, apabila sedang kumpul dengan sesama politisi, yang dibicarakan tiap hari, tiap jam, bahkan 24 jam, tidak jauh dari bagaimana menjatuhkan orang.

"Kalau seorang politisi kalau kumpul bareng teman-teman yang juga politisi, yang diomongi tidak jauh ngomongi kejelekan orang, menjelekkan orang, menyikut orang dan menjatuhkan orang, mau sejam ketemu bahkan 24 jam pun yang diomongi tidak jauh dari menjelekkan orang," kata Dahlan di Pesta Wirausaha TDA 2012 "expanding new generation characterpreneur" di Gedung Smesco-ukm, Jl jenderal gatot subroto, Sabtu (28/1/2012).

Namun, apa bedanya kalau pebisnis lagi kumpul? Menurut, Dahlan kalau lagi kumpul, omongan para pebisnis tidak jauh dari bagaimana memajukan usaha, dan segala macam optimisme lainnya."Kalau pebisnis lagi kumpul, apa sih yang dibicarakan, ya tidak lain bagaimana berhasil, bagaimana cara dapat peluang, bagaimana, seluruhnya untuk bagaimana menjadi sukses, itulah bedanya politisi dengan pebisnis," ujar Dahlan.

Dahlan Iskan yakin, jika seseorang ingin menjadi pengusaha, sudah seharusnya kumpulnya sering sama pengusaha, tidak memandang rekan usaha tersebut besar, kecil atau sukses atau belum sukses.
"Saya yakin orang jadi pengusaha, punya bakat pengusaha bisa ditulari atau ditularkan, tapi saya tidak percaya bakat pengusaha bisa dipelajari," tukas Dahlan.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

(Sumber : detikcom)


KULINER: Warung Rasa Cinta di Kota Pelajar

Bagi banyak orang, lambang cinta Shah Jahan kepada istrinya,Mumtaz Mahal yang diabadikan dalam bangunan megah Taj Mahal, menjadi hal yang menyentuh rasa. Jika ingin mendengar kisah serupa, tidak perlu jauh-jauh ke Agra, India.
Anda cukup datang ke bilangan Tirtodipuran, Yogyakarta. Di kota dengan sejuta sebutan, di mana waktu serasa mengalun lambat itu, Anda memang tak akan menjumpai Taj Mahal, melainkan Warung Bu Ageng.  
Selain menjadi alternatif wisata kuliner ala kota pelajar, Warung Bu Ageng merupakan salah satu kecintaan suami kepada istri.Mengapa? Warung ini didirikan dengan cita-cita bila nanti suami meninggal, secara keekonomian, sang istri tak lagi perlu menggantungkan diri pada siapa pun.
Di luar masalah filosofis, warung yang berarsitektur Joglo Jawa klasik dan bermodal awal mencapai miliaran rupiah ini, dibangun karena sang suami mengakui kepandaian sang istri dalam memasak.
  Di sana, di Warung Bu Ageng, Anda akan disambut dengan hidangan menu rumahan ala Rulyani Isfihana. Sebagai pemilik dan sekaligus yang bertanggung jawab dengan segala sajian menu yang terhidang, Rulyani tak hanya mengawasi puluhan anak buahnya, tetapi juga turun langsung dalam meracik bumbu.
Menu makanan yang terbilang bervariasi, sengaja disajikan secara berselang-seling setiap harinya. Manajer Warung Bu Ageng, Giras Basuwondo mengatakan tujuan penerapan menu selang-seling ini agar para pengunjung tak cepat bosan.
Sambal kutai yang merupakan hasil racikan bumbu ala Kalimantan dan Jawa merupakan pemikat dan sanggup membuat porsi makanan Anda bertambah.Sementara itu, menu andalan adalah nasi campur, yang berisi telur dadar dadu, paru ketumbar, ikan asin, abon, kering kentang, sambal kutai, dan kerupuk lempeng gendar.
Satu menu sayur yang tak boleh tidak anda pesan di tempat ini adalah lodeh. Isi sayuran ini sama dengan selayaknya sayur lodeh, tapi tambahan bumbu rahasia
ala Warung Bu Ageng, dipastikan akan membuat anda nyandu.
Bubur diruan untuk cuci mulut
Menu ayam nylekit yang berupa ayam potongan dengan rasa pedas nylekit di lidah, juga layak menjadi pilihan. Lauk lele njingkrung, baceman kambing, sotong gelap, terik daging, sidat bumbu kecap, pecel, paru ketumbar, sayur bobor, tempe garit, bakwan ageng, adalah sederet menu yang ditawarkan.
Tak ketinggalan hidangan pencuci mulut berupa pisang panggang kayu manis, bubur jagung, dan roti sus isi cincang daging ayam.Menu andalan pencuci mulut adalah bubur duren mlekoh. Bubur yang berisi potongan roti tawar, yang dimasukkan ke dalam santan kental, yang dipadu dengan gula merah, dan durian terasa yahud di mulut.
Untuk minuman, Anda dapat memesan air jeruk nipis panas yang disajikan dengan paduan gula batu tradisional berwarna kuning, es cincau hijau, dan es kopyor durian.Keseluruhan menu ini dibanderol dengan harga bersaing. Saat menunggu hidangan ini disajikan, Anda dapat menikmati suasana nglaras yang menjadi atmosfer tempat ini. 
Wall of Fame yang terdiri dari para tokoh yang lahir dan dianggap berjasa bagi Yogya, akan Anda lihat pada tembok utama warung ini. Pastinya semua tokoh yang fotonya digantung di dinding ini sudah menghadap sang Khalik.
Bilamana Anda sudah bosan dengan gudeg, menu makanan rumahan yang ditawarkan Warung Bu Ageng layak jadi pilihan. Tak lupa, jika beruntung, Anda akan bertemu dengan seniman Butet Kartaradjasa, yang saat ini dianggap –setidaknya- berhasil membuktikan tanda cintanya kepada sang istri, Rulyani Isfihana.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html
Sumber : Bisnis Indonesia
 (diena.lestari@bisnis.co.id) (sut)

Entri Populer