Halaman

Brand Artis Dongkrak Usaha Kursus Musik

13/11/2011
Brand Artis Dongkrak Usaha Kursus Musik


Jaringan waralaba sekolah musik terus memperluas usaha, terutama di kota-kota kecil dan luar Jawa

JAKARTA. Pertumbuhan industri musik di negeri ini, ikm menggairahkan bisnis sekolah musik. Munculnya kelompok band baru menginspirasi sebagian masyarakat untuk menggali minat bermusik mereka. Beberapa orang tua pun makin giat mengenalkan musik pada ai ia,k ai laki i\ a

Permintaan sekolah musik bermunculan. Tak hanya di kota-kota besar atau ibukota propinsi, kebutuhan sekolah musik juga datang dari kota-kota kecil. Tengok saja. Sekolah Musik Modem Kawai yang baru membuka gerai milik mitranya di Metro, Lampung.

Tak heran, lingkat perekonomian yang lebih baik di daerah, membuat daya belimasyarakat pun meningkat. Terutama, yang terlihat ii kota-kota di fliar Pulan Jawa yang menikmati keuntungan dari penjualan komoditas. Tentu saja, masyarakatnya juga ingin menikmati apa yang tersaji di kota besar, termasuk keberadaan sekolah musik.

Sekolah-sekolah musik yang menawarkan waralaba atau kemitraan juga tenis menambah mitra baru setahun terakhir ini. Meski, jumlah penambahan mitra tahun ini tak begitu besar. Tapi, yang menarik, sebagai pemain baru, Ahmad Dhani School of Rock mampii inrnggandeng delapan mitra baru dalam tahun pertamanya.

Berikut ini. ulasahan tentang waralaba sekolah musik yang pernah ditulis KONTAN beberapa tahun lalu
Purwacaraka Music Studio Kursus musik milik Purwa Caraka ini terus berkembang seiring eksisnlensi pemiliknya dalam berkarya. Sekolah musik yang telah berumur 2i ta hun ini mulai menawarkan waralabanya sejak 2001.

Sederet prestasi makin mempercantik kursus musik ini. JuJi lalu, siswa-siswanya-nya menjadi juara pertama pada dua kategori pada Festival Paduan Suara Internasional di kota Zhuhai, Cina Me-reka berhasil menyisihkan pesaing dari I Ihina, Hongkong, Singapura, Filipina dan beberapa negara lainnya. Tak he nui, Purwacaraka Music Studio (1MS) makin maju.

M. Hardi Staff Khusus PMS mengatakan, pihaknya sudah membuka sekolah musik im. baik cabang maupun milik mitra. Tahun ini, ada dua mitra baru dari Tasikmalaya dan Jember, ujarnya. Paket investasi yang ditawarkan PMS belum berubah, yakni Rp 315 juta. Nilai ini sudah termasuk franch ise fee Rp 50 juta dan biaya pembelian alat musik senilai Rp G5 juta. Investor pun harus menyiapkan bangunan sesuai kr iieria yang ditetapkan.

Menurut Hardi, prospek bisnis ini masih baik seiring banyaknya event penggalian bakat musik. Selain itu, makin banyak orang tua yang ingin mengenalkan musik pada buah hatinya sejak dini. Hardi pun sedikit berpesan agar mitra tak kaget bila menjumpai jumlah siswa berkuang di saat-saat tertentu. Hari libur, seringkali mengalihkan perhatian murid. Tapi, kondisi ini tak lama," ujarnya

I umk mendukung kemajuan siswanya, PMS juga berniat memperbanyak event musik, baik di tingkat internal ataupun di mal. "Bulan ini, kami telah menggandeng BNI sebagai sponsor event skala nasio-nal," jelas Hardi.

Sekolah Musik Modern Kawai

Sekolah Musik Modern Kawai (SMMK) merupakan lembaga kursus musik yang didi rikan oleh Yayasan Modern kawal Indonesia Berdiri pada Januari 1999, lembaga ini fokus pada pengajaran musik klasik yang didukung kurikulum dan guru berkualitas internasional. SMMK mulai menawarkan kemitraan sejak 2008.

Kini, mereka sudah memiliki 12 mitra yang mayoritas tersebar di Pulau Jawa "Terakhir, SMMK membuka kursus milik mitra di Metro, Lampung," ujar Danielle, Manager Business Developnn t SMMK. Untuk membuka sekolah musik ini, calon mitra harus menyediakan dana Rp 200 juta Biaya investasi ini, sebagian besar untuk pembelian alat musik dan renovasi tempat usaha

Daniel bilang, jumlah siswa SMMK meningkat 10% tiap tahun. Ini bisa menjadi sinyal bahwa masyarakat makin sadar pentingnya musik bagi perkembangan pribadi.SMMK pun menggunakan pendekatan personal dalam pelatihan setiap kepada siswanya. Oleh karena itu, instruktur harus mengetahui dan memahami keinginan siswa dan mengerti apa yang mereka sukai.

Seperti Purwacaraka, SMMK juga mengukir banyak prestasi. Pada 2010 lalu, salah sat u siswanya menang dalam kompetisi piano kawai se-Asia di Hong Kong. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara, seperti hina, Hong Kong, Taiwan. Makan. Jepang dan lainnya.

Ahmad Dhani School of Rock

Ahmad Dhani School of Rock (ADSOR) berdiri sejak tahun 2010 di Yogyakarta Sesuai namanya, sekolah musik ini mengandalkan ketenaran artis musik Ahmad Dhani untuk menarik siswa baru.Namun, tak hanya mencomot nama sang artis, Ahmad Dhani pun ikut terlibat aktifmemberikan pelatihan terhadap peserta sekolah musik tersebut.

Inilah yang menjadi daya tarik ADSOR. Dibandingkan saat terakhir diliput Koman pada Januari 2011, ADSOR telah mendapatkan dua mitra baru di Surabaya dan Solo. Alhasil, sekarang sudah ada delapan gerai milik mit ni. Ini belum termasuk mitra yang akan diresmikan Desember nanti di Surabaya," ujar Ika Kumala Furi, Manajer Pemasaran ADSOR. Sebelumnya ADSOR sudah hadir di Bali,

Batam, Surabaya, Makassar, Palembang dan Magelang. Biaya lnvesl.isi Al ISI K pun belum berubah. Investor hams menyiapkan dana sebesar Rp 565 juta Nilai ini termasuk joining fee sebesar Rp 200 juta, pengadaan alat-alat musik Rp 14U juta dan lainnya

Perubahan hanya terletak pada jangka waktu kerjasama Bila sebelumnya, kerjasama hanya berlangsung selama lima i.ihini kini mereka memperpanjang masa kerjasama menjadi tujuh tahun. "Kami Ingin mitra mendapat arahanlebih lama lagi, kata Ika

I ntuk memenuhi janjinya, manajemen ADSOR pun akan mi nyelenggarakan kompetisi. Pada 27 November dan 28 November nanti, mereka akan jual album kompilasi lia sil rekaman lagu murid terbaik \l si )i; ii -.en.ip cabang.

Tak hanya itu, salah sain pemenang Ahmad Dhani Award, yakni dari ADSOR Magelang, sudah mendapat kesempatan tampil langsung bersama grup band besutan Ahmad Dhani, TRIAD bebi pa waktu lal. 


Sumber : Harian Kontan
Ragil Nugroho, Hafid Fuad