Halaman

Waralaba Baru dari Pemain Lama


>>>>Waralaba Baru dari Pemain Lama

Mengintip peluang waralaba kursus bahasa inggris dari ELTI Gramedia
KURSUS bahasa inggris termasuk bisnis lama di Indonesia. Kebutuhan tenaga kerja yang mengharuskan piawai berbahasa inggris membuat bisnis kursus ini terus bermunculan. Salah satu pemain lama di bisnis ini adalah ELT1 Gramedia yang sudah berusia lebih dari 20 tahun.

Baru sekarang ini, ELTI Gramedia menawarkan waralaba bagi investor yang berminat menanam duit di bisnis kursus bahasa inggris. "Kami resmi menawarkan kesempatan waralaba untuk memudahkan masyarakat Indonesia meraih pendidikan bahasa inggris yang berkualitas," ujar Jerry Udanipo, Direktur Franchise ELTI Gramedia.

Saat ini, ELTI sudah memiliki 11 cabang di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Lampung, Purwokerto, Bogor, dan Solo. Jerry mengatakan, di cabang-cabang ELTI yang sudah ada, jumlah siswa bisa mencapai lebih dari 1.000 orang di berbagai tingkat

ELTI mengusung konsep sebagai lembaga pendidikan bahasa inggris yang menyediakan berbagai program pendidikan dengan menggunakan metode pengajaran yang kreatif, interaktif yang telah teruji. Program di ELTI terdiri dari satu paket lengkap meliputi tes penempatan untuk mengukur kemampuan lisan dan tulis calon siswa, pembelajaran di kelas, dan evaluasi.

Penilaian kemajuan peserta kursus di ELTI menentukan kelulusan di sebuah tingkatan. Tak hanya berdasarkan hasil-hasil ujian akhir, melainkan berdasarkan partisipasi aktif mereka selama proses pembelajaran, baik secara lisan maupun secara tertulis.

Ada empat program kursus yang ditawarkan ELTI yakni untuk anak-anak TK dan SD, remaja SLTP dan SLTA, dewasa mencakup mahasiswa dan sarjana, serta untuk tujuan khusus semisal business english, english for job hunters, dan Computer Based TOEFL Preparation. Biaya kursus di ELTI Gramedia sebesar Rp 400.000 per tingkat. Satu

Meski sudah lama di bisniskursus, ELTImasih pemainbaru di waralaba.tingkatan kursus menghabiskan waktu tiga bulan.ELTI menawarkan kerjasama waralaba selama 10 tahun dengan biaya waralaba Rp 200 juta. Terwaralaba bisa menggunakan nama ELTI dan fasilitas empat guru yang terlatih serta satu Learning Center Manager. Terwaralaba juga harus menyediakan Rp 40 juta sebagai biaya perlengkapan awal dan biaya survei.

Mitra juga harus mengeluarkan ongkos renovasi dan furnitur sekitar Rp 235 juta Mitra akan memperoleh segala perlengkapan mulai buku-buku, billboard, dan promosi.

ELTI memperkirakan terwaralaba akan mendapatkan omzet Rp 500 juta per tahun. ELTI mengutip biaya royalti 10% yang harus dibayar terwaralaba setiap bulan mulai bulan ketujuh. Dengan perkiraan laba Rp 127 juta setahun, terwaralaba bisa balik modal dalam waktu sekitar tiga tahun 10 bulan.

Khoerussalim Ikhsan, Konsultan Wirausaha dan Praktisi Bisnis, mengatakan, langkah ELTI Gramedia melakukan ekspansi dengan waralaba cukup berani. "Meski mereka sudah lama dalam bisnis ini, untuk waralaba masih pemain baru," ujarnya

Khoerussalim bilang peluang bisnis kursus bahasa inggris masih sangat bagus. Tinggal bagaimana strategi untuk bersaing dengan lembagalainnya Yang penting dalam bisnis ini adalah kuali tas tenaga kerja dan sistem perekrutannya Maklum, guru merupakan kunci utama berkualitas atau tidaknya suatu lembaga pendidikan. ELTI Gramedia Komplek Wijaya Grand Center Blok F83-84 AB Jl. Wyaya II Kebayoran Baru Jakarta Selatan Telp. 021-7206653

Harian Kontan
Ragil Nugroho