" Status YM ""
ukm indonesia sukses

Kripik Buah Prospek Bisnis Yang Menjanjikan

20/08/2011
Kripik Buah Prospek Bisnis Yang Menjanjikan

NERACA. Industri olahan atau industri rumah tangga berbahan baku buah-buahan mengalami peningkatan akibat naiknya permintaan dari konsumen yang menggemari kripik buah seperti, salak, nangka, melon, ubi singkong, mangga dan nanas.

Dan sumber berita yang di dapat, sebut saja Alan, kepala toko Rumah Durian Harum, yang mengelola bisnis buah durian mengatakan, "Sudah 4 tahun menekuni usaha olahann buah durian menjadi kripik durian yang dinamakan kripik rumah durian harum."

Ketika usaha baru berjalan 2007, semua hanya menjajakkan buah durian saja. Tetapi seiring perkembangannya, mereka mulai melirik usaha kripik buah dan mulai membuat olahan kripik durian Ternyata hasilnya, banyak yang menyukai kripik durian tersebut sehingga semenjak itu, jelas Alan, "Kami mulai menambahkan menu kedalam sajian yang ada ditempat ini."

Saat ini, banyak orang yang telah mengetahui kripik buah dan mengenal rasa kripik tersebut yang membuat ketagihan untuk dicoba. Peminatnya pun beragam, hampir dari semua golongan menyukainya. Ternyata, pemasukan dari kripik buah tidak kalah bersaingnya dengan penjualan buah durian itu sendiri.

Pembuatan kripik buah memiliki cara tersendiri yang menjaga segi kandungan yang ada pada buah sehingga kandungan nutrisi/gizi tidak hilang terbuang. Biasanya menggunakan mesin vacuum frying yang hasilnya dapat terlihat dari produknya seperti warna yang tidak berubah dan tidak gosong. Sangat natural tanpa bahan pengawet atau zat pewarna dan zat perasa. Dan segi rasa, keripik menjadi renyah dan nikmat Umumnya digoreng pada suhu rendah/80-85 derajat celcisius.

Bila bicara bisnis, maka Indonesia sebenarnya merupakan potensi besar bagi industri keripik buah Karena Indonesia merupakan negara penghasil buah-buahan. Berbagai macam buah-buahan tumbuh subur di negeri ini Bila saat musim panen tiba maka buah-buahan melimpah dan banyak sisa buah yang terkadang terbuang karena rusak dan membusuk.

Potensi ini setidaknya menjadikan para pengusaha terutama pengolah buah-buahan menjadi makanan ringan seperti keripik mengambil peran untuk berinisiatif membuka lahan bisnis yang baru. Dimana segala kebutuhan bahan baku yang diperlukan sangat melimpah, tinggal pengaturan dan pengemasan yang pertu diperhatikan agar kemasan produk tersebut memiliki daya saing yang lebih.

Bila dilihat harga yang ditawarkan saat ini untuk keripik buah bervariasi mulai dari harga Rp. 3000/kg sampai harga Rp. 4000/kg untuk kripik salak dan untuk keripik nangka ada yang mulai dari Rp. 3000-Rp. 8000/kg. Jadi, harga tergantung pada bahan dasar kripik itu sendiri, semakin bahan dasar kripik buah mahal dan banyak permintaannya maka harga keripik tersebut semakin tinggi

Bila suatu pengusaha minimal dapat menjual keripik buah dalam sebulan sekitar 5000 kilogram dengan harga Rp. 4000/ kg maka keuntungan yang didapat sekitar Rp. 20.000 000. Sungguh menggiurkan bila diperhatikan secara mendetail. Sebenarnya hal itu tergantung pada pasar dan kemasan yang diolah secara tepat dan menarik karena untuk produknya sendiri memang telah memiliki kelebihannya sendiri yaitu kandungan protein dan gizi. Tentunya daya tarik yang bisa mendatangkan keuntungan karena bisa meningkatkan daya permintaan konsumen shiddig

Sumber : Harian Ekonomi Neraca

Kiat Membuka Usaha Buah Durian

20/08/2011
Kiat Membuka Usaha Buah Durian

NERACA. Untuk menjadi pengusaha penjual buah durian tidak terlalu sulit memperkenalkan produknya terse.bul. Karena dunan sudah dikenal banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kenikmatan rasa buah durian sangat khas sehingga tidak bisa disamakan atau dimiripkan dengan rasa pada buah-buah lainnya.

Jadi, dan segi produk yaitu buah durian tidak akan mengalamikesulitan yang dapat menghalangi berjalannya usaha penjualan buah dunan. Buah durian pun banyak peminatnya, mulai dari kelas menengah ke bawah sampai kelas menegah atas. Rasanya yang khas membuat para peminatnya tidak mementingkan harga, yang terpenting rasa dan aroma durian tersebut sesuai selera.

Marilah kita perhatikan hal-hal sebagai berikut untuk Anda yangingin mencoba menjadi pengusaha buah durian

Pertama, Tempat yang Strategis Area/lokasi hendaknya dipikirkan secara cermat karena merupakan kawah candra dimuka untuk masuknya peluang bisnis Tentunya tempat bisnis yang baik harus memenuhi beberapa kriteria yaitu kemudahan akses ke lokasi tersebut.

Kedua. Modal. Modal sangatlah penting untuk menjalani usaha/bisnis apapun. Karena modal merupakan denyut nadiperekonomian yang menjalankan sistem pasar. Bila denyut nadi bergerak maka kehidupan ekonomi berjalan. Seperti itulah analogi modal, menjadi jiwa bagi perekonomian.

Ketiga. Produk. Produk/ barang yang akan diperjual belikan tentunya harus yang disenangi banyak orang sehingga bisa di terima oleh berbagai kalangan. Bila barang itu sudah dikenal banyak orang maka akan lebih mudah untuk menawarkan produk tersebut.

Keempat, Inovasi. Inovasi merupakan suatu yang meski dimiliki oleh para pengusaha tertutama Anda yang ingin menjajal suatu bisnis. Inovasi merupakan kreativitas yang dihasilkan untuk membuat ide baru yang fresh dan menghasilkan sebuah bentuk yang menarik. Demikianlah tips-tips tersebut, semoga dapat bermanfaat untuk Anda, shiddig

Sumber : Harian Neraca


Cetak Untung di Pasar Takjil

20/08/2011
Cetak Untung di Pasar Takjil

BULAN Ramadan selalu banyak menyimpan cerita dan peristiwa. Saiali satunya adalah munculnya pasar uiKJil di mana-mana. Pasar takjil menjadi ajang usaha kecil dan mene ngah (UKM) untuk menjual minuman dan makanan untuk berbuka puasa. Salah satu pasar tukjil terkenal di Jakarta ada di depan Pasar Bendungan Hllli (Ben Ml). Setiap Ramadan, terdapat puluhan i km mengejiu laba berjualan fakiil di bawah ten da berukuran 6 \ 20 meter Itu.

Sedikitnya, ada 20 UKM pedagang takjil yang menjejali trotoar Jalan. "Pasar lakjil ini su.lah ada sejak delapan tahun yang lalu," kata Sanusi, pengurus pasar takjil itu Karena berada di persimpangan jalan, I" kasi itu tentu ramai berseliweran pengguna jalan. Alasan inilah yang membual Nelita F Tanjung, pengusaha katering asal Makassai ikut adu perundingan menjual takjil. "Alhamdulillah, setiap hari dagangan tam) habis, kala Nelita.

Kondisi serupa dialami Kgi Oktaflaml, pe dagang makanan khas Padang I telani waktu beberapa jam saja, Egi mampu memperoleh otazel Rp 700.000 Kp 900.000. "Uba seharibisa Rp 300.000, kata Egi yang membayar sewa tempat Rp 300.000 sel idan

Peni Rahayu, konsultan bisnis menyebutkan, bulan Ramadan adalah saal yang tepal bagi UKM imtuk meningkatkan keuintungan usahanya "i KM memiliki banyak peluang usaha li bulan Ramadhan ini," jelas Peni Pasar takjfl berkembang di seluruh pelo-sok* Nusantara, i ntuk membuka pasar takjil juga ndak sulit, hanya butuh lahan kosong dilokasi keramaian saja, i KM leluasa memanfaatkan lahan kOSOIVg, kala Ieni

Sumber : Harian Kontan
Handoyo


Entri Populer